BlogLifestyleHobiCara Menamam Rumput Gajah Mini Agar Selalu Subur
0
0

Cara Menamam Rumput Gajah Mini Agar Selalu Subur

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 16, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
rumput gajah minitop-right-banner

Berkebun memang sebuah aktivitas yang sedang ramai digandrungi oleh masyarakat luas. Rumah akan terlihat lebih asri jika dipenuhi oleh tumbuh-tumbuhan hijau di sekelilingnya.

Pinhome – Terlebih lagi kalo Pins mempunyai lahan untuk ditanami rumput gajah. Penasaran gak sih cara menanam rumput gajah serta perawatannya? Yuk simak! Sebelumnya, apakah Pins tau bahwa rumput gajah mempunyai beberapa jenis? Jangan sampai tertukar ya. Ini dia jenis-jenis rumput gajah:

Rumput Gajah Besar

Rumput Gajah Mini
Source : bukalapak

Rumput gajah besar atau yang mempunyai nama ilmiah Pennisetum purpureum ini merupakan sejenis tanaman ilalang yang tingginya bisa setara dengan tinggi manusia. Rumput gajah besar biasanya digunakan sebagai pakan hewan ternak seperti kambing, sapi, domba dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan rumput gajah besar yang subur dibutuhkan kurang lebih dua bulan lamanya. Jangan lupa untuk selalu memberi pupuk (pupuk kandang/pupuk NPK) agar tumbuhan ini tumbuh dengan sehat.

Agar rumput gajah besar tetap segar, pastikan bahwa tidak ada rumput rambat yang hidup di sekitarnya. Jika tanaman ini senantiasa terjaga, maka akan bisa Pins panen terus menerus selama kurang lebih 3 tahun lamanya. Namun, kembali lagi semua itu tergantung bagaimana cara Pins dalam merawatnya.

Rumput Gajah Mini

Rumput Gajah Mini
Source : Jogja Garden

Nah, untuk yang satu ini biasanya bisa Pins temui di pekarangan rumah maupun lapangan. Rumput gajah mini menjadi tren karena dapat ditanam serta dirawat dengan mudah, apalagi jika dibandingkan dengan perawatan untuk rumput jepang. Rumput jenis ini memberikan kesan asri pada pekarangan rumah. Bentuknya yang mungil dan hijau segar membuat para desainer eksterior tertarik untuk menjadikannya pilihan utama saat pemilik rumah hendak mengaplikasikan rumput pada rumahnya.

Dibandingkan dengan menggunakan rumput artificial, lebih baik menggunakan rumput gajah mini yang perawatannya mudah untuk dilakukan. Bahkan Pins tidak perlu memanggil tukang kebun untuk merawatnya.

Tips dan Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Jika Pins juga tertarik untuk menanam rumput ini, yuk ikuti beberapa cara di bawah ini agar tumbuh dengan subur!

Pilih Bibit Tanaman Rumput Gajah Mini

Rumput Gajah Mini
Source : BL

Ada dua pilihan, yaitu menanamnya dari bibit benih atau menanamnya dari rumput gajah mini yang memang sudah siap untuk ditanam kembali. Jika Pins memutuskan untuk menanamnya dari bibit benih, benih ini bisa didapatkan online melalui berbagai e-commerce dengan kisaran harga mulai dari Rp 15.000/kantong. Menanam dari benih cenderung lebih murah, namun Pins harus sangat teliti dalam memilihnya karena kualitas benih sangat berpengaruh dengan tingkat kesuburan tanaman ini nantinya.

Sedangkan, jika Pins ingin lebih praktis pilihlah bibit tanaman rumput gajah mini yang sudah jadi. Jadi Pins hanya tinggal memindahkannya langsung ke lahan dan media tanam yang telah disediakan. Kekurangan dari bibit yang sudah jadi ini adalah biaya yang Pins keluarkan menjadi lebih besar, jika dibandingkan dengan menanamnya dari bibit benih. Bibit jadi seperti ini juga bisa didapatkan pada toko online dengan kisaran harga Rp 23.500 / 100 x 100 cm.

Siapkan Lahan dan Media Tanam

Source : Orami

Jika sudah mantap memilih jenis bibit rumput gajah mini, kini saatnya untuk menyiapkan lahan untuk menanamnya. Pastikan memilih lahan dengan media tanam yang gembur. Saat media tanam berupa tanah yang akan ditanami terlihat gersang, hal pertama yang harus Pins lakukan adalah menggemburkannya. Berikan pupuk seperti pupuk kandang di sekitar lahan tersebut, lalu diamkan selama satu hingga dua minggu sebelum ia ditanami rumput.

Proses Penanaman Rumput Gajah Mini

Source : hargaweb.id

Waktu paling tepat untuk menanam rumput ini adalah saat musim hujan.Pada musim hujan, tanah mempunyai asupan air banyak yang akan membuat rumput tumbuh dengan cepat. Awalnya Pins harus menggemburkan tanah dengan cangkul, lalu mulai buat lubang dengan kedalaman 5 cm hingga 10 cm. Kemudian semai benih ataupun jika menggunakan bibit rumput gajah mini yang sudah jadi Pins potong dulu menjadi bagian lebih kecil, kurang lebih 5 x 5 cm. Untuk bibit yang sudah jadi, tinggal ditancapkan ke dalam tanam hingga akarnya. Buatlah hingga semua akar tertutup oleh tanah. Tekan perlahan dengan tangan untuk membuat akar dan tanah menjadi lebih rekat. Pola terbaik dalam menanam rumput ini adalah dengan pola zig-zag agar bentuk akhirnya sempurna.

Cara Perawatan

Rumput Gajah Mini
Source : Bio Greenva

Ada beberapa poin penting dalam merawat rumput jenis gajah besar ini:

  • Jangan lupa untuk selalu menyiramnya pagi dan sore. Tumbuhan ini tipe yang butuh banyak asupan air.
  • Usahakan untuk menanamnya di lahan yang terkena sinar matahari.
  • Jauhkan rumput dari binatang seperti ayam yang biasanya akan mengganggu pertumbuhan rumput tersebut.
  • Jangan menginjak rumput langsung, Pins bisa memberikan opsi beberapa pijakan agar rumput tidak langsung diinjak oleh pejalan kaki.
  • Ketika Pins melihat tumbuhan parasit menempel di sekitar rumput, jangan ragu untuk langsung mencabutnya hingga ke akar. Tumbuhan parasit bisa menyerap nutrisi dari rumput gajah, sehingga rumput yang Pins tanam menjadi tidak subur.

Baca Juga: Perbedaan Merawat Tanaman Indoor dan Outdoor

Gimana, Pins, tertarik untuk menanam rumput gajah di pekarangan rumahmu? Berapa pun besar halaman yang kamu punya, kalau sudah ditanami rumput gajah pasti akan tampak lebih segar dan asri. Jadi makin betah di rumah, deh!


Temukan pilihan rumah seperti pada Surya Asri Cijeruk dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download