BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Tanaman Penyejuk Ruangan Murah dan Tanpa Tanah
0
0

11 Tanaman Penyejuk Ruangan Murah dan Tanpa Tanah

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya

Apr 5, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
tanaman-penyejuk-ruangan-murah-dan-tanpa-tanahtop-right-banner

Memiliki rumah yang sejuk pastinya sangat diinginkan oleh banyak orang. Terlebih jika sedang berlangsungnya musim kemarau yang panjang. Mungkin banyak dari Pins yang malah boros menggunakan AC karena rasa gerah yang tak tertahan selama musim kemarau. Kipas pun juga terasa kurang rasanya untuk menambal rasa gerah tersebut. Akibatnya bisa berdampak pada biaya tagihan listrik yang tiba-tiba melonjak. Namun tenang saja, Pins tidak perlu khawatir karena ada tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah. 

Pinhome – Dengan menyediakan tanaman hias di dalam ruangan rumah akan menambah keindahan dan keasrian ruangan. Selain memberikan kesan alami, ada juga jenis tanaman hias yang berperan sebagai tanaman penyejuk ruangan lho. Selain di dalam ruangan, tanaman ini juga dapat Pins letakkan di teras depan rumah. 

Terlebih lagi, harga dari tanaman-tanaman ini terbilang murah untuk Pins dapatkan di pasaran. Terdapat satu keunikan yang dimiliki oleh tanaman penyejuk ruangan ini, yaitu tidak memerlukan tanah sebagai media tanamnya. Menarik, bukan? Bagi Pins yang penasaran tentang tanaman hias ini, berikut macam-macam tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah yang dapat Pins hadirkan untuk hiasan rumah. 

Kaktus

(Pinterest)

Siapa yang tidak mengenal tanaman yang satu ini? Pins pasti sudah sangat familiar dengan tanaman kaktus. Kaktus sangat mudah dikenali karena bentuk fisiknya yang identik dengan batang yang dipenuhi duri-duri halus. 

Tanaman kaktus memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan tanaman lainnya, yaitu kaktus tidak memerlukan media tanam tanah dan lebih cocok ditanam di pasir. 

Kedua, kaktus juga tidak perlu diberi perhatian lebih karena kaktus tidak perlu untuk sering disiram. Kaktus pada dasarnya mempunyai kelebihan dapat menyimpan air. Maka dari itu kaktus sangat cocok untuk dijadikan tanaman penyejuk ruangan rumah Pins. 

Bougenville

(Pinterest)

Tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah selanjutnya adalah tanaman bougenville. Bougenville sendiri sebenarnya dikenal juga dengan bunga kertas putih. Dinamakan begitu karena karakteristiknya yang memang tipis layaknya kertas dengan kelopak indah yang bersusun. 

Tanaman bougenville juga termasuk tanaman penyejuk yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Walaupun bisa, tetapi faktanya tanaman bougenville tumbuh lebih subur dengan media tanam air dibanding dengan media tanam tanah. 

Selasih

(Pinterest)

Tanaman penyejuk selanjutnya ini mungkin akan sedikit berbeda dari tanaman tanpa tanah lainnya. Tanaman selasih pada dasarnya dikenal sebagai bahan rempah-rempah yang biasa dipakai untuk memasak. Selasih memiliki aroma yang khas dan kuat, dan tentu saja juga termasuk tanaman yang bisa ditanam dengan media selain tanah. 

Lidah Buaya

(Pinterest)

Lidah buaya adalah tanaman yang kaya akan manfaatnya bagi manusia. Mulai dari kecantikan perawatan kulit dan wajah hingga sebagai bahan makanan atau minuman kemasan. Mungkin pada umumnya Pins temukan lidah buaya ditanam dengan media tanam tanah. Namun, selain itu lidah buaya juga bisa ditanam menggunakan media tanam batu kerikil lho

Baca juga: 16 Jenis Tanaman Tropis Yang Cocok Untuk Taman Rumah

Paku Gunung

Tanaman yang memiliki nama latin nephrolepis exaltata ini merupakan tumbuhan jenis paku. Seperti tumbuhan paku lainnya, perawatan paku gunung terbilang mudah karena Pins hanya cukup memastikan pasokan air supaya tidak kering. Paku gunung juga termasuk tanaman yang dapat Pins gunakan sebagai tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah. 

Anggrek

(Pinterest)

Tanaman anggrek memang terkenal dengan kecantikannya yang dapat mempesona mata. Kecantikan tersebut terpancar dari bentuk dan warna bunga anggrek yang sangat unik. Warna cantik anggrek dihasilkan dari perpaduan warna merah jambu, ungu, dan kuning yang membentuk seperti akar menjalar. Media tanam yang biasa digunakan untuk anggrek dapat Pins aplikasikan pada akar pakis atau moss sphagnum.

Sri Rejeki

(Pinterest)

Tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah yang kesekian ini biasanya banyak orang menggunakan sebutan aglaonema, atau tanaman sri rejeki. Aglaonema adalah tanaman hias yang cantik dengan corak pada daun dan campuran warna hijau dengan ping yang apik. Sri rejeki umumnya tumbuh pada media tanam tanah, namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan media tanam air atau yang lainnya. 

Lidah Mertua

(Pinterest)

Tidak lain dan tidak bukan, tanaman hias penyejuk ruangan yang mungkin dapat sering Pins temukan adalah lidah mertua. Banyak penghuni rumah yang menanam lidah mertua di dalam ruangan agar terasa lebih asri dan sejuk dengan hijaunya. 

Lidah mertua pun tidak sulit untuk dirawat karena dapat bertahan di pencahayaan yang rendah dan air yang kurang. Selain tanah, Pins dapat menggunakan media tanam batu kerikil untuk tanaman satu ini. Harga dari lidah mertua pun sangat terjangkau dan dapat dengan mudah Pins temukan di pasaran. 

Sirih Gading

(Pinterest)

Tanaman sirih gading memiliki daun yang indah dan mengkilap dengan paduan warna hijau muda serta hijau tua. Sirih gading sangat cocok untuk Pins gunakan sebagai tanaman dinding atau di teras rumah. Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik menggunakan media tanam air. 

Tillandsia

(Pinterest)

Sama seperti tanaman penyejuk ruangan lainnya, tillandsia juga merupakan tanaman yang tidak membutuhkan tanah untuk media tanamnya. Pins dapat memajang tanaman ini di dinding bersandingan dengan sirih gading. Tillandsia hidup melalui penyerapan air dan nutrisi dari sekitarnya menggunakan daun, jadi Pins cukup sediakan air di dekatnya saja. 

Baca juga: 11 Tanaman Rambat Untuk Kanopi Yang Lebih Cantik

Gerbera Daisy

(Pinterest)

Jika Pins melihat langsung gerbera daisy, mungkin Pins akan merasa sedang berada di acara pernikahan. Memang keindahan dari gerbera daisy sangat mencolok dengan bunganya yang besar dan berwarna merah merona. Selain merah daisy juga banyak yang berwarna putih dan sangat cantik. Media tanam untuk tanaman hias ini cukup dengan menggunakan air pada vas bunga. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download