Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Rumput untuk Taman Indoor agar Rumah Terlihat Asri dan Sejuk

Hobi

Rumput untuk Taman Indoor agar Rumah Terlihat Asri dan Sejuk

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 5 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Menggunakan tumbuhan hijau sebagai cara memperbaiki sirkulasi udara dalam hunian adalah langkah yang tepat. Koleksi tanaman hias hingga membuat taman di rumah memang menimbulkan suasana sejuk dan asri. Apalagi bila Pins bisa membuat taman di dalam rumah. Ide menarik yang banyak digunakan dalam tipe rumah minimalis ini, menyediakan ruang sedikit dalam rumah untuk diberikan rumput untuk taman indoor.

Pinhome – Jenis rumput untuk tanaman indoor bisa dikatakan cukup terbatas. Rumput tersebut harus minim perawatan dengan kemungkinan terpapar sinar matahari secara tidak langsung. Walaupun begitu, untuk Pins yang mempunyai taman indoor di hunian tidak perlu khawatir. Beberapa rekomendasi jenis rumput untuk taman indoor di bawah ini pastinya akan membantu kamu dalam membuat hunian semakin asri.

Pins bisa mensiasati pembuatan tipe taman indoor dengan sirkulasi udara terbuka maupun pencahayaan maksimal dalam rumah. Apalagi kini sudah banyak desain menarik untuk pembuatan taman dalam rumah yang asri. Beberapa rekomendasi jenis rumput di bawah ini, semoga dapat menjadi alternatif rumput menarik dalam hunian ya!

Baca Juga: Beragam Jenis Monstera, Tanaman yang Sedang Naik Daun

Rumput Kucai Mini

(shopee)

Rumput untuk taman indoor jenis kucai mini menjadi salah satu alternatif tanaman yang sanggup bertahan dalam suhu ruang dalam hunian. Biasa digunakan pada taman yang cenderung teduh, rumput kucai mini dapat hidup tanpa terkena sinar matahari secara langsung. Golongan famili Cyperaceae ini mampu bertahan lebih lama dibanding jenis rumput lainnya pada ruangan tertutup.

Walaupun seperti itu, ada baiknya Pins tetap memperhitungkan sirkulasi cahaya dan udara dalam rumah. Hal tersebut dapat membuat tanaman lebih sehat. Tidak hanya itu, udara yang berputar di dalam rumah pun kian baik.

Rumput Bermuda

rumput untuk taman indoor
(bukalapak)

Alternatif rumput taman selanjutnya adalah rumput bermuda. Rumput buat taman yang sering dipakai pada lapangan golf ini tahan terhadap cuaca kering dan panas. Bila Pins gunakan dalam ruangan indoor ada baiknya untuk tetap memperhatikan asupan cahaya matahari. Pins bisa menggunakan desain atap kaca pada bagian taman rumah, ataupun pemakaian jendela yang cukup besar pada daerah taman. Ini akan membantu rumput bermuda berkembang lebih baik dan tentunya dapat bertahan lama. 

Rumput Manila (Zoysia)

rumput untuk taman indoor
(tokpedia)

Pilihan lainnya dalam membuat lahan hijau dengan rumput taman rumah adalah dengan penggunaan rumput zoysia atau biasa dikenal dengan rumput manila. Rumput yang memang terkenal halus dan sering digunakan pada lapangan olahraga ini, memiliki ciri khas runcing dengan tekstur yang lembut. 

Bila kamu menggunakannya pada hunian, kamu dan keluarga akan nyaman duduk di atasnya sambil bersantai di sore hari. Desain taman dalam rumah ini tidak perlu tertutup rapat semua, kamu bisa mengadaptasi taman semi outdoor yang menarik.

