BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Lampu Apartemen Untuk Interior Skandinavia
0
0

10 Inspirasi Lampu Apartemen Untuk Interior Skandinavia

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Penerangan sangat penting dalam rumah vertikal. Lampu apartemen ada yang modelnya ditanam, digantung maupun standing lamp. Untuk interior Skandinavia biasanya memakai furniture berbau alam.

Termasuk pada lampu hias yang digunakan. Ornamen lampu tidak berlebihan namun tetap eye catching dan mengedepankan fungsi utama selain estetikanya. Adapun beberapa inspirasi lampu apartemen yang bisa menjadi rujukan adalah :

Lampu Gantung

Source : Freepik

Lampu gantung dengan penutup rotan terkesan unik dan natural. Lampu yang digunakan bisa berupa bohlam. Dengan cahaya berwarna kuning temaram dan digantung dengan ketinggian yang rendah.

Lampu dengan desain seperti ini sangat tepat untuk meja makan. Untuk menyinari seluruh area makan maka pasang tepat di tengah meja makan. Pilih furnitur kayu yang senada dengan corak lantai. 

Penerangan bisa dimaksimalkan dengan membangun jendela lebar searah meja makan. Saat pagi dan siang hari cahaya matahari bisa leluasa masuk ke area makan. Pins bisa menambahkan vas bunga atau tanaman agar ruangan terasa lebih hidup.

Model Chandelier

Source : Freepik

Lampu model chandelier memiliki ornamen bergaya Victoria. Model lampu ini kerap hadir pada kastil di Eropa. Interior Scandinavian yang sederhana dapat dikombinasikan dengan lampu ini agar ruangan memiliki kesan dramatis. 

Ukuran lampu chandelier biasanya berdimensi besar. Bagian lampu seperti lilin yang dikombinasikan dengan logam maupun batu kristal. Lampu ini dapat ditempatkan di ruang tamu apartemen. 

Tujuannya sebagai lampu hias sekaligus menambah kesan klasik pada ruangan. Selain bentuknya menjuntai ada pula yang melengkung seperti kurva.

Bergaya Artistik

Source : Freepik

Jika lampu model chandelier terkesan terlalu dramatis bisa pula diganti dengan lampu bergaya artistik seperti diatas. Lampu memiliki ornamen geometri di bagian luarnya. 

Ornamen tersebut terbuat dari bahan metal. Untuk membuat penyebaran cahaya lebih merata maka bohlam ditutupi dengan penutup berwarna putih. Lampu gantung seperti ini dapat Pins tata sejajar. 

Letakkan di ruang keluarga atau ruang tengah apartemen. Untuk memaksimalkan cahaya lampu sebaiknya dinding berwarna netral seperti beige.

Tema Vintage

Source : Freepik

Gaya Scandinavia cenderung menggunakan warna dengan unsur-unsur bumi. Misalnya saja hitam, abu-abu, kuning, coklat, hingga hijau. Warna ini juga dekat dengan gaya vintage. 

Tema vintage juga hadir dengan konsep tradisional, industrial dan klasik. Konsep seperti itu dapat pula ditonjolkan melalui pemilihan lampu dinding. 

Lampu dibuat berbentuk kubus dengan gantungan dari metal. Lampu bisa ditempatkan sejajar headboard. Pasang lampu vintage di kamar tidur utama atau tamu. 

Baca juga :

Built Lamp

Source : Freepik

Lampu built ini juga menarik untuk apartemen kecil. Lampu dapat dipasang langsung pada plafon. Ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Lampu berbentuk oval seperti pada gambar akan mampu menyebarkan cahaya hingga ke sudut ruangan. Cahaya yang dikeluarkan berupa putih kekuningan agar ruangan terasa hangat.

Spotlight

Source : Freepik

Lampu spotlight seperti ini memang hanya menyorot satu area saja. Walaupun begitu sinar yang dihasilkan sangat terang. Pins dapat menggunakannya sebagai lampu belajar atau di kamar mandi.

Lampu spotlight berdasarkan warnanya terdiri atas 4 macam. Warm white cocok untuk menyinari etalase toko. Cool white sering dipakai pada kantor hingga ruang baca.

Warnanya putih natural dengan suhu sekitar 4000 kelvin. Daylight memiliki warna yang kontras sehingga sering dipakai pada lampu jalan. 

Ada pula jenis RGB yang membuat suasana lebih hidup. RGB mempunyai banyak varian yakni merah, biru hingga hijau.

Lampu Plafon

Source : Freepik

Jika tidak ingin menonjolkan bentuk lampu yang terlalu sederhana dapat pula ditanam di langit-langit ruangan. Pemasangan lampu seperti ini dinamakan downlight yang populer sejak 1930 an. 

Ada 4 jenis lampu downlight diantaranya outbow, inbow, slim, spot. Lampu downlight inbow dipasang di dalam plafon untuk penerangan dalam rumah. Downlight outbow tampak di luar plafon dan biasanya untuk teras rumah.

Downlight slim dan spot sering digunakan untuk fasilitas umum seperti mall. Keunggulanya adalah pencahayaan terfokus dan sinar lebih terang didukung dengan lampu halogen. Warna yang dihasilkan jauh lebih natural dan tidak berlebihan. 

LED Dinding

Source : Freepik

Bila ingin membuat dekorasi dinding terlihat menarik dapat memanfaatkan lampu LED. lampu menyatu dengan dinding dan cahayanya membentuk garis yang diinginkan.

LED strip dijual meteran dan dapat Pins sesuaikan dengan desain atau pola dinding. Tujuan utama lampu seperti ini bukanlah untuk penerangan melainkan hiasan.

Lampu ini juga dapat dijadikan pengganti lampu tidur. Pins bisa pula memakainya sebagai backlight untuk taman hingga plafon.

Standing Lamp Minimalis

Source : Freepik

Lampu di apartemen dapat berfungsi sebagai dekorasi ruangan. Misalnya lampu pada gambar diatas walau desainnya sederhana namun menarik perhatian.  Desainnya modern dengan tangkai yang melengkung. 

Jenis lampu ini tidak terlalu terang namun mampu memberikan aksen pada ruangan. Tampilan ruangan jadi terlihat lebih menawan khususnya bila ditempatkan pada ruangan dengan mobilitas tinggi seperti ruang keluarga.

Baca juga :

Lampu Duduk

Source : Freepik

Ada pula lampu duduk yang tak kalah menarik dibandingkan standing lamp. Perbedaan keduanya terlihat dari panjang tangkai lampu. 

Lampu duduk biasanya memiliki ketinggian yang standar. Jenis lampu ini biasa diletakan pada meja belajar untuk meningkatkan cahaya yang fokus pada area tertentu.

Interior Skandinavia sering dipilih untuk apartemen karena minimalis namun tetap fungsional. Lampu apartemen diatas akan cocok untuk menemani hunian Skandinavia dan mempertegas ruangan.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download