BlogPemilik PropertiDesain HunianSimak Ciri Interior Rumah Kantor Ala Japandi 
0
0

Simak Ciri Interior Rumah Kantor Ala Japandi 

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Konsep Japandi sering dijadikan solusi interior rumah kantor. Ruangan terasa hangat dan lapang meskipun digunakan sebagai ruang kerja. Tak heran bila konsep ini menjadi favorit banyak orang.

Selain itu ciri dari Japandi adalah terlihat rapi sekaligus estetik. Ciri lainnya bisa Pins simak dibawah ini berikut pula dengan informasi singkat terkait konsep Japandi.

Mengenal Interior Japandi

Source : Freepik

Japandi adalah gabungan dari gaya interior Scandinavian dan Japanese. Model interior ini muncul sejak 2017 dengan menonjolkan sisi minimalis. Ada gaya desain Japandi dengan mengusung konsep Wasabi-sabi.

Maksnya sendiri menghargai keindahan dalam ketidaksempurnaan. Konsep ini memakai metode Konmari untuk menata ruangan. 

Ada pula Japandi dengan konsep Lagom yang maknanya keseimbangan hidup. Konsep ini adalah kunci dari kebahagiaan hidup orang Swedia. Konsep ini dalam Scandinavian artinya tidak kurang maupun tidak berlebihan.

Japandi mengutamakan fungsionalitas, kesederhanaan dan esensialisme. Ruangan yang diciptakannya minimalis, luas, terang dan bersih. Japandi adalah interior yang memadukan budaya barat dan timur.

Baca juga :

Ciri Interior Rumah Kantor Japandi

Japandi sangat cocok untuk kantor yang dibangun pada area perumahan. Cocok untuk lahan kantor yang terbatas. Adanya gaya Japandi akan menciptakan ilusi ruangan jauh lebih luas.

Furniture Simpel

Source : Freepik

Perabotan yang digunakan cenderung minimalis namun fungsional. Bentuknya sederhana tanpa memakai banyak dekorasi. Dengan begitu bisa menghemat ruangan sempit secara maksimal.

Bahan furniture didominasi material kayu dan beton. Tak jarang memadukan konsep industrial karena condong mengekspos material atau unfinished. Bahan beton digunakan untuk lantai dan dindingnya.

Sementara kayu untuk kursi dan meja kerja. Tak jarang dipakai untuk wall panel hingga pintu dan jendela. Desain furniture memanfaatkan garis tegas dan bentuk yang simetris.

Japandi tak jarang memanfaatkan perabot tak bersudut. Contohnya saja coffee table dengan bentuk bundar maupun kursi berkaki jenjang. Keunggulannya desain perabotan lebih ramping sehingga ruangan terasa lapang.

Skylight Untuk Pencahayaan Tambahan

Source : Pexels

Pencahayaan interior Japandi mengarah ke penerangan alami. Pemakaian jendela kaca besar menjadi sumber pencahayaan saat siang hari. Selain itu ada cahaya tambahan dari skylight.

Skylight memaksimalkan cahaya dari bagian atap. Desainnya mengekspos material kayu di area atap. Cahaya matahari akan masuk dari sela-sela kayu tersebut dan bayangan yang dihasilkan elegan.

Skylight dapat berada di area dapur kantor maupun ruang makan karyawan. Konsep ruang terbuka ini cocok untuk menenangkan pikiran ketika jam istirahat sehingga membangkitkan semangat kerja setelahnya.

Pemakaian Warna Pastel

Source : Freepik

Interior kantor Japandi mengandalkan warna kalem seperti pastel. Warna dapat ditonjolkan dari fasad bangunan, furniture hingga cat dinding ruang kerja. Warna putih identik dengan Japandi.

Umumnya sebagai warna utama disusul dengan warna sekunder lainnya sebagai aksen. Warna pastel yang cerah seperti dusty pink, cream, mint, light sand, coral dan lainnya.

Warna pastel menciptakan suasana manis dan menyegarkan. Hal ini dapat memicu kreatifitas yang berbanding lurus dengan produktivitas. Apalagi warna pastel sangat cocok dan seimbang dikombinasikan dengan material kayu.

Tanaman Indoor

Source : freepik

Interior kantor diperkaya dengan tanaman indoor yang memancarkan keasrian ruangan. Nuansa alami dengan tanaman dapat membuat dekorasi ruangan menarik dan tidak berlebihan.

Pins dapat memadukan tanaman gantung atau merambat di rak dinding. Beberapa tanaman hias yang cocok untuk meja kerja diantaranya adalah kaktus, sirih gading, spider plant, lidah buaya hingga ZZ plant.

Tanaman tersebut tidak membutuhkan perawatan khusus. Selain itu walau diletakkan dalam ruangan bisa tetap tumbuh subur. Fungsi tanaman juga sebagai pembersih udara kotor serta menghasilkan oksigen.

Baca juga :

Mini Pantry

Source : Freepik

Rumah kantor bisa dibuat dekat dengan dapur atau mini pantry. Tujuannya jika saat bekerja butuh minuman tak perlu jauh-jauh berjalan. Mini pantry dapat diandalkan saat ingin menyeduh kopi panas.

Apabila lahan tidak terlalu besar maka gunakan kabinet atau rak dinding. Lemari dinding dapat mengakali lahan terbatas serta dipakai untuk menyimpan alat makan dan memasak.

Pins bisa membuat rak terbuka atau extension untuk penyimpanan tambahan. Rak gantung juga dapat menjadi solusi untuk dapur kantor yang sempit. 

Hiasan Dinding Estetik

Source : Freepik

Pada dasarnya gaya Japandi tidak terlalu memiliki dekorasi. Interiornya memang tidak neko-neko namun bisa pula dikombinasikan dengan hiasan dinding estetik. 

Contohnya pemasangan alat musik gitar sebagai hiasan dinding tampak seperti kantor yang homey. Selain itu dapat pula dinding dihiasi dengan sticker wall maupun lukisan yang mampu meningkatkan semangat.

Dinding dapat didekorasi dengan lukisan maupun foto bersama rekan kerja. Hiasan dari bahan rotan, tanah liat maupun kayu juga menjadi alternatif menciptakan aksen pada area tertentu.

Japandi juga cocok untuk dekorasi dengan material marmer dan warna emas serta satin. Kombinasikan pula dengan indirect lighting pada atap kayu medium-gelap.

Japandi adalah kombinasi dua gaya interior yakni dari timur seperti Japanese dan barat yaitu Scandinavian. Kedua gaya ini mengedepankan kerapian dan kebersihan sehingga cocok untuk rumah kantor.

Perabotan yang dipakai dalam interior rumah kantor multifungsi meskipun desainnya sederhana. Warna dinding didominasi cat terang agar ruangan terasa lebih lapang. Permainan garis digunakan untuk dekorasi serta jendela besar.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download