Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 7 Cara Merawat Bonsai Agar Bentuknya Tetap Rapi

Hobi

7 Cara Merawat Bonsai Agar Bentuknya Tetap Rapi

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 30 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Bonsai ini adalah istilah dari Jepang yang digunakan pada pemeliharaan tanaman dalam seni tradisional yang mana pemeliharaan tanaman ini menggunakan pot yang dangkal atau rendah. Oleh karena itulah tanaman dengan bentuk kerdil yang biasanya kita temui disebut bonsai. Bonsai adalah jenis pohon yang sengaja dibuat dengan bentuk yang kecil atau kerdil dibandingkan pohon asli pada umumnya. Tapi tahukah Pins kalau ada cara merawat bonsai supaya bentuknya tetap rapi?

Pinhome – Bonsai ini banyak dipelihara orang karena bentuknya yang cantik dan menawan, sehingga tidak heran banyak orang yang rela melakukan perawatan ekstra pada tanaman yang satu ini. Bagi Pins yang penasaran dengan cara merawat bonsai agar tetap cantik dan menawan, tenang! Pinhome akan membagikan informasi cara merawat tanaman bonsai lewat ulasan di bawah ini.

Mengenal Tanaman Bonsai

(Pinterest)

Tanaman bonsai sesungguhnya bukanlah tanaman hias asli dari Indonesia. Seperti yang telah dijelaskan, tanaman bonsai ini mirip dengan tanaman hias di Jepang. Bonsai ini memiliki bentuk kecil atau kerdil dibandingkan dengan ukuran tanaman aslinya. 

Bonsai sendiri sebenarnya tanaman hias yang berasal dari China dengan nama Penjing atau Penzai yang artinya miniatur tanaman. Tanaman bonsai ini bukanlah tanaman yang telah melalui proses rekayasa genetik, namun bonsai dibuat dengan teknik khusus yang dilakukan secara bertahap.

Karena keindahannya, tanaman bonsai ini akhirnya mulai dijadikan seni bonsai dan dibudidayakan di banyak tempat termasuk di Indonesia. Sayangnya tidak semua tanaman bisa dibuatkan bonsai. Bahkan bonsai ini juga memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dari jenis tanaman. Salah satu jenis tanaman yang sering dibuat bonsai adalah pohon beringin.

Jenis bonsai pun cukup banyak, mulai dari jenis bonsai serut, bonsai kelapa hingga bonsai beringin telah banyak dibudidayakan. Harganya pun dibanderol dari harga yang sedang hingga cukup tinggi mengingat cara merawat tanaman bonsai yang cukup ekstra. Selain itu teknik bonsai juga tidaklah mudah. Sehingga tidak heran tanaman bonsai ini memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan tanaman hias biasa.  

Penyiraman Rutin

(Pinterest)

Sama seperti tanaman pada umumnya, salah satu cara merawat bonsai adalah dengan melakukan penyiraman rutin. Namun pada bonsai, penyiraman air tidak boleh dilakukan terlalu banyak karena bisa merendam akar sehingga membuat akar busuk dan munculnya jamur di sekitar bonsai. Penyiraman ini penting dilakukan untuk menjaga kelembaban tanah agar tidak terlalu kering namun tidak terlalu basah.

Baca juga: Tahukah Kamu? Ini Dia Bonsai Beringin Termahal

Media Tanaman yang Baik

(Pinterest)

Tanaman bonsai membutuhkan media tanam yang baik agar bisa tumbuh dengan sehat. Umumnya tanaman bonsai ini ditanam dengan campuran dari tanah, pasir dan pupuk kandang agar tanaman bonsai bisa tumbuh subur dan sehat. Jangan lupa untuk menjaga kelembaban media tanam agar akar bonsai tidak busuk atau bahkan kekeringan.

Berikan Pupuk Secara Rutin

(Pinterest)

Jika kamu sudah melakukan penyiraman air secara rutin, cara merawat tanaman bonsai selanjutnya adalah dengan memberikan pupuk. Pins bisa menggunakan pupuk NPK atau urea untuk tanaman bonsai milik kamu. Namun ingat bahwa pemberian pupuk ini harus sesuai dengan kebutuhan bonsai. Pins bisa memberikan pupuk paling tidak satu kali sebulan untuk tanaman bonsai.

Jemur di Bawah Sinar Matahari

(Pinterest)

Tanaman umumnya membutuhkan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Sama dengan tanaman lain, bonsai pun memerlukan sinar matahari. Pins bisa menjemur bonsai kamu di bawah matahari. 

Namun perlu diingat bahwa penjemuran ini perlu dibatasi karena paparan sinar matahari yang berlebihan bisa merusak bonsai. Jemurlah bonsai saat dua minggu setelah bonsai ditanam. Sedangkan untuk intensitas sinar matahari sebaiknya bonsai dijemur 1-3 jam saja sehari.

Pergantian Pot

(Pinterest)

Pergantian pot ternyata adalah hal yang sangat penting lho dalam perawatan bonsai ini. Pins sebaiknya melakukan pergantian pot secara rutin terutama jika akar bonsai terus bertumbuh. Pot ini berguna untuk menstimulasi pertumbuhan akar yang baik. 

Karena akar yang semakin banyak, tentunya kamu harus mengganti pot dengan ukuran yang lebih besar. Jangan lupa untuk menggunakan pot dengan lubang atau lubangi pot sehingga air dapat mengalir dengan lancar. Hal ini supaya saat penyiraman air rutin tidak merendam akar bonsai.

Baca juga: Model Bonsai Lantana dan Cara Membuatnya

Pemangkasan

(Pinterest)

Supaya bonsai tetap cantik, cara merawat bonsai ini perlu kamu lakukan dengan rutin. Hal ini juga berlaku sebagai cara merawat bonsai beringin. Pins bisa memangkas cabang-cabang bonsai yang tumbuh berantakan. 

Terlebih pada bonsai umumnya pertumbuhan cabang dan akar cukup cepat. Pins bisa melakukan pemangkasan tanaman bonsai ini secara rutin, yaitu satu bulan sekali.

Pembasmian Hama

(Pinterest)

Hama juga bisa terjadi pada tanaman bonsai milik kamu lho! Jadi Pins harus rajin-rajin melakukan pembasmian hama agar bonsai tidak rusak. Jika terdapat hama yang muncul seperti ulat atau serangga hama lainnya, kamu bisa menyemprotkan insektisida agar hama mati dan tidak merusak tanaman bonsai milik kamu.

Itulah daftar cara merawat bonsai yang bisa kamu aplikasikan dengan mudah di rumah. Semoga dengan ulasan di atas membuat kamu semakin paham terhadap tanaman bonsai dan juga mengetahui cara yang benar dalam merawat bonsai di rumah. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan tanaman bonsai kamu agar terbebas dari hama yang bisa muncul kapan saja.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel