BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Buat Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit dan Contohnya
0
0

Tips Buat Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit dan Contohnya

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Nov 27, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Taman Kering Minimalis di Lahan Sempittop-right-banner

Mempunyai taman dengan banyak tanaman hijau di sekitar rumah bisa memberikan nuansa alam yang segar dan rindang. Namun bagaimana jika lahan di sekitar rumah tidak luas? Tenang, artikel ini akan membagikan tips membuat taman kering minimalis di lahan sempit!

Membuat taman idealnya memang di lahan yang tidak terlalu sempit. Dengan begitu kamu bisa berkreasi lebih termasuk menambah pernak-pernik pada taman, seperti kolam dengan air mancur misalnya. Namun lahan yang tidak luas bukan alasan untuk tidak memiliki taman, Pins! Kamu bisa mencoba taman kering minimalis. 

Kamu yang tinggal di rumah eksklusif dari Pinhome seperti Tamaruma atau Britania Green Resort tentu menginginkan taman rumah yang estetik. Rumah bekas di Kab Bandung bisa kamu titip jual rumah di Pinhome juga, Pins!

Baca juga: Inspirasi Taman Depan Rumah yang Eye Catching

Apa Itu Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit?

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit
Source : Pixabay

Taman kering adalah istilah untuk taman di pekarangan rumah baik di luar maupun dalam. Disebut taman kering lantaran taman ini dirancang dengan kondisi tetap kering dan tidak memerlukan banyak air. 

Konsep taman ini mengacu pada konsep zen garden yang ada di Jepang. Biasanya taman dari Jepang ini didesain dengan gaya miniatur tertentu, yang dilengkapi dengan susunan bebatuan, aliran air, lumut, pohon, dan semak yang dipangkas secara teratur.

Di Jepang, zen garden banyak ditemukan di kuil atau biara. Namun kini konsep taman kering ini sudah menyebar dan diadopsi di rumah-rumah di seluruh dunia. 

Taman kering memang dibuat dengan ukuran kecil yang memanfaatkan lahan yang sempit agar tetap ada hijau-hijauan. Itulah mengapa konsep taman ini sering juga disebut dengan taman kering minimalis.

Lalu apa saja tanaman yang biasa ditanam untuk taman kering ini? Umumnya, tanaman yang biasa dipilih untuk taman kering adalah tanaman yang tidak memerlukan banyak air. 

Selain itu, tanaman yang berukuran kecil atau telah dibonsai pun bisa dijadikan tanaman untuk taman kering. Untuk taman indoor kamu bisa memilih spider plant, aglaonema, sri rejeki, hingga lidah mertua. Sementara untuk outdoor pilih kaktus, philo, tanduk rusa, dan sebagainya. 

Baca juga: 16 Desain Taman Di Balkon Lantai 2, Unik Banget

Tips Membuat Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit
Source : iStock Photo

Taman kering memang cocok ditanam di area yang tidak terlalu luas. Ibaratnya, taman ini berfungsi untuk mengisi sisa ruang kosong dengan tanaman untuk menghadirkan suasana alam di rumah. Namun, taman ini harus selalu kering.

Untuk itu, pembuatannya pun akan berbeda dengan membuat taman kecil biasa di depan rumah. Kamu bisa mengikuti tips dan langkah-langkah berikut untuk membuat taman kering minimalis di lahan sempit. 

1. Siapkan Area

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih dan menyiapkan area untuk taman kering minimalis. Pilih sisa lahan di sekitar rumah yang memungkinkan untuk tempat tanaman-tanaman itu. 

Perlu kamu pahami juga bahwa area taman kering biasanya terpisah dengan rumah. Untuk hal ini kamu bisa mengatur ketinggian taman dan memilih material pemisah yang tepat. 

2. Pilih Tanaman

Setelah area sudah siap, langkah berikutnya adalah memilih tanaman apa yang akan ditanam. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tanaman untuk taman kering umumnya yang tidak memerlukan air dalam jumlah besar. 

Meski begitu, ada beberapa tanaman yang tidak memerlukan air namun tidak tahan dengan paparan sinar matahari. Untuk itu, pilih tanaman yang tidak perlu air banyak dan juga tahan terhadap paparan sinar matahari, seperti kaktus, lidah mertua, dan sebagainya.

3. Sistem Pencahayaan dan Sirkulasi Udara

Salah satu hal yang penting saat membuat taman kering adalah sistem pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Hal ini mengingat konsep taman yang kering, tidak diberi banyak air, dan perlu sinar matahari yang cukup, sehingga pencahayaan dan sirkulasi menjadi penting. 

Dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik, maka taman akan selalu kering dan tidak lembab. Dengan begitu, usia tanaman akan semakin panjang karena tidak membusuk.

Baca juga: 

Contoh Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit

Setelah mengetahui cara membuat taman kering di lahan sempit, berikutnya adalah contoh tanaman yang bisa kamu jadikan referensi sebagai berikut:

1. Taman dengan Batu Koral

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit
Source : Pinterest

Batu koral pada taman kering akan membuat taman terasa semakin natural. Peletakkan batu koral ini bisa kamu letakkan di pinggir-pinggir taman atau sesuai dengan selera kamu. 

Pins pun bisa menggunakan batu koral sebagai keseluruhan penutup permukaan tanah taman. Untuk mendukung tampilan batu koral, kamu bisa menuangkan pasir bergelombang dan menata rumput hias sebagai dekorasi penunjang taman kering.

2. Tanaman Bonsai

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit
Source : Pinterest

Bonsai ini telah dikenal sejak 2000 tahun lalu. Penggunaan bonsai pada taman kering akan membuat taman kamu terasa lebih natural. Terlebih jika taman tidak memiliki luas terlalu besar, bonsai ini mampu menghiasi taman tanpa memakan tempat.

Salah satunya kamu bisa memilih Bonsai Asem Jawa. Letakkan bonsai ini di antara pasir dan bebatuan yang akan membuat bonsai terlihat menarik dan apik. Tidak heran bila taman kering dengan bonsai menjadi pilihan yang paling banyak dicari karena menciptakan nuansa natural tanpa banyak ornamen.

3. Taman Kering Indoor

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit
Source : Pinterest

Taman kering indoor memang sudah banyak dibuat di rumah-rumah minimalis modern. Rumah dengan taman kering indoor biasanya dibuat dengan atap kaca atau transparan.

Tidak hanya menggunakan atap, Pins juga bisa membuat taman kering indoor ini tanpa atap. Namun, di setiap sisi taman dilapisi dengan kaca sebagai partisi untuk mencegah cipratan air yang bisa masuk ke rumah saat hujan turun. Desain ini cukup populer karena terasa alami dan hidup.

Itulah ulasan lengkap mengenai tips membuat taman kering minimalis di lahan sempit lengkap dengan contohnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: iStock Photo


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Nismara Harapan Indah dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download