Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ September 27, 2022 ∙ 5 menit membaca

Sekat dapur minimalis tak harus menggunakan bahan-bahan mahal. Pemilihan desain dan materialnya mampu menampilkan sekat yang estetik dan elegan.

Dalam membangun sekat juga tidak boleh sembarangan. Apalagi jika lahan yang dibagi cenderung terbatas. Berikut rekomendasi sekat dapur minimalis, fungsi dan bagaimana tips membangunnya.

Fungsi Sekat Selain Jadi Pembatas

(Pexels)

Sekat tidak hanya sebagai pembatas ruangan saja. Fungsi dari sekat ini ada tiga hal yang utama diantaranya adalah :

Mempertegas Ruangan

Pembatas mampu mendefinisikan sebuah ruangan. Pins bisa mempertegas fungsi ruangan tersebut. Masing-masing ruangan dapat dibuat secara spesifik dan lebih jelas.

Adanya pembatas juga memberikan privasi lebih kepada pemilik rumah. Adanya sekat tersebut tida akan mengganggu anggota keluarga lain yang berada di dapur maupun ruangan di sebelahnya.

Membagi Ruangan

Partisi mampu menghemat biaya dalam hal membagi ruangan. Jika dibandingkan dengan tembok permanen tentu ongkos partisi lebih murah. Apalagi partisi ada pula yang didesain portabel.

Keunggulannya pembatas ruangan ini bisa dipindah-pindahkan dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Ada pula partisi yang memiliki ketebalan tipis sehingga ruangan tidak terasa penuh.

Dekorasi Ruangan

Partisi berguna sebagai hiasan interior ruangan. Dibandingkan dengan tembok, partisi memiliki lebih banyak model maupun desain. Konsep desain bisa menyesuaikan tema ruangan tersebut.

Selain itu pembatas dinding ini bisa pula menjadi tempat penyimpanan tambahan. Pins dapat pula menggunakannya untuk meletakan peralatan memasak dengan cara digantung.

Baca juga : 20 Rekomendasi Sekat Ruang Tamu Minimalis Modern

Tips Membuat Sekat Ruangan

(Pexels)

Dalam membangun sekat dapur perlu memperhatikan ukuran dan penempatannya. Selain itu material dan desain yang Pins pilih. Berikut beberapa tips yang dapat Pins ikuti dalam membangun sekat di dapur :

Tentukan Ukuran Sekat

Mula-mula tentukan lokasi sekat pada dapur. Ukur ruangan yang ingin Pins bagi dengan sekat tersebut. Setelah itu tentukan ukuran sekat mulai dari panjang, lebar dan ketinggiannya.

Dapur yang minimalis sebaiknya gunakan sekat dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Sekat yang tebal akan membuat ruangan terasa pengap dan sulit meletakan furniture.

Jenis Sekat

Setelah itu pilih material sekat yang ingin digunakan. Apakah memakai bahan bambu, kaca, kayu, metal dan lainnya. Setiap jenis sekat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bahan dari alam seperti kayu maupun bambu membuat ruangan terasa hangat. Hanya saja mudah dimakan rayap dan lapuk jika dapur terlalu lembab. Sementara bahan kaca mampu menangkap cahaya dengan baik.

Kekurangannya mudah meningkatkan suhu ruangan. Material metal terkenal kokoh dan kuat namun rentan korosi.

Desain 

Setelah itu pilih desain sekat apakah transparan, full cover, open space dan lainnya. Desain sekat bisa pula dikombinasikan dengan model rak multifungsi maupun berongga.

Desain sekat juga memutuskan tingkat privasi yang ingin dibagi pemilik rumah. Ada model sekat yang sepenuhnya seperti tembok sehingga orang yang berada di ruang sebelahnya tidak bisa mengetahui aktivitas Pins selama di dapur.

Baca juga : 19 Model Sekat Ruangan Lipat, Praktis dan Fungsional

Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis

Setelah mengetahui beberapa hal tentang sekat, Pins bisa pula meniru rekomendasi pembatas ruangan dibawah ini ! Desainnya unik dan cocok untuk menciptakan ruangan yang lega dan luas.

Sekat Menyambung Plafon

(Pexels)

Material kayu memang sering menjadi pembatas ruangan favorit. Keunggulan dari bahan ini adalah mudah dibentuk dan warnanya alami yang sangat cantik. Pins bahkan tidak perlu mengecatnya dan cukup mengamplas sekat kayu.

Desain sekat berongga dan sambungkan hingga ke plafon. Tujuannya agar sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik. Lebar sekat kayu cukup hanya selebar meja saja dan kombinasikan dengan kursi metal agar lebih elegan.

Tirai Putih Gading

(Pxhere)

Sekat dari kain berupa tirai tidak butuh budget besar. Pilih tirai berwarna putih agar ruangan terasa lebih lapang. Sekat seperti ini cocok untuk konsep ruangan open space.

Untuk menyingkap tirai tersebut Pins dapat menggunakan pita senada warna gorden. Panjang gorden tidak harus menjuntai hingga ke lantai namun cukup menjaga privasi pemilik rumah.

Shoji

(Pxhere)

Bagi rumah tradisional Jepang sering menggunakan pintu geser sebagai pembatas ruangan. Material dari pintu geser tersebut adalah kertas. Sekat ini disebut juga dengan nama Shoji.

Shoji terdiri atas kertas bercampur serat sintetis bernama washi. Walaupun masih tembus cahaya namun Shoji tahan akan cuaca panas dan dingin.

Pintu Kaca

(Pexels)

Sekat dari kaca mampu memberikan ilusi ruangan sehingga tampak lebih luas. Kaca yang transparan mampu mengoptimalkan cahaya yang masuk ke dapur. Dengan begitu Pins bisa menghemat biaya tagihan listrik.

Penggunaan lampu hanya pada malam hari saja. Model pintu kaca dapat bukaan kedalam maupun ke luar hingga model sliding

Baca juga : Tips Dekorasi Dapur Belakang Rumah Tanpa Sekat

Pipa Paralon

(Pexels)

Terakhir, sekat bisa pula dari paralon yang terdiri atas bahan PVC. PVC ada pula yang transparan yang bagian dalamnya dapat diisi dengan lampu. Pilih lampu LED dengan warna yang berbeda untuk setiap pipanya.

Pembatas seperti ini akan membuat dapur terasa lebih intim. Suasana dapur semakin romantis ketika malam tiba. Warna paralon yang cantik juga memperindah ruangan.

Sekat dapur minimalis tak harus mahal namun tepat pemilihan desain dan bahannya. Pilih desain yang sesuai dengan tema interior dapur Pins inginkan. Pastikan sekat dapur tidak menghalangi cahaya masuk.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Finansial
Finansial 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham, Wajib Tahu!

Dalam berinvestasi saham selalu ada risiko yang mengikuti. Hal ini dikarenakan saham termasuk jenis

Finansial
Finansial 5 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama di Usia 25 Tahun

#WaktunyaBeliRumah -Memiliki aset berupa tabungan atau barang bernilai ratusan juta di usia muda pa

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Metaverse Crypto serta Resiko yang Ada di Dalamnya

Metaverse crypto adalah cara pembayaran di ruang virtual yang diciptakan untuk versi digital dari b

Finansial
Finansial Wajib Tahu! Ini Cara Memulai Investasi di Usia Muda

#WaktunyaBeliRumah - Mengelola keuangan dengan benar penting untuk dilakukan sejak dini. Banyak ora

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia