BlogPemilik PropertiDesain HunianModel & Jenis Pintu Kaca Kantor Serta Plus Minusnya
0
0

Model & Jenis Pintu Kaca Kantor Serta Plus Minusnya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pintu kaca kantor membuat interior ruangan nampak lebih bersih. Pilihan model beragam dan jenisnyapun bisa disesuaikan dengan selera.

Walaupun terbuat dari kaca namun pintu tetap kokoh. Bahannya anti gores dan stylish layaknya pintu dari bahan kayu.

Standar Ukuran Pintu Ideal

Source : Pexels

Pintu kaca banyak dipilih karena lebih ramah lingkungan. Selain itu manfaatnya mampu menghemat pencahayaan. Cahaya matahari bisa leluasa masuk ke dalam ruangan.

Sebelum menyimak lebih jauh tentang jenis dan modelnya Pins perl mengetahui standar ukuran pintu ideal. Bagi pintu utama dengan satu daun standar ukurannya adalah 80 cm x 210 cm.

Ukuran ini tidak termasuk kusen yang umumnya memiliki lebar 6 cm bagi setiap sisinya. Untuk pintu utama dengan dua daun sebaiknya memiliki lebar 90 cm tiap daun dengan tinggi 210 cm.

Ada pula yang membuat ukuran pintu dua daun dengan masing-masing lebar pintu sekitar 65-75 cm. Tingginya dibuat lebih besar yakni 220-240 cm. 

Jenis Pintu Kaca

Jika sudah mengetahui standar ukuran pintu ideal selanjutnya kenali jenis pintu kaca. Ada beberapa pilihan jenis pintu kaca dilihat dari tingkat transparansi dan bahan kaca yang dipakai diantaranya adalah :

Frosted Glass

Source : Pexels

Kaca ini sering pula dikenal sebagai kaca es dengan permukaan yang buram. Bagian dalam pintu kaca cenderung rata sementara luarnya bertekstur. Keunggulannya adalah mampu menjaga privasi karena cenderung buram.

Frosted glass menghalangi pandangan dari luar serta mampu memecah gelombang sinar matahari. Bahan kaca seperti ini juga sering dipasang pada jendela sehingga cahaya matahari tidak menyilaukan mata.

Baca juga :

Kaca Lamilux

Source : www.daedalianglassstudios.com

Proses pembentukan kaca ini adalah hasil proses laminated dengan teknologi EVA. Kaca dekorasi seperti ini bisa menambah estetika ruangan karena teksturnya yang unik.

Keunggulannya adalah anti air sehingga sering dipakai untuk sekat kamar mandi. Ruangan terasa lebih elegan dan mewah karena teksturnya yang mirip dengan serat kain.

Tempered Glass

Source : Pexels

Kaca laminasi dengan kaca tempered adalah dua jenis kaca yang berbeda. Kaca tempered terkenal anti gores dan ketika pecah teksturnya kecil dan tumpul. 

Akibatnya kaca tempered lebih aman bagi penggunanya karena pecahannya tidak berbahaya. Ketahananya kuat dan dibuat dari lembaran kaca polos panas yang secara mendadak didinginkan.

Kaca tempered sering dipakai untuk dinding lift, ekskalator bahkan lantai balkon. Ada pula yang memakainya sebagai pembatas  atau pegangan tangan.

Clear Glass

Source : Pexels

Kaca dengan transparan tinggi biasa dipakai untuk pintu utama kantor ataupun ruang rapat. Ada pula yang menyebutnya sebagai float glass ataupun crystal glass

Cocok pula sebagai kaca jendela, perabotan seperti meja, aquarium maupun hiasan dinding. Bila semakin besar benda yang dibangun dari bahan ini maka kaca bening yang dipakai harus lebih tebal.

Tinted Glass

Source : Pexels

Material kaca ini memiliki tampilan warna yang timbul karena campuran logam. Visual kaca ini beragam bisa menampilkan warna abu-abu, biru kehijauan, hitam, biru gelap hingga tembaga.

Tingkat kegelapan kaca yang disediakan memberikan manfaat untuk menjaga privasi dalam ruangan. Kelebihannya adalah mampu menahan panas dengan baik sehingga ruangan tetap sejuk walaupun matahari sedang terik.

Jika kacanya semakin tebal maka akan menghadilkan warna yang semakin gelap. Umumnya dipakai untuk eksterior bangunan maupun dinding gedung pencakar langit.

Mirror Glass

Source : Pexels

Mirror glass adalah jenis kaca reflektif yang hanya transparan dari satu sisi saja. Kaca ini dibuat dari lapisan pemantul yang terdiri atas oksida logam. Ada lapisan coating yang dapat dipasang pada kaca bening maupun kaca warna.

Keistimewaannya adalah bangunan terlihat lebih mewah. Cahaya yang mengenai kacanya akan memantul sehingga ruangan tetap sejuk.

Stained Glass

Source : Pexels

Satu lagi kaca bermotif yakni stained glass atau kaca patri. Umumnya dipakai untuk bangunan kerajaan atau keraton. Di Eropa kaca patri sering dipakai untuk bangunan gereja.

Coraknya beragam mulai dari mozaik bahkan lukisan impresionisme maupun abstrak seperti kubisme. Ukurannya ada yang kecil bahkan berdimensi raksasa sehingga biasa untuk hiasan plafon.

Model Pintu Kaca

Source : Pexels

Model pintu kaca umumnya ada tiga kategori yakni frameless, folding doors dan sliding door. Berikut informasi selengkapnya terkait model pintu kaca tersebut :

Sliding Doors

Pintu model geser seperti ini dapat dioperasikan manual maupun otomatis. Jika pengoperasiannya otomatis maka akan mendeteksi objek ketika hendak masuk gedung.

Model pintu kaca otomatis sering ditemukan pada mall, hotel hingga rumah sakit. Pintu dilengkapi dengan sensor inframerah yang dapat mendeteksi dengan tepat.

Folding Doors

Model pintu ini adalah bukaannya dengan cara dilipat. Keunggulannya adalah bukaan sangat lebar sehingga bisa dilewati banyak orang dalam sekali waktu.

Model pintu ini cocok untuk konsep minimalis atau Skandinavian. Desain pintu seperti ini hanya bisa diterapkan pada ruangan yang luas.

Frameless

Model pintu kaca frameless memiliki bentuk seperti bingkai foto. Bagian tepian bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan seperti aluminium maupun kayu. 

Ada yang model bukaannya swing engsel dan biasa diaplikasikan ke pintu kaca shower. Minimal tebalnya adalah 12 mm dengan engsel tanam di bagian bawah.

Pintu kaca kantor harus dibersihkan secara berkala. Apalagi jika tingkat transparansinya tinggi maka bila ada noda akan terlihat jelas.

Baca juga : Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download