Kamus Istilah Properti

Rumah Tusuk Sate

istilah properti

Rumah Tusuk Sate

Rumah tusuk sate merupakan rumah yang lokasinya berada di ujung jalan tegak lurus sehingga membentuk sate jika dilihat dari atas. Rumah seperti ini juga dianggap rumah yang tidak layak huni karena memiliki energi yang terlalu besar dan bisa membahayakan penghuni rumah.

Apa itu Rumah Tusuk Sate

rumah tusuk sate
(Warta Bromo)

Rumah tusuk sate pada umumnya sama seperti rumah lain. Tidak ada yang berbeda dari segi bangunan, fungsi, atau hal lain. Namun yang membedakan hanyalah letaknya yang berada di ujung jalan. Menurut aliran feng shui, rumah seperti ini menerima energi yang besar sekali dari arah depan. 

Hal ini bisa menjadi sangat berbahaya bagi penghuni rumah. Misalnya saja ketika dari arah depan ada kendaraan yang melaju dengan cepat, bisa jadi akan tertabrak. Kejadian ini sudah sering terjadi sehingga inilah yang menyebabkan banyak orang enggan membeli rumah ini. Jika dijual pun, biasanya harga rumah akan rendah dibandingkan dengan rumah-rumah lain di sekitar. 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Rumah Kopel

Mitos dan Fakta Rumah Tusuk Sate

rumah tusuk sate
(Interior Design)

Sebagai hunian yang lokasinya sedikit berbeda dan unik, menyebabkan rumah tusuk sate sering dikaitkan dengan hal-hal klenik dan sial. Hal ini menyebabkan banyak mitos bermunculan mengenai rumah ini dan sering kali menjadi tema film horor atau sekadar berita showbiz di internet. 

Penghuni Rumah Lebih Mudah Jatuh Sakit

Faktanya, karena lokasi dari rumah ini yang berada di ujung jalan, dan sering dilewati oleh kendaraan maka debu akan menghinggapi rumah tersebut. Memang umumnya semua rumah yang dekat dengan jalan akan rentan kotor karena debu, namun karena rumah tersebut tidak mempunyai batas dengan jalan potensi terpapar debu lebih tinggi. Hal ini yang bisa memicu penghuni rumah sakit. Solusinya adalah penghuni rumah bisa menanam banyak tanaman di area taman, menghidupkan air purifier, dan membersihkan rumah setiap hari. Selain itu kamu bisa menempatkan ventilasi udara yang tidak langsung menghadap jalan utama dan lain-lain.

Penghuni Rawan Mengalami Kecelakaan

Faktanya, posisi rumah akan langsung menghadap jalan yang dilalui kendaraan. Dari arah depan, kendaraan bisa saja melaju kencang. Hal inilah yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Solusinya adalah, kamu bisa memasang pagar di bagian rumah yang menghadap ke jalan. Kamu juga bisa memindahkan pintu utama ke arah samping. Kamu juga bisa memastikan ruang tidur harus berada di bagian samping atau belakang. Area yang menghadap ke jalan bisa kamu fungsikan sebagai taman atau gudang. 

Menyebabkan Keluarga Tidak Harmonis

Faktanya, rumah jenis ini akan langsung menghadap sinar matahari di siang hari. Hal ini menyebabkan adanya penyimpanan suhu panas di area rumah pada siang hari, sehingga di malam hari rumah akan terasa gerah. Kondisi panas ini akan menyebabkan penghuni rumah mudah emosi. Solusinya, kamu bisa memasang pendingin ruangan untuk menurunkan suhu panas di sekitar rumah. Selain itu kamu juga bisa meletakkan banyak tanaman di dalam ruangan agar suhu tubuh lebih sejuk. Usahakan juga untuk memasang ventilasi udara agar aliran udara tetap baik.

Baca juga: Apa Itu Rumah Tunggal?

