BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Tanaman Penyejuk Ruangan Murah dan Tanpa Tanah
0
0

15 Tanaman Penyejuk Ruangan Murah dan Tanpa Tanah

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 30, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
tanaman-penyejuk-ruangan-murah-dan-tanpa-tanahtop-right-banner

Memiliki rumah yang sejuk pastinya sangat diinginkan oleh banyak orang. Terlebih jika sedang berlangsungnya musim kemarau yang panjang. Mungkin banyak dari Pins yang malah boros menggunakan AC karena rasa gerah yang tak tertahan selama musim kemarau. Kipas pun juga terasa kurang rasanya untuk menambal rasa gerah tersebut. Akibatnya bisa berdampak pada biaya tagihan listrik yang tiba-tiba melonjak. Namun tenang saja, Pins tidak perlu khawatir karena ada tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah!

Kamu dapat memiliki hunian berkonsep mewah dan minimalis di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Manfaatkan Take Over KPR ketika kamu ingin membeli rumah yang masih terikat angsuran KPR dan mengambil alih KPR tersebut.

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Rooftop

Tanaman Penyejuk Ruangan Murah dan Tanpa Tanah

Dengan menyediakan tanaman hias di dalam ruangan rumah akan menambah keindahan dan keasrian ruangan. Selain memberikan kesan alami, ada juga jenis tanaman hias yang berperan sebagai tanaman penyejuk ruangan lho. Selain di dalam ruangan, tanaman ini juga dapat Pins letakkan di teras depan rumah. 

Terlebih lagi, harga dari tanaman-tanaman ini terbilang murah untuk Pins dapatkan di pasaran. Terdapat satu keunikan yang dimiliki oleh tanaman penyejuk ruangan ini, yaitu tidak memerlukan tanah sebagai media tanamnya. Menarik, bukan? Bagi Pins yang penasaran tentang tanaman hias ini, berikut macam-macam tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah yang dapat Pins hadirkan untuk hiasan rumah:

1. Kaktus

Source : Pinterest

Siapa yang tidak mengenal tanaman yang satu ini? Pins pasti sudah sangat familiar dengan tanaman kaktus. Kaktus sangat mudah dikenali karena bentuk fisiknya yang identik dengan batang yang dipenuhi duri-duri halus. 

Tanaman kaktus memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan tanaman lainnya, yaitu kaktus tidak memerlukan media tanam tanah dan lebih cocok ditanam di pasir. 

Kedua, kaktus juga tidak perlu diberi perhatian lebih karena kaktus tidak perlu untuk sering disiram. Kaktus pada dasarnya mempunyai kelebihan dapat menyimpan air. Maka dari itu kaktus sangat cocok untuk dijadikan tanaman penyejuk ruangan rumah Pins. 

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Depan Rumah yang Baik Menurut Islam

2. Bougenville

Source : Pinterest

Tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah selanjutnya adalah tanaman bougenville. Bougenville sendiri sebenarnya dikenal juga dengan bunga kertas putih. Dinamakan begitu karena karakteristiknya yang memang tipis layaknya kertas dengan kelopak indah yang bersusun. 

Tanaman bougenville juga termasuk tanaman penyejuk yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Walaupun bisa, tetapi faktanya tanaman bougenville tumbuh lebih subur dengan media tanam air dibanding dengan media tanam tanah. 

3. Selasih

Source : Pinterest

Tanaman penyejuk selanjutnya ini mungkin akan sedikit berbeda dari tanaman tanpa tanah lainnya. Tanaman selasih pada dasarnya dikenal sebagai bahan rempah-rempah yang biasa dipakai untuk memasak. Selasih memiliki aroma yang khas dan kuat, dan tentu saja juga termasuk tanaman yang bisa ditanam dengan media selain tanah. 

Baca juga: 15 Jenis Tanaman yang Bagus untuk di Kamar Mandi

4. Lidah Buaya

Source : Pinterest

Lidah buaya adalah tanaman yang kaya akan manfaatnya bagi manusia. Mulai dari kecantikan perawatan kulit dan wajah hingga sebagai bahan makanan atau minuman kemasan. Mungkin pada umumnya Pins temukan lidah buaya ditanam dengan media tanam tanah. Namun, selain itu lidah buaya juga bisa ditanam menggunakan media tanam batu kerikil lho

5. Paku Gunung

Source : Pinterest

Tanaman yang memiliki nama latin nephrolepis exaltata ini merupakan tumbuhan jenis paku. Seperti tumbuhan paku lainnya, perawatan paku gunung terbilang mudah karena Pins hanya cukup memastikan pasokan air supaya tidak kering. Paku gunung juga termasuk tanaman yang dapat Pins gunakan sebagai tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah. 

Baca juga: 16 Jenis Tanaman Tropis Yang Cocok Untuk Taman Rumah

6. Anggrek

Source : Pinterest

Tanaman anggrek memang terkenal dengan kecantikannya yang dapat mempesona mata. Kecantikan tersebut terpancar dari bentuk dan warna bunga anggrek yang sangat unik. Warna cantik anggrek dihasilkan dari perpaduan warna merah jambu, ungu, dan kuning yang membentuk seperti akar menjalar.

Media tanam yang biasa digunakan untuk anggrek dapat Pins aplikasikan pada akar pakis atau moss sphagnum.

