Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Berapa Harga Rumah Subsidi 2020? Cek Selengkapnya di Sini!

Finansial

Berapa Harga Rumah Subsidi 2020? Cek Selengkapnya di Sini!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tanggal 1 April 2020 mengubah regulasi seputar MBR termasuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Perubahan ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan inflasi dan kenaikan harga bahan bangunan. Sebagai dampak dari Covid-19, pemerintah resmi menggulirkan stimulus bidang perumahan senilai Rp1,5 triliun. Berapa harga rumah subsidi 2020?

Keputusan tersebut sudah dituliskan pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 242/KPTS/M/2020. Berdasarkan keputusan pemerintah tersebut, Pins penasaran terhadap berapa harga rumah subsidi di tahun 2020? Yuk mari kita cek selengkapnya pada artikel berikut ini.

Harga Rumah Subsidi 2020

Untuk luas tanah Rumah Umum Tapak ditentukan yang paling kecil adalah 60 meter persegi dan untuk tinggi, ukuran tertinggi ialah 200 meter persegi. Bagi luas lantai rumah sendiri ditentukan bahwa yang paling rendah adalah 21 meter persegi dan untuk tinggi, ukuran tertinggi adalah 36 meter persegi.

Untuk satuan Rumah Susun Umum, batasan yang ditentukan untuk luas lantai rumah yang paling rendah ialah 21 meter persegi dan untuk tinggi, ukuran tertinggi adalah 36 meter persegi.

  1. Nilai jual maksimal Rp150,5 juta untuk Pulau Jawa (kecuali Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan Sumatera (kecuali Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kepulauan Mentawai).
  2. Nilai jual maksimal Rp164,5 juta untuk Pulau Kalimantan (kecuali Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Mahakam Ulu).
  3. Nilai jual maksimal Rp156,5 juta untuk Pulau Sulawesi, Bangka Belitung, Kepulauan Mentawai, dan Kepulauan Riau (kecuali Kepulauan Anambas).
  4. Nilai jual maksimal Rp 168 juta untuk Maluku Utara, Bali dan Nusa Tenggara, Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Kepulauan Anambas, Kabupaten Murung Raya, dan Kabupaten Mahakam Ulu.
  5. Nilai jual maksimal Rp219 juta untuk Papua dan Papua Barat.

Baca juga: Harga Rumah Subsidi dan Cara Untuk Mendaftar

Sebanyak 175.000 unit rumah yang disalurkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) subsidi tersebut akan disalurkan melalui rancangan Subsidi Selisih Bunga (SSB) dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM). Selain itu juga, kelompok sasaran KPR Bersubsidi dinaikkan dari orang-orang yang berpenghasilan Rp 4 juta menjadi Rp 8 juta.

Nah itu dia harga rumah subsidi di tahun 2020. Dengan adanya subsidi yang diberikan pemerintah, semoga dapat membantu Pins yang sedang mencari-cari hunian yang tepat ya. Semoga artikel ini dapat membantu!

Bagi Pins yang juga sedang mencari rumah yang tepat, ayo kunjungi dan temukan rumah idaman pilihan terlengkap hanya di Daftar Properti & iklankan juga properti Anda di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel