BlogPemilik PropertiDesain HunianRekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah
0
0

Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Des 21, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sekat dapur minimalis tak harus menggunakan bahan-bahan mahal. Pemilihan desain dan materialnya mampu menampilkansekat partisi dapur yang estetik dan elegan.

Sekat dapur yang minimalis akan membantu kamu dalam memanfaatkan ruangan di dalam rumah kamu. Karena itulah jika Pins mencari rumah-rumah minimalis, Pins mungkin akan tertarik dengan rumah yang ada di perumahan Paradise Serpong City 2. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Dalam membangun sekat juga tidak boleh sembarangan apalagi jika lahan yang dibagi cenderung terbatas. Berikut rekomendasi sekat dapur minimalis, fungsi dan bagaimana tips membangunnya.

Baca juga:

Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis

Setelah mengetahui beberapa hal tentang sekat, Pins bisa pula meniru rekomendasi pembatas ruangan dibawah ini ! Desainnya unik dan cocok untuk menciptakan ruangan yang lega dan luas.

1. Sekat Menyambung Plafon

Source : Pexels

Material kayu memang sering menjadi pembatas ruangan favorit. Keunggulan dari bahan ini adalah mudah dibentuk dan warnanya alami yang sangat cantik. Pins tidak perlu mengecatnya karena cukup mengamplas sekat kayu bisa membuat tampilannya terlihat menarik.

Desain sekat berongga dan sambungkan hingga ke plafon. Tujuannya agar sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik. Lebar sekat kayu cukup hanya selebar meja saja dan kombinasikan dengan kursi metal agar lebih elegan.

2. Tirai Putih Gading

sekat dapur minimalis dari kain
Source : Pxhere

Sekat dari kain berupa tirai tidak butuh budget besar. Pilih tirai berwarna putih agar ruangan terasa lebih lapang. Sekat seperti ini cocok untuk konsep ruangan open space.

Untuk menyingkap tirai tersebut Pins dapat menggunakan pita senada warna gorden dapur. Panjang gorden tidak harus menjuntai hingga ke lantai namun cukup menjaga privasi pemilik rumah.

3. Shoji

Source : Pxhere

Bagi rumah tradisional Jepang sering menggunakan pintu geser sebagai pembatas ruangan. Material dari pintu geser tersebut adalah kertas yang disebut juga dengan nama Shoji.

Shoji terdiri atas kertas bercampur serat sintetis bernama washi. Walaupun masih tembus cahaya namun Shoji tahan akan cuaca panas dan dingin.

4. Pintu Kaca

Source : Pexels

Sekat dari kaca mampu memberikan ilusi ruangan sehingga tampak lebih luas. Kaca yang transparan mampu mengoptimalkan cahaya yang masuk ke dapur di siang hari.

Penggunaan lampu di dapur hanya dinyalakan pada malam hari saja sehingga bisa menghemat biaya tagihan listrik. Selain itu model pintu kaca dapat didesain bukaan kedalam maupun ke luar hingga model sliding

Baca juga: Tips Dekorasi Dapur Belakang Rumah Tanpa Sekat

5. Pipa Paralon

Source : Pexels

Terakhir, sekat bisa pula dari paralon yang terdiri atas bahan PVC. Pilih PVC transparan yang bagian dalamnya dapat diisi dengan lampu LED berwarna berbeda untuk setiap pipanya.

Pembatas seperti ini akan membuat dapur terasa lebih intim. Warna paralon yang cantik juga memperindah ruangan. Suasana dapur semakin romantis khususnya ketika malam tiba.

6. Sekat Multifungsi

Source : Tokopedia

Selain berfungsi sebagai penghias dan pembatas ruangan, sekat model ini memiliki keunggulan sebagai tempat penyimpanan untuk berbagai barang. Seperti bingkai foto, dekorasi, buku, dan lain sebagainya.