7. Sri Rejeki

Source : Pinterest

Tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah yang kesekian ini biasanya banyak orang menggunakan sebutan aglaonema, atau tanaman sri rejeki. Aglaonema adalah tanaman hias yang cantik dengan corak pada daun dan campuran warna hijau dengan ping yang apik.

Sri rejeki umumnya tumbuh pada media tanam tanah, namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan media tanam air atau yang lainnya. 

Baca juga: 48 Tanaman Hias Outdoor Rumah Yang Mudah Dirawat

8. Lidah Mertua

Source : Pinterest

Tidak lain dan tidak bukan, tanaman hias penyejuk ruangan yang mungkin dapat sering Pins temukan adalah lidah mertua. Banyak penghuni rumah yang menanam lidah mertua di dalam ruangan agar terasa lebih asri dan sejuk dengan hijaunya. 

Lidah mertua pun tidak sulit untuk dirawat karena dapat bertahan di pencahayaan yang rendah dan air yang kurang. Selain tanah, Pins dapat menggunakan media tanam batu kerikil untuk tanaman satu ini. Harga dari lidah mertua pun sangat terjangkau dan dapat dengan mudah Pins temukan di pasaran. 

9. Sirih Gading

Source : Pinterest

Tanaman sirih gading memiliki daun yang indah dan mengkilap dengan paduan warna hijau muda serta hijau tua. Sirih gading sangat cocok untuk Pins gunakan sebagai tanaman dinding atau di teras rumah. Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik menggunakan media tanam air. 

Baca juga: 10 Tips Memilih Tanaman Hias Indoor yang Tepat

10. Tillandsia

Source : Pinterest

Sama seperti tanaman penyejuk ruangan lainnya, tillandsia juga merupakan tanaman yang tidak membutuhkan tanah untuk media tanamnya. Pins dapat memajang tanaman ini di dinding bersandingan dengan sirih gading. Tillandsia hidup melalui penyerapan air dan nutrisi dari sekitarnya menggunakan daun, jadi Pins cukup sediakan air di dekatnya saja. 

11. Gerbera Daisy

Source : Pinterest

Jika Pins melihat langsung gerbera daisy, mungkin Pins akan merasa sedang berada di acara pernikahan. Memang keindahan dari gerbera daisy sangat mencolok dengan bunganya yang besar dan berwarna merah merona. Selain merah daisy juga banyak yang berwarna putih dan sangat cantik. Media tanam untuk tanaman hias ini cukup dengan menggunakan air pada vas bunga. 

Baca juga: 11 Tanaman Rambat Untuk Kanopi Yang Lebih Cantik

12. Golden Photos

Source : iStock

Rekomendasi tanaman penyejuk ruangan selanjutnya disebut dengan Golden Photos atau Devil’s Ivy. Memiliki nama latin Epipremnum Aureum, tanaman ini memiliki daun berbentuk seperti hati yang rimbun.

Tanaman hijau ini termasuk pelembab udara yang ideal. Menurut ilmuwan tanaman ini mampu menghilangkan polutan dalam ruangan, seperti formaldehida, benzena, xilen, dan karbon monoksida.

Hebatnya tanaman hijau satu ini memiliki toleransi tinggi untuk kekurangan cahaya dan air yang minimal. Namun, tanaman ini mempunyai kelemahan yaitu daunnya bersifat beracun dan tergolong invasif di beberapa lingkungan tropis.

13. Palem

Source : iStock

Rekomendasi tanaman berikut ini dapat menjadi penyejuk di ruangan kamu, yaitu tanaman palem. Memiliki nama latin Arecaceae. Meletakkan tanaman palem di dalam ruangan selain dapat memperindah, kamu juga akan menciptakan hutan hujan di dalam rumah.

Jenis palem seperti palem kitul, palem jari, penawar jambe, palem kuning memiliki stoma kecil yang mampu menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen.

Baca juga: 37 Jenis Tanaman Hias Gantung di Teras Rumah yang Menyegarkan

14. Karet Kebo

Source : iStock

Rekomendasi tanaman berikut ini memiliki nama latin Ficus Elastica atau dikenal dengan sebutan karet kebo. Tanaman karet kebo merupakan tanaman yang dapat menyegarkan ruangan.

Tanaman ini dapat mengembalikan kadar kelembapan di udara. Semakin banyak dan besar dedaunan yang dimiliki karet kebo, maka semakin banyak pula kelembapan yang dilepaskan ke udara.

Tanaman karet kebo akan menyerap air melalui akarnya dan melepaskan uap air melalui pori-pori yang terletak di bagian bawah daun atau pelepahnya.

15. Lily Paris

Source : iStock

Tanaman Lily Paris atau Spider Plant menjadi rekomendasi tanaman penyejuk ruangan selanjutnya. Tanaman hijau ini dapat menyejukkan udara di ruangan sekaligus menyerap beberapa jenis racun.

Spider Plant sangat suka dengan lingkungan dengan bercahaya semi-teduh dan memerlukan campuran pot yang dikeringkan dengan baik serta penyiraman teratur ketika cuaca panas.

Itulah beberapa tanaman penyejuk ruangan tanpa tanah yang dapat kamu letakkan di dalam rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Puri Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download