BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Desain Sekat Tembok Setengah untuk Hunian
0
0

8 Desain Sekat Tembok Setengah untuk Hunian

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Okt 28, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sekat atau tembok berguna untuk pemisah antara suatu ruangan dengan ruangan lainnya. Namun, penggunaan sekat secara full dengan tinggi yang mencapai atap rumah dapat membuat ruangan terlihat sumpek dan sempit. Pada artikel kali ini, Pinhome telah merangkum beberapa desain sekat tembok setengah.

untuk rumah yang berukuran kecil, konsep sekat tembok full rasanya kurang cocok untuk digunakan. Oleh karena itu, terciptalah ide sekat tembok setengah yang dapat menjadi partisi antara ruangan satu dengan ruangan lainnya. Akan tetapi konsep ini tidak akan membuat tampilannya terlihat sempit dan sesak.

 Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

8 Desain Sekat Tembok Setengah untuk Hunian

Desain sekat tembok setengah yang kreatif memadukan fungsionalitas dan estetika dalam ruang hunian. Ini dia 8 ide brilian untuk mengintegrasikan sekat tembok setengah ke dalam desain interior rumah, menciptakan ruang yang fungsional dan indah.

1. Desain untuk Interior Mezzanine

sekat tembok setengah
Source : Home Designing

Sekat tembok setengah juga sangat cocok untuk digunakan pada interior mezzanine. Mungkin Kamu sudah tahu, konsep mezzani berarti interior hunian yang terdiri dari undakan level yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk menciptakan banyak ruangan dan interior agar terkesan lapang. Fungsi dari sekat setengah ini salah satunya yaitu sebagai pemisah antara satu level dengan level yang lainnya.

Seperti pada contoh di atas, perbedaan fungsi lantai begitu jelas dengan adanya sekat tembok.

2. Desain Kayu

sekat tembok setengah
Source : Behance

Sekat tembok setengah juga dapat terbuat dari material kayu. Corak dan warna kayu yang khas akan memberikan sentuhan yang berbeda pada sekat. Bagi Kamu yang suka dengan kesan seperti ini maka Kamu dapat mencoba melapisi tembok dengan bahan kayu. Apalagi jika rumah Kamu menggunakan konsep alami atau rustic.

Ide sekat tembok setengah yang menggunakan material kayu dapat menjadi dekorasi yang sangat unik. Harus diingat, Kamu harus memilih jenis kayu yang tahan lama dan kuat, karena peruntukannya sebagai partisi antar ruangan.

3. Desain dengan Rak

Source : Homemy Design

Jika Kamu bosan dengan desain sekat tembok setengah yang begitu-gitu saja, Mungkin saja Kamu akan lebih suka dengan desain yang satu ini. Sekat tembok ini tidak hanya berupa tembok biasa, akan tetapi desain yang satu ini memadukan lemari atau rak sebagai bagian dari sekat.

Sehingga, partisi juga dapat berguna sebagai dua fungsi, yaitu sebagai tempat penyimpanan beberapa barang atau ornamen hiasan. Kehadiran sekat tembok sekaligus lemari yang satu ini juga dapat menjadi dekorasi yang unik, terutama jika bentuknya tidak biasa.

4. Desain Sederhana

sekat tembok setengah
Source : Houzz

Rumah sederhan juga dapat menggunakan sekat tembok setengah, Kamu dapat melihat contohnya pada gambar diatas. Ukuran dari tembok tidak begitu tebal dan tinggi, yang penting dapat menjadi pembatas antara ruang tengah dengan ruang makan yang sehat.

Kamu dapat mewarnainnya agar tidak terlihat terlalu polos. Rumah dengan tipe 36 atau yang berukuran lebih kecil sangatlah cocok untuk menggunakan desain yang satu ini.

5. Desain Ala Japandi

Source : Country Living

Berikutnya terdapat desain sekat tembok setengah dengan gaya Japandi. Bagi Kamu yang belum tahu, gaya Japandi mengarah kepada perpaduan interior gaya Jepang dengan Skandivia. Gaya yang satu ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu minimalis, simpel, dan tidak sedikit menggunakan unsur alami seperti kayu.

Seperti contoh yang di atas, partisi tembok ditambahi dengan rak pajangan berupa kayu berwarna terang yang erat dengan gaya Japandi. Bentuk dari raknya juga sebenarnya sederhana, akan tetapi sangat cocok dengan prinsip Japandi yang mengutamakan kesan minimalis.

6. Desain Minimalis

Source : Ruparupa

Rumah minimalis biasanya berukuran kecil, sehingga sangat cocok menggunakan sekat tembok. Contohnya antara ruang tengah dan ruang tamu, atau bagian dapur. Desain tembok setengahnya pun tidak harus terlalu heboh, cukup dilapisi dengan warna cat yang sama dengan tema ruangannya.

Sekat tembok setengah dengan desain minimalis, tidak hanya berguna sebagai partisi antara ruangan. Akan tetapi, juga dapat menjadi area khusus untuk menaruh banyak ornamen hiasan.

Baca juga:

7. Desain Gaya Klasik

Source : Rumahcom

Jika kamu suka dengan kesan klasik, desain yang satu ini dapat menjadi inspirasi bagi Kamu.Bentuk tembok memiliki detail yang unik khas dengan gaya klasik, penempatan sekat ini juga dapat Kamu gunakan di antara ruang makan dengan ruang tengah atau dapur. Agar kesan klasiknya lebih terasa, Kamu dapat melapisinya dengan cat berwarna krem, cokelat, atau putih.

Tinggi dari sekat tembok setengah juga dapat disesuaikan dengan kondisi ruangan tersebut.

8. Desain Sekat Kecil di Foyer

Source : Colombe

Sekat yang satu ini dapat Kamu gunakan untuk memisahkan area foyer dengan ruang tamu mewah. Kamu dapat membuat sekat yang pada bagian bawahnya berupa tembok dan bagian atasnya kaca dengan rangka besi. Pada bagian bawah sekat, Kamu dapat menyimpan rak sepatu agar alas kaki tidak terlihat berantakan.

Itu dia beberapa ide desain sekat tembok setengah untuk hunian. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download