Penting untuk mempertimbangkan pemilihan warna dan model sekat agar sesuai dengan konsep desain rumah yang diusung. Sebagai contoh, apabila warna dominan pada dinding rumah adalah putih. Kamu disarankan untuk memilih warna sekat yang lembut seperti beige atau krem guna menciptakan keselarasan dalam tta ruang.

Sekat model ini tidak hanya memberikan fungsi estetika, tetapi juga dapat menjadi solusi penyimpanan yang elegan sesuai dengan kebutuhan rumah Pins. Dengan memperhatikan detail-detail seperti ini, Pins dapat menciptakan ruang yang nyaman dan berkesan, sesuai dengan prinsip desain yang sedang trend saat ini.

7. Sekat Tembok dan Kayu

sekat dapur minimalis
Source : Wadja Karya Dunia

Dalam dunia desain interior, penggunaan kombinasi tembok dan kayu telah menjadi tren yang semakin populer. Bagi Pins yang tinggal di rumah dengan dapur berukuran kompak. Paduan ini merupakan solusi cerdas untuk memberikan sentuhan estetika yang menakjubkan tanpa mengorbankan ruang.

Salah satu cara brilian untuk memanfaatkan unsur kayu dalam desain dapur Pins adalah dengan menciptakan rak buku dengan lubang-lubang yang ditempatkan acak. Bukan hanya memberikan nuansa alami dan hangat. Rak buku ini juga dapat berfungsi sebagai penyimpanan praktis untuk berbagai peralatan dapur dan koleksi resep Pins.

8. Sekat dengan Ornamen

sekat dapur minimalis
Source : SIM Laser Cutting)

Memastikan kenyamanan dalam ruang keluarga dari kebisingan aktivitas dapur dapat diperbaiki dengan mengaplikasikan sekat berornamen. Dengan cara ini, anggota keluarga yang sedang bersantai tidak akan terganggu oleh kegiatan di dapur. Karena sekat ini efektif memblokir pandangan langsung ke dalam ruang dapur.

Penting untuk mencocokkan dimensi sekat dengan area masuk dan keluar untuk menjaga keharmonisan tata ruang, sehingga keindahan rumah tetap terjaga. Tidak hanya berfungsi sebagai elemen dekoratif. Sekat ini juga berperan dalam meningkatkan fungsionalitas ruang keluarga, menciptakan lingkungan yang lebih tenang dan menyenangkan. 

Dengan demikian, rumah menjadi tempat yang nyaman dan estetis. Di mana setiap anggota keluarga dapat menikmati momen bersantai tanpa terganggu oleh hiruk-pikuk dapur.

Baca juga:

9. Sekat Tembok Berlubang

sekat dapur minimalis
Source : PT Impack Pratama

Desain ini dapat disusun ketika mengetahui bahwa area dapur memiliki keterbatasan ruang dan kurangnya aliran udara yang memadai.

Sebagai alternatif dari menggunakan partisi tembok konvensional. Kamu dapat merancangnya dengan menyertakan lubang-lubang yang berfungsi sebagai ventilasi udara yang efisien.

Penting untuk memastikan bahwa sebelum memilih desain ini. Pins telah mempertimbangkan dan berkomunikasi secara aktif dengan anggota keluarga lainnya. Sehingga menciptakan ruang yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi bersama.

10. Sekat Ruangan Ala Cafe

Source : Ruparupa

Menghadirkan konsep sekat ruangan seperti di cafe yang menggunakan kitchen set L-Shaped. Jika kamu memiliki area dapur dengan desain kitchen set berbentuk . Maka solusi cerdas untuk meningkatkan estetika ruangan adalah dengan menambahkan sekat atau partisi yang sejalan dengan desain tersebut. Tidak hanya sebatas pada unsur warna, tetapi pilihan tipe sekat juga memiliki dampak signifikan terhadap keseluruhan penampilan rumah.

Sekat dapur minimalis tak harus mahal namun tepat pemilihan desain dan bahannya. Pilih desain yang sesuai dengan tema interior dapur Pins inginkan serta pastikan sekat dapur tidak menghalangi cahaya masuk.

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download