Pinhome

Tips Berhati-Hati Mendapatkan Sertifikat dari Rumah Second

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Bisnis properti memang sedang menjamur akhir-akhir ini. Namun ternyata masih banyak orang yang tertarik untuk mencari rumah second atau tangan kedua. Yang perlu diingat membeli rumah second itu perlu kehati-hatian terutama dalam urusan sertifikat. Tidak hanya butuh lebih dari sekedar dana, kita juga perlu tahu kondisi rumah yang pernah dipakai oleh orang lain tersebut. Bisa jadi rumah tersebut sering berkali-kali bertukar kepemilikan. Ketika melakukan kroscek pastikan seluruh aspek legalitas dari mulai penjual, proses dan transaksi objek kita melihat dengan mata kepala sendiri.

Dalam hal ini yang paling penting yaitu bukti kepemilikan rumah atau tanah berupa sertifikat. Mintalah pada pemilik rumah tersbeut untuk menunjukkan bukti kepemilikan tanah dan rumah berupa sertifikat. Cocokkan nama yang tercantum dalam sertifikat dengan identitas yang pemilik rumah tersebut miliki. Hal ini untuk menghindarkan kita dari modus penipuan dari orang yang hanya mengontrak rumah.  Beberapa dokumen dan surat legalitas yang harus diteliti yaitu sertifikat hak milik, cek apakah rumah ini sengketa atau bukan, dan pembayaran PBB terakhir. Jika perlu datang bersama pejabat PPAT atau Notaris untuk memastikan keaslian dokumen tersebut.

Selain itu dalam pembelian rumah second, ada beberapa hal yang harus dibayarkan seperti biaya pengecekan sertifikat, pajak penghasilan, bea perolehan hak tanah dan bangunan, akta jual beli, biaya balik nama, biaya penerimaan negara bukan pajak. Pengecekan sertifikat perlu dilakukan untuk memastikan tak ada catatan yang diblokir atau disita. Melakukan pengecekan bisa dilakukan di kantor pertanahan setempat. Biaya pengecekan sendiri biasanya sekitar 25 ribu-100 ribu tergantung kebijakan masing-masing kantor. Selain itu, sebelum akta jual beli ditandatangani PPh harus dibayarkan terlebih dahulu. Besarannya adalah 5% dari nilai transaksi.

Sama halnya dengan PPh, BPHTB juga harus dibayarkan sebelum AJB ditandatangani. BPHTB ini dikenakan tidak hanya saat terjadi proses jual beli, namun setiap ada perolehan hak atas tanah dan bangunan, salah satu contohnya yaitu hibah dan waris. Untuk PPAT biaya yang dikenakan yaitu 1% dari nilai transaksi. Meskipun demikian, harga ini belum deal dan masih bisa ditawark lagi. Sebagai pembeli dan penjual bisa melakukan kesepatan mengenai biaya AJB ingin dibayarkan secara proporsional atau ditanggung satu pihak saja. AJB bisa dibuat apabila dalam transaksi jula beli pembayarannya telah lunas.

Sedangkan untuk proses balik nama biayanya harus ditanggung oleh pembeli. Biayanya pun bervariasi tergantung luas tanah dan pajak. Bisa juga dengan menghitung 1% dari harga jual. Biasanya 14 hari kerja sertifikat baru sudah bisa diambil dan telah berganti nama. Begitu pula dengan PNBP harus dibayar sekaligus ketika proses pengajuan balik nama.

Baca Juga :

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor dan Mobil

Surat-menyurat tak cuma digunakan di perkantoran, tapi administrasi publik juga, seperti halnya den

Kecantikan
Kecantikan 13 Trend Model Rambut Mullet Wanita Edgy

Model rambut mullet wanita, kini mulai wara-wiri menjadi salah satu tren yang digemari, khusunya un

Edukasi
Edukasi Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja & Cara Membuatnya

Berkas administrasi yang diperlukan sebelum bisa mulai bekerja di sebuah perusahaan itu berbeda sat

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Sakit yang Benar

Sakit merupakan satu kondisi yang tak bisa dihindarkan. Hal ini tentu membuat tubuh malas dan tak n

Kecantikan
Kecantikan 15 Model Rambut Pria Undercut yang Menggoda Wanita

Tidak kalah dengan wanita, model rambut pria juga cukup beragam, Pins! Salah satu yang digemari par

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia