BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Alasan Kenapa Karpet Kantor Sebaiknya Model Tile
0
0

8 Alasan Kenapa Karpet Kantor Sebaiknya Model Tile

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Fungsi karpet kantor tidak hanya sebagai estetika saja. Dengan menggunakan lantai karpet maka mampu meredam suara kursi bergeser dengan baik. Apalagi jika lahan cenderung terbatas maka sangat dianjurkan menggunakan karpet tile.

Tujuannya agar tidak mengganggu karyawan dalam berkonsentrasi ketika bekerja. Ada alasan lainnya yang mendukung Pins untuk memakai karpet model tile sebagai alas lantai seperti dibawah ini !

Mudah Dikreasikan

Source : Pxhere

Ukuran karpet tile berkisar 50 x 50 cm dengan bentuk mirip potongan keramik. Pins dapat menyusun potongan karpet tile sesuai selera. Khususnya karpet dengan motif tertentu dapat membentuk pola yang disesuaikan dengan keinginan hati.

Jika bosan dengan model motif tersebut tinggal diubah susunannya saja. Karpet tile yang disusun dari potongan kecil dapat diletakan di pintu masuk kantor maupun ruangan rapat.

Tampilannya yang unik mampu menjadi pusat perhatian. Selain itu karpet membantu menghangatkan lantai tanpa Pins perlu memakai pemanas ruangan. Cocok pula membangun ruangan yang elegan namun tetap atraktif dari segi desain interiornya.

Baca juga : Cara Memilih Meja Resepsionis Ergonomis Untuk Kantor

Pemasangan Sederhana

Source : Amazon

Pemasangannya tidak rumit hanya butuh penyesuaian bentuk ruangan. Jika ruangan berbentuk persegi maka tinggal pilih karpet dengan ukuran serupa. Macam ukuran karpet tile ada yang 500 x 500 , 250 x 750 hingga 250 x 1000.

Untuk permukaan lantai beton harus melalui screed agar lantai dan acian halus serta datar. Jika karpet tile digunakan untuk area basement maka harus dipastikan tidak ada kelembaban pada permukaan lantai.

Lokasi dipasangnya karpet harus bersih serta kering. Keluarkan furniture terlebih dulu baru pasang karpet. Ukuran karpet disesuaikan dengan luas ruangan tersebut.  Pins dapat menambah maupun mengurangi potongan karpet jika ingin menghemat budget.

Ragam Variasi

Source : Pxhere

Karpetnya sendiri jika dilihat dari material sangat beragam. Bahanya terbuat dari bahan wol, nilon, hingga polypropylene. Apabila dibedakan dari metode konstruksinya ada yang jenis loop, shaggy dan cut pile.

Motifnya tidak terbatas pada pola sederhana saja namun juga motif rumit. Misalnya motif geometri hingga abstrak yang tergabung dalam beberapa warna. Penggunaan karpet tile dengan warna tertentu memberikan efek psikologis.

Warna kuning, biru, hijau bahkan merah mampu meningkatkan konsentrasi. Warna abu-abu, krem dan merah muda mampu meningkatkan produktivitas kerja. 

Semangat dan konsentrasi karyawan meningkat yang dapat didongkrak dari pemakaian warna karpet tile.

Baca juga :

Perawatan Mudah

Source : Pxhere

Keunggulan lainnya adalah perawatannya yang mudah. Pins dapat memakai penyedot debu untuk mengangkat debu menempel pada karpet. Bahan karpet yang lembut mudah sekali menyerap debu.

Kotoran dapat bersembunyi di celah-celah karpet tersebut. Saat dibiarkan bertumpuk maka akan membuat warna karpet semakin kusam dan tidak enak dipandang.

Vacuum cleaner mampu menyedot kotoran hingga ke area tersempit sekalipun. Ganti karpet yang rusak dengan potongan yang baru agar estetikanya tetap terjaga. 

Jangan lupa untuk mencuci karpet secara berkala guna menghindari bakteri dan virus. Dalam mencuci karpet ini bisa mengandalkan campuran sabun dan air agar noda bandel terangkat sempurna.

Keunggulan karpet tile dibandingkan jenis lainnya adalah ukurannya yang kecil. Pins dapat mencuci bagian yang paling kotor tanpa harus mencuci keseluruhan karpet. Ukuran karpet yang besar tak jarang menyulitkan saat harus dicuci.

Hindari memakai pemutih ketika mencuci karpet tile. Pemutih mampu memudarkan warna dan bahan menjadi rentan rusak.

Tahan Lama

Source : Pxhere

Bahan tile ada yang dari rug sehingga lebih tahan lama dibandingkan karpet lainnya. Karpet ini mampu bertahan hingga 14-17 tahun lamanya. Apalagi jika mendapatkan perawatan yang tepat.

Bahanya sendiri bukan material yang sembarangan sehingga andal dalam hal ketahanan. Saat membeli karpet tile pertimbangkan harga yang cukup tinggi. Harga tentu mempengaruhi rug yang digunakan pada karpet tersebut.

Baca juga : Karakteristik Desain Kantor Industrial Favorit Milenial

Anti Licin

Source : Pxhere

Karpet biasanya akan terasa licin sehingga mudah bergeser. Hal tersebut tidak akan Pins temukan pada karpet tile.

Lapisan bawahnya memiliki karet yang bertujuan mencegah karpet bergeser. Karpet tidak licin ketika diinjak. Pins dapat menggunakannya di fasilitas umum seperti sekolah maupun gedung pemerintahan.

Peredam Terbaik

Source : Pxhere

Kantor biasa diisi oleh banyak orang dalam satu area saja. Suara dari orang berjalan saja sudah mampu membuat kegaduhan. Untuk menjaga suasana tenang maka Pins dapat memakai karpet tile ini.

Teksturnya lembut dan hangat membuat siapa saja nyaman menginjaknya. Gedung perkantoran yang ramai orangpun cocok memakainya sebagai peredam. 

Apalagi jika gedung memiliki beberapa lantai dengan dinding yang tipis. Suara sepatu yang bergesekan bisa mengganggu konsentrasi karyawan di sekitarnya.

Aman Bagi Karyawan Wanita

Source : Pxhere

Alasan terakhir kenapa karpet tile perlu ada di kantor adalah aman untuk karyawan wanita. Wanita karier kerap memakai high heels dengan tumpuan runcing. Adanya karpet tile dapat meminimalisir resiko slip.

Sepatu wedges atau high heels dapat nyaman berjalan di karpet tile. Bahannya tidak membuat sepatu mudah tergores atau bergeser ketika dipijak. Resiko cedera saat kecelakaan kerja juga dapat berkurang.

Karpet tile merupakan alas dalam bentuk potongan kecil. Karpet kantor ini memiliki banyak variasi motif yang dapat disesuaikan polanya sesuai kebutuhan. Perawatannya mudah serta mampu bertahan hingga lebih dari satu dekade.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download