BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Inspirasi Desain Unik Mushola di Halaman Rumah 
0
0

5 Inspirasi Desain Unik Mushola di Halaman Rumah 

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Athiah Amida

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
mushola di halaman rumahtop-right-banner

Untuk mendukung kenyamanan dan kebersihan dalam beribadah, tak jarang pemilik rumah memutuskan membangun mushola di halaman rumah. Jika lahan yang tersedia tidak terlalu luas, bisa disiasati dengan membangun mushola berukuran lebih kecil.

Asalkan didesain dengan mempertimbangkannya secara matang, Pins bisa memiliki mushola dengan desain menarik, lho. Berikut 5 ide unik desain mushola di halaman rumah yang bisa menjadi inspirasimu.

Mushola Kecil di Halaman Rumah

Source : Pinterest

Bagaimana kalau luas lahan untuk membangun mushola sangat terbatas? Untuk menyiasatinya, sebaiknya buat mushola dengan konsep open space atau dinding terbuka pada bagian belakangnya. Hal ini akan membuat ruangan kecil tidak terasa sesak.

Selain itu, penempatan banyak kaca akan semakin memaksimalkan efek ruangan mushola yang terasa lebih lega. Penempatan kaca ini bisa berupa dinding kaca yang ditempel pada bagian kiblat, maupun penambahan kaca rias di dinding. Hal yang perlu diperhatikan untuk mendesain mushola di halaman rumah ini adalah atap dibuat lebih luas melebihi ukuran mushola. Agar nantinya jika cuaca sedang memasuki musim penghujan, tidak akan membasahi bagian dalam mushola.

Menyangkut dinding, Pins bisa menggunakan wallpaper dinding untuk mendapatkan motif yang unik. Tapi dalam memilih motif ini tetap harus disesuaikan dengan interior keseluruhan, ya. Dikarenakan mushola ini didominasi warna putih, dan kayu. Maka, warna wallpaper-nya pun bisa menggunakan motif perpaduan kedua warna ini.

 Baca juga: Simpel dan Minimalis! 15 Inspirasi Desain Mushola untuk Rumah Kamu!

Mushola dengan Dinding Kaca

Source : Pinterest

Halaman rumah tempat mushola berada, tetap ditonjolkan dalam desain mushola yang satu ini. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan dinding yang terbuat dari kaca transparan pada salah satu sisinya. Sementara itu, untuk dinding menghadap arah kiblat disertai dengan ornamen pemanis ukiran. Tak lupa juga dilengkapi dengan kaligrafi untuk semakin menguatkan kesan ruang mushola.

Selain memberikan pemandangan nuansa alami yang fresh, penggunaan dinding transparan akan memberikan ilusi ruangan yang terlihat lebih luas. Dari segi kebersihannya pun, dinding transparan kaca ini dapat dibersihkan dengan mudah. Meski mushola ini sudah mendapatkan pencahayaan alami yang optimal, tapi penambahan lampu sorot plafon akan memberikan kesan hangat di malam hari.

Untuk interiornya, agar barang-barang dan hiasan di dalam mushola tetap tertata dengan rapi, bisa dengan menempatkan rak dinding. Tapi, jika mushola cukup luas kamu bisa menambahkan juga rak lantai.

Kental dengan Nuansa Alami

Source : Pinterest

Bagi yang menyukai nuansa alami, desain mushola unik ini bisa menjadi inspirasi. Berbeda dari mushola-mushola yang disebutkan sebelumnya. Mushola ini didesain tanpa adanya dinding ataupun sekat pemisah.

Bila halaman rumah sudah tertata dengan baik, tidak perlu usaha keras untuk mendesain mushola. Alasannya, kunci utama dari mushola kecil di halaman rumah ini adalah tanaman hijau yang mengelilingi hampir semua sisinya. Sementara itu, sebagai alas untuk melaksanakan ibadah dapat dipilih lantai yang terbuat dari kayu. Dengan penambahan elemen kayu ini akan semakin memperkuat nuansa alami yang ingin dibangun.

Dikarenakan dari segi elemennya sudah kuat nuansa hijau, sebaiknya tidak perlu menambahkan elemen lain yang bertentangan. Contohnya adalah rak lantai, ataupun rak dinding modern. Untuk perawatannya, lantai kayu perlu rutin dibersihkan sama halnya dengan lantai keramik. Tapi, sebaiknya bersihkan dengan lap basah hanya beberapa kali dalam sebulan. Hal ini dilakukan agar mencegah lantai kayu lembab dan akhirnya menjadi lapuk.

 Baca juga: 5 Cara Unik Untuk Mempercantik Halaman Rumah

Mushola yang Dilengkapi Partisi Kayu

Source : Pinterest

Desain mushola ini cocok untuk kamu yang menyukai desain minimalis, namun tetap terlihat unik. Dengan adanya tambahan partisi kayu yang disematkan pada bagian dinding kiblat, dapat mempercantik ruangan mushola. Jika ingin mengusung konsep open space, maka kamu bisa menghilangkan jendela kaca. Jadi bagian dinding akan full dibatasi dengan partisi kayu.

Untuk pemilihan elemen ruang secara keseluruhan, sebaiknya padukan nuansa kayu yang terdapat pada partisi dengan dinding dan keramik lantai yang berwarna netral. Misalnya saja, dinding berwarna putih atau beige yang dipadu dengan keramik lantai berwarna coklat kayu.  

Pins,  dapat menambahkan rak dinding yang dipasang pada bagian partisi untuk meletakkan hiasan atau kaligrafi. Selain itu, penempatan lukisan atau kaligrafi di salah satu dinding juga dapat mempermanis interior ruang mushola.

Minimalis Bertema Putih

Source : Pinterest

Dominasi warna putih sering menjadi pilihan bagi para penghuni rumah yang menyukai desain minimalis. Tapi, bagaimana caranya agar desain mushola tetap menarik dan unik dengan warna netral tersebut? Solusinya adalah dengan membuat lantai mushola lebih tinggi dibandingkan permukaan lantai halaman rumah.

Dengan permukaan lantai yang lebih meninggi, mushola akan terlihat lebih menonjol. Untuk desain interiornya, kamu bisa memilih warna senada seperti warna dinding. Agar ruangan tidak terlihat monoton, tempatkan beberapa vas yang berisi tanaman hijau di salah satu sisi mushola. Secara tidak langsung, hal ini dapat membuat elemen halaman rumah dan mushola menyatu. Dikarenakan ruang mushola yang lebih tertutup, pilihlah tanaman yang memang diperuntukkan untuk ruang semi indoor.

Baca juga: 10 Inspirasi Kombinasi Cat Rumah Warna Putih yang Tak Biasa

Dari kelima desain mushola di halaman rumah di atas, manakah desain mushola yang menjadi pilihanmu? Semoga menginspirasi ya, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pinterest

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download