Berpotensi Mengundang Perhatian Makhluk Halus

Faktanya, anggapan atau mitos ini muncul karena seringnya kita melihat film dan cerita yang mengumbar angkernya rumah tersebut. Sugesti yang muncul di otak bisa memicu ketakutan tersendiri. Jadi pastikan kamu mempunyai perspektif dan impresi positif dulu sebelum melakukan viewing.

Susah Dapat Rejeki

Menimbang berbagai resiko yang memang harus ditanggung saat membeli rumah model ini, memang akan ada dana tambahan yang harus dikeluarkan demi memperbaiki kekurangan yang dimiliki oleh rumah tersebut. Tapi, coba deh dipikirkan kembali.

Rumah tusuk sate biasanya memiliki harga yang jauh lebih rendah. Nah, bisa dibilang kita untung, karena bisa memiliki rumah dengan luas dan fasilitas yang sama dengan harga yang lebih murah.

Hal yang perlu kita lakukan juga sebelum membelinya adalah memperhitungkan biaya yang harus dikeluarkan untuk menutupi berbagai kekurangan dan resiko yang ada. Jangan lupa, pilihlah rumah yang memiliki kondisi lingkungan yang baik.

Hal yang membedakan Rumah Tusuk Sate dengan Rumah Lain

(Pexels)

Umumnya, rumah ini sama dengan rumah lain. Namun ada beberapa hal yang membedakan antara keduanya. Misalnya saja paparan debu dan kotoran. Hal ini mengharuskan kamu untuk lebih intens membersihkan rumah. Jika ada dana lebih kamu bisa membeli alat-alat pembersih ruangan seperti air purifier untuk menetralkan udara di ruangan. 

Keuntungan

Rumah dengan bentuk seperti tusuk sate cocok digunakan sebagai lokasi toko, ruko, atau outlet bisnis. Hal ini karena lokasinya yang strategis dan bisa langsung menarik perhatian siapa saja yang melewati jalan tersebut. Jadi tidak selamanya rumah ini dianggap sial ya Pins. Namun untuk mengantisipasi kecelakaan, kamu bisa menambah ketinggian bangunan lebih tinggi dari bangunan sekitar. Tujuannya agar melindungi area toko dari kemungkinan yang tidak diinginkan. 

Dilihat dari sisi bentuk bangunannya, arsitektur rumah tusuk sate memungkinkan lebih banyak angin masuk ke dalam rumah, Pins. Sebenarnya, ini bisa dihitung sebagai keuntungan untukmu karena dapat menciptakan sirkulasi udara alami, Pins pun dapat menghemat penggunaan AC di dalam rumah.

Namun, sejalan dengan banyaknya angin yang masuk ke dalam rumah, maka akan semakin banyak pula debu yang ikut masuk ke dalam rumah. Hal ini mengakibatkan rumah akan lebih rentan kotor, lebih mudah berdebu, keduanya tentu dapat mempengaruhi kesehatan keluarga yang tinggal di dalamnya.

Untuk mengantisipasi hal ini, tidak ada salahnya loh untuk menginvestasikan uangmu untuk pembuatan taman ataupun parkiran mobil di depan rumah. Dengan cara ini, debu tidak langsung masuk ke dalam rumah. Mengganti pintu yang menghadap jalan dengan model geser ataupun memposisikan pintu gerbang menjadi agak menyerong dinilai dapat meminimalisir potensi masuknya debu ke dalam rumah, Pins.

Baca juga: Cara Membuat Bedeng Pekerja 1 m2

Cara Merawat dan Mengatasi Rumah Tusuk Sate

Rumah tusuk sate bukan berarti tidak dapat dihuni, ya! Untuk merawat rumah yang membentuk tusuk sate, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut. Yuk dicek informasi selengkapnya.

Pastikan Kondisi Lingkungan Sekitar

Kondisi lingkungan yang kondusif secara langsung mempengaruhi keadaan Pins di dalam rumah ke depannya. Tak ada salahnya untuk segera memeriksa kualitas dan keseluruhan kondisi lokasi rumah yang menjadi incaran Pins.

Ingat sekecil apapun kekurangan dan kecacatan yang dimiliki oleh rumah tersebut, Pins harus mempertimbangkan bersama-sama. Jangan sampai Pins merasa rugi di kemudian hari. Pastikan kondisi bangunan rumah masih terbilang baru, dalam kondisi baik dan kuat, aman dan cukup kondusif ditinggali, baik seorang diri maupun bersama dengan orang lain.

Beri Perhatian Khusus pada Desain Rumah Tusuk Sate

Desain, berbagai furniture yang dipakai hingga dekorasi rumah yang terpajang akan sangat mempengaruhi faktor kenyamanan dan keamanan para penghuninya. Untuk feng shui rumah tusuk sate sendiri menyarankan agar bangunan rumah lebih tinggi daripada jalan di depannya, kira – kira 1,5 meter bedanya. 

Hal ini diklaim dapat membuat aliran Chi yang kuat dari rumah tusuk sate menabrak tanah dan tidak menjadi gangguan bagi penghuni rumah. Akan lebih baik lagi jika posisi jalan yang menuju rumah tusuk sate berupa jalanan menanjak, secara feng shui rumah tersebut jadi lebih aman.

Rumah Bentuk Segitiga dan Bulat Jauh Lebih Baik

Tahukah kamu, menurut ilmu Feng Shui, bentuk keseluruhan bangunan dari lokasi tusuk sate sangat mempengaruhi aliran energi yang masuk ke dalam rumah loh. Jika Pins ingin menghindari energi negatif, sebaiknya Pins merenovasinya menjadi bentuk segitiga ataupun bulat. Tentu saja, ada baiknya Pins menyesuaikannya dengan kekuatan dana yang Pins punya ya.

Beri Perhatian Lebih Pada Posisi Kamar

Tidak hanya posisi pintu dan pagar, posisi kamar juga harus diperhatikan ya. Bukan hanya soal memilih kasur berkualitas, Pins harus memilih kamar yang tidak berada di bagian terdepan. Usahakan posisi kamar di bagian dalam rumah serta bagian tengah rumah jangan dijadikan kamar utama dan kamar pembantu. Letak pintu kamar pun sebaiknya diatur agar terletak di sisi kanan dan kiri rumah.

Hitung Angka KUA

Menurut ilmu Feng Shui, setiap orang memiliki peruntungan baik tersendiri tergantung dengan angka KUA yang dimilikinya. Angka KUA sendiri terbagi menjadi 3, ada angka KUA dengan kadar kuat (2, 5, 9), KUA dengan kadar sedang (3, 4,7) dan angka dengan kadar lemah (1, 6, 8). Penghuni yang memiliki KUA kuat dianjurkan untuk tinggal di rumah tusuk sate sedangkan KUA sedang dan buruk tergantung hoki yang dimiliki.

Tidak tahu cara menghitung KUA? Gampang kok.

Untuk laki – laki, angka 100 dikurangi dua angka terakhir tahun kelahiran kemudian dibagi 9. Hasil dari perhitungan inilah yang akan menjadi angka KUA kamu. Untuk wanita, dua angka terakhir dari tahun kelahiran, dikurangi empat baru dibagi 9.

Bila hasil KUA Pins masuk dalam kategori lemah namun kamu masih ingin tinggal di rumah tusuk sate, maka sebaiknya kamu menyiasatinya dengan memperlambat aliran Chi dengan cara menutupi akses masuk rumah dengan menanam pohon yang besar dan rimbun.

Pasang Cermin Cekung atau Cembung

Dalam pengaturan rumah tusuk sate, ilmu feng shui mempunyai aturan tata ruang dan lokasinya sendiri. Salah satunya dengan memasang cermin cembung ataupun cermin cekung di dalam rumah, keduanya dapat menolak bala dan mengurangi energi negatif dalam rumahmu.

Nah itu saja Pins informasi mengenai rumah yang membentuk tusuk sate. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi kamu ya. 

Baca juga: Apa Itu Rumah Prefab?


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. Dapatkan juga penawaran rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.