Rumput untuk Taman Indoor Jenis Sintetis

rumput untuk taman indoor
(katrinaleechambers)

Nah, untuk Pins yang tidak mau repot dan merasa tidak pandai dalam merawat tanaman, kamu bisa memilih jenis rumput buat taman dengan jenis sintetis. Rumput palsu satu ini jauh lebih mudah perawatannya dibandingkan jenis rumput hidup lainnya. Selain itu, dengan bentuk menyerupai karpet, kamu dapat menaruhnya dalam bentuk apapun yang Pins sukai dan pastinya tidak mudah rusak.

Namun, ada beberapa kekurangan dari rumput sintetis. Kamu harus rajin membersihkan secara teratur agar tidak menjadi tempat berkumpulnya kotoran yang mengakibatkan berbagai macam penyakit. 

Rumput Jepang

rumput untuk taman indoor
(jualrumputtaman)

Rumput Jepang yang ditata rapi akan menambah estetika tinggi dalam hunian. Tidak heran rumput satu ini menjadi adalan penghuni perumahan baik untuk taman outdoor maupun indoor. Namun tidak secanggih rumput jenis kucai yang bisa bertahan tanpa adanya sinar matahari secara langsung, rumput Jepang perlu asupan sinar matahari.

Rumput taman rumah satu ini cocok berada pada taman kecil dalam rumah didukung dengan beberapa tanaman hias koleksimu. Tapi Pins harus mengetahui, bila taman tersebut dipakai untuk bersantai dan duduk-duduk, jenis rumput Jepang kurang cocok karena teksturnya yang cenderung tajam.

Rumput Swiss

(bukalapak)

Untuk Pins yang menyukai kerapihan dalam desain taman di dalam rumah. Rumput Swiss jawabannya. Rumput ini terkenal memiliki perawakan rapi dan indah. Walau harganya cukup mahal, rumput taman rumah swiss layak untuk menghiasi taman kecil mu dalam hunian bergaya minimalis. Didaulat sebagai rumput terbaik dalam hal tekstur, warna dan keindahan, rumput swiss memang tidak ada duanya. 

Namun, tempat terbaik rumput satu ini adalah pada ruangan outdoor. Bagaimana caranya agar rumput ini bisa dipakai dalam taman indoor? Kamu dapat membuat layaknya rumah kaca menarik dalam rumah, yang memiliki pencahayaan berlebih pada spot taman tengah rumah. Walau di tengah rumah, namun tetap terbuka pada bagian atasnya. 

Rumput Gajah Mini

(olx)

Rumput buat taman selanjutnya hadir dalam varian rumput gajah. Rumput gajah mini menjadi andalan dan primadona pada perumahan perkotaan dikarenakan mudah dalam perawatan. Selain itu, rumput satu ini juga dapat bertahan tanpa bantuan sinar matahari secara langsung. Cocok sekali ditempatkan dalam ruangan indoor yang minim cahaya. 

Bila dibandingkan dengan rumput gajah lokal, rumput gajah mini memiliki tampilan yang lebih menarik. Selain itu teksturnya pun lebih lembut. Ada hal menarik lainnya nih Pins dari rumput taman rumah gajah mini, rumput ini digadang menjadi penyuplai oksigen terbaik diantara jenis rumput lainnya. Apa masih ragu juga?

Rumput Peking

rumput untuk taman indoor
(shopee)

Rumput buat taman, baik itu untuk ruangan indoor maupun semi outdoor memiliki ciri khasnya masing-masing. Jenis rumput peking sebenarnya mirip dengan rumput Jepang. Perbedaan signifikannya terletak dari pertumbuhan antar rumputnya yang berjarak atau jarang-jarang. Rumput satu ini pun memiliki ketahanan terhadap cuaca dingin dengan perawatan yang cukup mudah. Pins hanya perlu memangkasnya secara teratur dan tidak lupa untuk diberi asupan air.

Berbagai pilihan rumput yang dapat digunakan untuk ruang dalam hunian memang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, hal utama yang perlu Pins lakukan adalah selalu merawat rumput dengan baik. Ingat, keasrian dalam hunian akan tetap terjaga selama rumput sehat dan berkembang dengan baik.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel