BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Jenis Tanaman Depan Rumah yang Baik Menurut Islam
0
0

10 Jenis Tanaman Depan Rumah yang Baik Menurut Islam

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mar 15, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dalam Islam, keberadaan tanaman hias di sekitar rumah bukan hanya sekedar hiasan, namun memiliki makna mendalam dalam konteks spiritual dan kehidupan sehari-hari. Sedangkan, di dalam Al-Quran, ada beberapa tanaman yang dianggap memberikan rezeki kepada orang yang menanamnya. Buah zaitun dan tin adalah dua tanaman menurut Islam yang membawa rezeki. Perlu dicatat bahwa kedua tanaman ini tercantum dalam Surat At-Tin dalam Al-Quran. Kamu bisa menghias rumah Kamu dengan tanaman depan rumah menurut islam ini, Pins!

Al-Quran tidak hanya menyebutkan tanaman tin dan zaitun tetapi juga beberapa tanaman lain yang dianggap sebagai pembawa rezeki dalam Islam. Di antaranya adalah kurma, anggur, bidara, delima, pisang, dll. Dipercaya bahwa tanaman-tanaman ini memiliki banyak manfaat. 10 jenis tanaman berikut ini juga bagus untuk membuat dekorasi rumah cantik dan sejuk.

Tumbuhan yang dianjurkan dalam ajaran Islam dikatakan tidak hanya cantik tampilannya saja, namun juga membawa berbagai manfaat seperti perlindungan, keberkahan, dan keharmonisan.

Dari makna pengobatan hingga simbolis, setiap tanaman dipilih dengan mempertimbangkan nilai spiritualnya untuk menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan diberkati di sekitar rumah sesuai dengan ajaran Islam. 10 jenis tanaman berikut ini juga bagus untuk membuat dekorasi rumah cantik dan sejuk.

Kamu dapat menemukan rumah asri dilengkapi dengan pepohonan yang membuat lingkungan sejuk di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Kamu dapat mengajukan kredit pembayaran rumah kepada Bank melalui Pengajuan KPR.

Baca juga: 20 Rekomendasi Merk Cat Besi Terbaik Untuk Hasil Maksimal

Tanaman Hias Yang Dianjurkan Untuk Depan Rumah Menurut Islam

1. Olea Europaea (Zaitun)

Source : Pixabay

Tanaman zaitun memiliki arti khusus dalam Islam dan sering disebutkan dalam Al-Qur’an. Zaitun juga disebutkan dalam Surah at-Tin. Daun dan buahnya membawa berkah, dan pohon zaitun dianggap sebagai simbol perdamaian. Dalam Al-Quran, dia disebut sebagai pohon yang diberkahi oleh Allah dan dianggap sebagai simbol kemakmuran. Tanaman zaitun dianggap sebagai tanaman pembawa rezeki dan berkah menurut Islam karena manfaat dan nilai ekonominya yang tinggi, bukan hanya itu minyak zaitun memiliki manfaat yang banyak.

Baca juga: Perpaduan Cat Rumah Warna Biru yang Menyegarkan

2. Tin

Dalam Islam, tanaman tin memiliki makna penting sebagai tanaman pembawa rezeki. Ini adalah salah satu jenis tanaman buah yang disebutkan dalam Al-Quran dan disebutkan dalam beberapa hadis Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu buah yang sangat bermanfaat bagi manusia. Selain itu, tanaman tin tumbuh dengan baik di daerah kering dan panas, yang menunjukkan keajaiban rezeki yang diberikan Allah SWT kepada manusia.

3. Mint (Nana)

Mint dianjurkan dalam Islam karena  banyak manfaatnya bagi kesehatan. Rasulullah SAW pernah memberikan perhatian khusus terhadap tanaman ini dan mengajarkan kepada masyarakat tentang manfaatnya. Daun mint memiliki banyak manfaat kesehatan juga, Pins!

4. Kurma (Phoenix dactylifera)

tanaman depan rumah menurut islam
Source : Pixabay

Kurma merupakan tanaman yang sangat penting dalam Islam. Buahnya bergizi tinggi dan pohonnya dianggap sebagai sumber perlindungan dan berkah. Kurma juga identik dengan agama Islam dan sering dijadikan oleh-oleh bagi masyarakat yang pulang dari beribadah di tempat suci. Kurma dianggap sebagai simbol rezeki dan berkah dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Mulai dari makanan sehat hingga obat tradisional. Karena fakta bahwa Rasulullah SAW memakan kurma saat menerima tamu, kurma juga dianggap sebagai simbol keberkahan.

Dalam masyarakat Muslim, menanam kurma dianggap mendatangkan keberkahan dan rezeki. Sifat-sifat kurma, yang tahan terhadap air dan dapat tumbuh dengan baik di lingkungan yang kering, juga menunjukkan ketabahan dan kekuatan untuk menghadapi kesulitan hidup.

5. Bunga Mawar (Ward)

tanaman depan rumah menurut islam
Source : Pixabay

Meskipun mawar bukan tanaman yang disebutkan secara khusus, namun dalam Islam melambangkan keindahan. Menanam bunga mawar di depan rumah akan menambah keindahan visualnya dan memberikan perasaan positif.

6. Pohon Delima (Ruman)

tanaman depan rumah menurut islam
Source : Pixabay

Buah delima mempunyai banyak keutamaan dalam Islam dan disebutkan dalam Al-Quran. Pohon delima melambangkan kekayaan dan berkah. Oleh karena itu ada baiknya ditanam di depan rumah agar selalu dipenuhi rezeki dan keberkahan.

7. Kemangi (Raihan)

Selain sebagai lalapan yang lezat, tanaman kemangi atau Raihan memiliki nilai pengobatan dan spiritual dalam Islam. Rasulullah SAW menyebutkan manfaat obatnya dan memuji aromanya.

8. Anggur

tanaman depan rumah menurut islam
Source : Pixabay

Dalam Al-Quran, Allah juga menyebutkan anggur sebagai salah satu buah rezeki yang diberikan kepada manusia. Akibatnya, dalam kehidupan umat Islam, tanaman anggur dianggap sebagai simbol kebaikan dan kesejahteraan.

9. Pisang

Karena banyak manfaatnya, pisang dianggap sebagai tanaman pembawa rezeki menurut Islam. Pisang dianggap sebagai makanan yang bernutrisi tinggi dan dapat memberikan kekuatan fisik kepada manusia mulai dari buah, daun, hingga batangnya. Oleh karena itu, tanaman pisang dianggap sebagai anugerah dari Allah yang memberi manfaat kepada manusia dalam berbagai hal.

10. Bidara

Menurut Islam, tanaman bidara dianggap sebagai tanaman pembawa rezeki. Mereka juga dipercaya dapat memberikan perlindungan dan kebahagiaan kepada penghuninya jika ada di sekitar rumah atau tempat tinggal mereka. Jadi, tanaman bidara memiliki nilai spiritual yang besar bagi umat Islam selain manfaat fisik sebagai sumber rezeki.

Baca juga:

Feature Source Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Parama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download