BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti7 Tips Membeli Rumah Seken Agar Tidak Tertipu!
0
0

7 Tips Membeli Rumah Seken Agar Tidak Tertipu!

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 2, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
tips membeli rumah sekentop-right-banner

Membeli rumah seken bisa menjadi pilihan yang cerdas, mengingat lingkungan yang sudah terbentuk dan harga yang lebih terjangkau. Namun, perlu diingat bahwa proses pembelian rumah bekas tidak selalu mudah. Ini berlaku baik ketika membeli rumah bekas di Jakarta Pusat di sekitar Sarinah Jakarta maupun daerah lainnya.

Selain pertimbangan tentang lokasi dan harga, aspek legalitas dan dokumentasi bangunan juga perlu diperhatikan. Oleh karena itu, membeli rumah second memerlukan riset yang teliti agar Pins tidak menyesal di masa depan. Simak apa saja tips yang wajib Pins ketahui ketika membeli rumah bekas, terutama rumah di bawah 1 Milyar di bawah ini!

Baca juga:

Tips Membeli Rumah Seken

Source : Pinhome

Membeli rumah seken mungkin bagi sebagian orang bisa dilakukan dengan mudah karena mendapatkan referensi atau rekomendasi dari kolega. Namun, bagi sebagian orang yang tidak mempunyai networking di sektor properti, maka tips ini bisa menjadi hal yang penting untuk kamu.

1. Cari rumah seken di portal terpercaya

Membeli rumah seken tidak hanya meihat dari aspek bangunan saja. Kamu harus memastikan rumah ini bukanlah rumah yang disegel atau disita oleh bank. Untuk memastikan bahwa ini bukanlah rumah yang bermasalah dari segi hukum, lebih baik kamu mencari rumah di portal terpercaya.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan penjualan properti mulai dari rumah tapak, apartemen, dan lain-lain. Pinhome bisa menjadi salah satu opsi yang kamu pilih untuk mencari hunian seken. Bahkan, Pins juga bisa mencari properti yang disewakan sebagai alternatif untuk mendapatkan tempat tinggal sementara.

2. Lakukan kunjungan langsung

Kunjungan langsung dilakukan demi memeriksa dan mengetahui rupa dari properti yang akan kamu beli. Saat melakukan kunjungan ajaklah 1-2 orang keluarga atau teman dekatmu. Hal ini bertujuan agar kamu memiliki teman diskusi saat melakukan viewing.

Melakukan kunjungan bukan hanya sekadar melihat dan memperhatikan gaya bangunan ya, Pins. Kamu harus lebih memperhatikan hal-hal detail seperti apa alasan pemilik rumah menjual properti, bagaimana kondisi lingkungan sekitar, apakah sistem keamanan berjalan baik dan sebagainya.

3. Periksa kondisi bangunan 

Saat melakukan kunjungan ada baiknya kamu pun harus mengecek kondisi bangunan. Kondisi yang dimaksud adalah apakah terdapat retakan pada dinding, bagaimana kondisi lantainya, cek juga bagian plafon dan atap.

Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak tertipu hanya dengan visual yang bagus saja. Cari tahu juga berapa usia bangunan, sehingga kamu bisa tahu apakah diperlukan renovasi besar atau tidak setelah ditempati.

Baca juga: Kisah Ammar Cari dan Beli Rumah Seken di Pinhome

4. Tanyakan kelengkapan dokumen penting 

Pins, jika kamu sudah terlanjut jatuh hati dengan unit yang kamu kunjungi, jangan terburu-buru ya. Kamu harus melalukan pengecekkan dokumen penting hunian seken dulu.

Cek apakah nama pemilik rumah sesuai dengan nama yang tertera di dalam dokumen penting. Oleh karena itu, penting sekali mengajak teman atau keluarga kamu dalam melakukan kunjungan. Lebih bagus lagi jika mereka sudah berpengalaman membeli sebuah hunian.

5. Cari tahu riwayat rumah 

Pastikan kamu memahami riwayat rumah ya Pins. Riwayat di sini maksudnya apakah rumah tersebut sudah mengalami renovasi atau belum. Cari tahu juga berapa kali proses renovasi yang sudah pernah dilakukan.

Hal ini penting untuk diketahui agar kamu bisa melakukan estimasi dan menentukan keputusan dalam renovasi rumah selanjutnya. Selanjutnya kamu juga perlu bertanya langsung apakah lingkungan perumahan merupakan area yang rawan banjir atau tidak.

6. Bandingkan harga 

Langkah selanjutnya adalah dengan cara membandingkan harga. Kamu perlu melakukan perbandingan harga rumah. Kamu bisa melakukan survei dengan bertanya ke tetangga rumah sekitar atau menggunakan jasa appraisal untuk menilai harga yang sesuai untuk rumah yang akan dibeli.

Hal ini bertujuan agar harga yang kamu dapatkan masuk akal dan tidak terlalu mahal. Di Pinhome, ada fitur Pinvalue untuk mengetahui prediksi harga properti di sekitar atau di lingkungan tertentu. Untuk mengakses fitur Pinvalue silakan kunjungi halaman berikut ini: Pinvalue Pinhome.

7. Persiapkan biaya ekstra 

Baik itu membeli rumah baru atau seken, kamu harus mempersiapkan dana tambahan ya Pins. Ketika kamu memutuskan membeli rumah seken, kamu harus menyediakan biaya ekstra. Tujuan biaya ini adalah untuk mempersiapkan kebutuhan lain.

Misalnya, apabila kamu membeli rumah dengan KPR/KPA, maka akan ada biaya administrasi lain yang perlu dibayarkan. Selain itu, dana tambahan tadi juga bisa digunakan untuk keperluan renovasi dan pindahan rumah.

Membeli rumah pada dasarnya tidak harus terpaku pada rumah baru dan seken. Hal yang paling penting adalah, apakah unit yang akan kamu beli sudah memenuhi standar kebutuhan kamu inginkan. 

Selain itu faktor lingkungan dan harga juga perlu menjadi pertimbangan saat kamu akan membeli rumah. Akses transportasi juga penting sekali diperhatikan. Apabila kamu merupakan konsumen yang mementingkan investasi jangka panjang, maka perhatikan juga apakah hunian tersebut terletak di area yang strategis.

Nah itu saja Pins informasi mengenai tips membeli rumah seken. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya! Jangan lupa untuk sebarkan infografis di atas ke rekan terdekat kamu. 

Baca juga: Faktor-Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Rumah Tua


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download