Pinhome

Tata Cara Menanam Rumput Jepang di Halaman Rumah agar Tumbuh Subur

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 28 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Zoysia Japonica atau biasa dikenal dengan rumput jepang, merupakan salah satu jenis spesies tanaman famili graminae. Dengan lebih dari 600 spesies yang tersebar dalam habitat udara dingin dan panas menjadikan graminae masuk dalam kelompok tumbuhan kelompok besar. Rumput Jepang sendiri, menjadi salah satu tanaman yang paling banyak ditanam pada pekarangan baik dalam hunian maupun tempat publik. Sebenarnya bagaimana cara menanam rumput jepang di halaman rumah yang baik?

Pinhome – Ketenaran dari tanaman rumput jepang memang terbukti menjadi tanaman yang tahan banting dan mudah di tanam. Tidak heran kamu pasti melihatnya pada pekarangan outdoor maupun indoor di sekitar tempat tinggal. Ciri-ciri tanaman ini adalah runcing dan kaku dengan helaian daun yang kasar. Toleransinya yang cukup tinggi pada kekeringan dan suhu dingin membuat tanaman ini banyak disukai. Cara menanam rumput jepang di halaman rumah pun cukup mudah lho!

Baca Juga: Rumput Untuk Taman Indoor Agar Rumah Terlihat Asri Dan Sejuk

(depositphotos)

Kamu yang ingin menanamnya di rumah, harus memperhatikan beberapa hal agar rumput jepang dapat tumbuh subur dan segar. Apa saja? Simak yuk penjelasannya dalam artikel di bawah ini!

Baca Juga: Daftar Harga Rumput Sintetis Sebagai Hiasan Lantai Rumah

Apa Saja yang Perlu dipersiapkan?

Dalam melakukan penanaman rumput jepang pada halaman rumah, kamu perlu mempersiapkan hal-hal sebagai berikut:

  • Pemilihan Bibit rumput jepang, bibit yang digunakan usahakan dalam keadaan sehat, hijau, tidak terkena bibit hama dan tidak layu. Bila bibit sudah ditangan, pisahkan bibit pada kelompok kecil dan pastikan kembali akar tidak terpisah dari tanaman. Hal tersebut dikarenakan, bila tidak ada akar, tanaman tidak dapat tumbuh.
  • Mempersiapkan lahan yang akan tanam pada pekarangan. Bila tanah kurang gembur, kamu dapat menggunakan garpu khusus untuk menggemburkannya. Bersihkan pekarangan dari batu maupun kerikil, dan berilah pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 5 setiap 1 meter dengan taburan 2,5 kg pupuk kandang. Siram lahan untuk menanam rumput secara teratur dan tunggu hingga 5 – 7 hari untuk memulai penanaman.

Selain bibit yang bagus, cara menanam rumput jepang di halaman rumah juga harus diperhatikan dengan baik. Salah satu faktornya adalah mempersiapkan lahan yang tak kalah penting dalam penanaman rumput jepang di halaman. 

Langkah-Langkah Penanaman Rumput Jepang

(myhometurf)

  • Bila semua hal yang dipaparkan sebelumnya sudah kamu siapkan, saatnya untuk mulai menanam.
  • Pastikan lahan benar-benar bersih agar tidak mengganggu jalur pertumbuhan. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan bibit sebelum ditanam. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara disiram dengan air.
  • Saat penanaman usahakan di waktu sore hari menjelang malam. Hindari penanaman saat pagi hari dikarenakan rumput akan terbakar oleh pencahayaan sinar matahari berlebih.
  • Buat lubang untuk menanam bibit dengan jarak kurang lebih 10 x 10 cm rapat dan taruh bibit di dalamnya. Selanjutnya tutup rapat dengan tanah.
  • Bila bibit sudah tertanam, siram dengan air bersih secukupnya. Pada awal pertumbuhan, cara menanam rumput jepang di halaman rumah harus dilakukan dengan benar agar hasil maksimal. Salah satunya adalah dengan melakukan penyiraman tanaman secara rutin. Sebaiknya dilakukan 2 kali dalam satu hari (pagi dan sore) dengan selang gembor yang memang didesain khusus untuk menghasilkan air yang menyebar. Fungsinya adalah agar tanaman tidak rusak.
  • Selanjutnya usahakan untuk diberikan pupuk, bila umur tanaman sudah mencapai 2 minggu. Gunakan jenis pupuk urea dengan dosis ½ kg untuk lahan 10 meter persegi. Bila tanaman sudah berumur kurang lebih 1,5 bulan, ganti penggunaan pupuk dengan jenis TSP (Triple Super Phosphate) dengan dosis yang sama. Kegunaan pupuk TSP adalah memperbaiki unsur hara tanah dalam budidaya tanaman yang biasa diartikan sebagai sumber fosfor pada tanaman.
  • Bia rumput jepang sudah terlihat tumbuh, jauhkan dari hama dan bersihkan rumput dengan cara merapikannya secara berkala. Salah satu hal yang dapat Pins lakukan adalah dengan pencabutan rumput liar atau gulma disekitar tanaman.
  • Nah, ketika rumput sudah berusia 3 bulan saatnya melakukan pemangkasan. Tujuannya adalah agar akar tanaman tetap terkena sinar matahari. Selain itu juga menjaga warna rumput tetap hijau dan sedap dipandang. Bila Pins lalai dalam hal ini, warna rumput akan berubah kekuningan hingga coklat dan yang terburuknya adalah tanaman akan mati.

Inspirasi Halaman Rumah Menggunakan Rumput Jepang

Penggunaan Jalan Setapak

(cekruang)

Penggunaan jalan setapak dalam desain taman belakang bisa menjadi pilihan Pins dalam menentukan ide tampilan halaman rumah yang sedap dipandang. Jalan setapak bisa terbuat dari batu alam, batu bata maupun semen dengan model berlikuk.

Penambahan Kolam Air Mancur

(aca)

Kamu bisa memadupadankan rumput jepang dengan desain kolam air mancur menarik di pekarangan rumah. Selain menimbulkan ketenangan, tampilan halamanmu akan semakin indah dipandang. Jangan lupa untuk menambahkan dekorasi unik pada air mancur ya!

Tipe Fungsional

(tamanzaky)

Tipe fungsional disini adalah inspirasi untuk taman dengan desain yang dapat diubah-ubah. Taman bisa digunakan sebagai tempat bermain, tempat berendam dengan kolam renang tiup, tempat barbeque keluarga hingga tempat untuk menjemur baju. 

Bagaimana, cukup menarik bukan? Mengetahui cara menanam rumput jepang di halaman rumah memang menyenangkan. Apalagi untuk kamu yang senang dengan budidaya tanaman pada pekarangan rumah. Semoga artikel di atas bermanfaat ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Iko

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia