BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Pilihan Bahan Pintu Kantor & Kelebihannya
0
0

9 Pilihan Bahan Pintu Kantor & Kelebihannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pintu kantor merupakan unsur penting dalam interior bangunan. Fungsi utamanya adalah penghubung antar ruangan atau sekat serta menjaga privasi karyawan. Selain modelnya Pins juga perlu memperhatikan bahan pintu itu sendiri.

Pemilihan material yang tepat akan meningkatkan ketahanan pintu kantor. Adapun beberapa pilihannya bisa Pins simak sebagai berikut lengkap dengan kelebihan material masing-masing.

Pintu Kaca

pintu kantor utama dari kaca transparan
Unsplash

Jenis pintu kaca ada yang frosted, mirror, clear, stained,tinted glass hingga kaca lamilux. Perbedaannya berada pada tingkat transparansi kaca tersebut. Semakin bening dan tembus pandang maka tingkat privasi akan semakin menurun.

Untuk pintu kantor menuju lobby biasanya memakai clear glass yakni tipe kaca bening. Baik orang luar maupun yang ada di dalam bisa melihat penampakan bagian indoor atau outdoor kantor.

Tipe stained glass berupa kaca patri dengan desain mozaik. Penempatannya sering dipakai untuk pintu ruang rapat. Adapun model pintu kaca bisa folding doors, sliding door maupun frameless.

Bahan kaca membuat ruangan terasa lebih eksklusif dan futuristik. Tak jarang dikombinasikan pula dengan material lain seperti kayu agar terkesan lebih kokoh.

Baca juga :

Fiberglass

Unsplash

Dari ketahanannya pintu fiberglass memang lebih unggul. Penempatannya sering dipakai sebagai pintu utama digabungkan dengan panel kayu. Kelebihan fiberglass adalah anti penyok jika Pins bandingkan dengan baja atau aluminum.

Pintu fiberglass jarang dicat karena mudah luntur sebab tidak memiliki pori-pori. Walaupun begitu fiberglass tahan akan berbagai iklim dan cuaca. Bobotnya ringan namun tetap kuat.

Fiberglass memiliki sifat hemat energi sebab mampu menjaga keseimbangan suhu. Material ini bisa membantu Pins menciptakan kantor ramah lingkungan meskipun bangunan tidak memiliki konsep green building.

Panel

Pexels

Jenis pintu ini lumayan umum dipakai di Indonesia. Pintunya terdiri atas kayu dan panel MDF / medium density fiber. Bentuk dan desain bervariasi dengan ragam ukuran yang berbeda-beda.

Dari segi harga sangat terjangkau dan memiliki fleksibilitas desain. Panelnya sering pula memakai bahan kaca.

Barn Door

pintu kantor jenis barn door yang klasik untuk ruang tunggu
Unsplash

Barn door disebut juga sebagai pintu plipit dan tergolong model klasik. Pintu plipit merupakan kerangka kayu dengan penutup papan yang tersusun vertikal. Bagian pintu memiliki rangka horizontal pada area atas, tengah dan bawah.

Sementara rangka vertikal berada di sisi engsel sebagai rangka penggantung. Rangka vertikal di sisi seberang berguna untuk rangka penutup. Pintu plipit sering dipakai pada gudang, kamar mandi hingga pintu belakang.

Jika ditempatkan di kamar mandi maka akan dilapisi oleh seng agar tahan air. Struktur pintunya terbuka dan terlihat namun rentan akan pelapukan. Walaupun demikian material pintu plipit tergolong murah dibandingkan jenis bahan lainnya.

Pintu Aluminium

pintu kantor dari alluminium dengan jendela kaca
Unsplash

Bahan aluminium sering dipakai dalam konstruksi bangunan. Kelebihannya adalah tidak disukai rayap dan tahan akan kondisi iklim di negara tropis. Desain pintunya kurang cocok untuk pintu utama.

Biasanya dipakai untuk akses kamar mandi dan bentuk pintu siku tanpa ukiran. Pintu aluminium juga tanpa pewarnaan khusus sehingga memiliki warna alami berupa chrome.

Daya tahannya kuat dengan bobot yang ringan. Pemasangan mudah serta tidak memakan waktu lama. Pintu aluminum tidak disarankan untuk pintu yang menghadap ke luar ruangan.

Alasannya aluminium mudah teroksidasi karena terkena asam air hujan. Sebaiknya tempatkan pintu aluminium untuk akses ruangan indoor.

Baca juga :

Pintu Baja

pintu kantor dari baja untuk kantor industrial
Pexels

Ada pula pintu baja yang terkenal akan ketahanannya dari cuaca panas dan rayap. Kerangka pintu bisa dipasang peredam suara seperti karton yang dipress. 

Tipe pintu baja yang beredar ada yang single door atau double door. Jenis pintu ini sering pula untuk pintu emergensi.

Flush Door

Pexels

Pintu flush merupakan gabungan kerangka particle board yang dilapisi dengan triplek setebal 3 mm. Bagian luar akan dilapisi kembali dengan cat duco/veneer/HPL.

Pintu tergolong ringan karena bagian tengahnya kosong. Area kosong ini tak jarang diisi dengan gabus atau kertas honeycomb. Model dan desain pintu cenderung polos yang menitikberatkan pada fungsi ketimbang gaya.

Pilihan finishing pintu flush cukup beragam mulai dari HDF, melamin dan sebagainya. Pintu ini hanya cocok untuk interior saja karena tidak mampu meredam suara dengan baik.

PVC /uPVC

pintu kantor kamar mandi dari bahan PVC
Unsplash

PVC merupakan singkatan dari poly vinyl chloride yakni bahan plastik pada tangki air atau pipa. Umumnya pintu jenis ini dipakai pada pintu kamar mandi sebab mudah dibersihkan.

Corak warna dan motif bervariasi serta tahan akan kelembaban. Ada pula jenis uPVC yakni unplasticized polyvinyl chloride yaitu jenis PVC kaku dan kuat. Bahannya tidak terbuat dari plastik sehingga lebih ramah lingkungan.

Walaupun kaku namun uPVC masih bisa dibentuk. Bobotnya lebih berat dibandingkan PVC dan aluminium. Dalam pemasangannya membutuhkan tenaga ahli dan cocok untuk bangunan dengan tingkat presisi tinggi.

Baca juga : 6 Rekomendasi Wallpaper Kantor Yang Terkesan Profesional

Pintu Kantor HPL

Unsplash

HPL atau high pressure laminate merupakan bahan pelapis buatan dari kayu olahan. Bahan dasarnya berupa polimer yang melalui penekanan laminasi tinggi. HPL tidak bisa dicat ulang namun memiliki kesan modern.

Bahannya anti gores dan tahan panas sehingga awet digunakan dalam jangka waktu lama. Bobotnya ringan dan cocok untuk bangunan di daerah rawan gempa.

Pintu kantor ada yang terbuat dari kaca, baja bahkan PVC. Setiap bahannya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Materialnya mempengaruhi penempatan pintu tersebut.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image : Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download