BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Furniture Kantor Untuk Menunjang Kinerja Dan Produktivitas
0
0

10 Furniture Kantor Untuk Menunjang Kinerja Dan Produktivitas

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika dan Diperbarui oleh Mustika

Mei 2, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Furniture kantor sangat penting untuk menunjang produktivitas kerja yang lebih maksimal. Perabot kantor memiliki banyak macam dan sangat berperan dalam mendukung kinerja staf. Tanpa adanya perlengkapan yang lengkap, staf tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Bukan hanya sekadar menyediakan meja dan laptop, kantor yang baik harus mengutamakan kenyamanan ruang kerja. Apalagi, sebagian besar waktu  karyawan akan dihabiskan di kantor. Kinerja karyawan diharapkan lebih efektif dan efisien jika kantor menyediakan sejumlah peralatan yang memadai.

Selain memilah apa saja barang yang paling dibutuhkan untuk kantor, tata letak furniture di dalam ruang kerja juga harus diperhatikan. Nah, kali ini kami akan membagikan sejumlah rekomendasi furniture kantor yang wajib kamu miliki.

10 Furniture Kantor Untuk Menunjang Kinerja Dan Produktivitas

Berikut beberapa perabot kantor yang sebaiknya tersedia tercapainya kelancaran kerja. Apa saja macam-macamnya? Simak baik-baik, ya!

Meja Kantor

Source : Pinterest

Jenis meja kantor cukup beragam, mulai dari meja untuk rapat, staf, hingga meja direksi. Meskipun bentuknya jelas berbeda sesuai kebutuhan, pastikan meja yang dipilih dapat menampung perlengkapan kantor lainnya seperti laptop, buku, hingga berkas kantor.

Kursi Kerja

Source : Pinterest

Kursi kantor mempunyai desain yang beragam. Kamu bisa menyesuaikan sesuai bujet dan kebutuhan. Pilih kursi dengan ketinggian yang pas guna menciptakan jarak ideal antara mata dan layar monitor.

Selain itu, pastikan kursi mempunyai bantalan yang empuk untuk memberikan kenyamanan saat duduk dalam waktu lama.

Rak Buku

Source : Pinterest

Dokumen yang berserakan di atas meja tentu tidak enak dipandang. Oleh karena itu, gunakan rak buku untuk menyimpan dokumen. Masukkan dokumen ke dalam file khusus agar lebih rapi. Kemudian, susun setiap dokumen tersebut dengan rapi agar mudah ditemukan.

Kabinet

Source : Pinterest

Furniture kantor selanjutnya yang paling dibutuhkan adalah kabinet. Sama seperti rak buku, kabinet memiliki fungsi untuk menyimpan dokumen kerja. Namun, kabinet dilengkapi dengan pintu atau laci untuk melindungi berkas yang bersifat penting.

Selain untuk menyimpan dokumen penting, kamu juga bisa menyimpan peralatan kantor lainnya di dalam kabinet, seperti spidol, pulpen, dan sticky notes.

Lemari Kantor

Source : Jiji

Lemari kantor tidak hanya berfungsi menyimpan berkas dan dokumen tahunan, melainkan juga untuk meletakkan peralatan dengan ukuran agak besar.

Untuk bentuknya, terdapat desain full coverage dan ada yang dilapisi kaca. Umumnya, ukuran lemari kantor cukup besar sehingga bisa memuat isi lebih banyak.

Rotary Filing

Source : Bigdug

Furniture kantor ini merupakan tempat untuk menyimpan berkas yang bisa diputar. Rak berputar ini bentuknya bulat dengan aksen mudah diputar hingga 360 derajat. Fungsi rotary filing sebagai tempat menyimpan bekas agar lebih mudah diambil.

Jenis perabotan ini sangat berguna untuk meletakkan dokumen yang masih sering digunakan sehingga memudahkan pencarian berkas. Pekerja tidak perlu repot untuk buka dan tutup lemari. Cukup dengan menggunakan perabot ini, aktivitas pekerjaan akan lebih efisien.

Papan Progres

Source : Boost

Papan progres di kantor biasanya berbentuk papan tulis biasa. Fungsi papan ini sebagai pencatat progress kinerja, target yang ingin dicapai, informasi karyawan, dan lainnya.

Umumnya, papan ini diletakkan di tempat strategis yang mudah dilihat oleh semua orang. Bentuk papan progres bervariasi, ada yang polos tanpa dan ada pula yang sudah memiliki tabel.

Sofa

Source : Pinterest

Sofa memiliki fungsi yang sama dengan kursi, yakni untuk duduk. Namun, sofa bisa ditujukan untuk  hal berbeda, seperti bersantai selepas beraktivitas atau saat istirahat.

Biasanya sofa banyak ditemukan di lobby kantor atau tempat tunggu. Namun, sofa juga bisa ditempatkan di ruang kerja pimpinan kantor untuk menerima tamu bisnisnya.

Sofa juga bisa menjadi salah satu solusi ketika kondisi penat dengan pekerjaan dan lelah menatap layar komputer. Setidaknya sofa bisa membuatmu nyaman tanpa harus refreshing meninggalkan kantor saat jam belum menunjukkan waktu istirahat.

Lampu Kerja

Source : Pinterest

Meskipun ruang kerja di kantor pasti memiliki lampu utama, penggunaan lampu kerja tetap penting  untuk dipakai. Pasalnya, lampu utama untuk menerangi seluruh ruangan, sedangkan lampu meja  memaksimalkan penerangan di meja khusus bekerja.

Lampu khusus kerja perlu dipakai untuk membuat mata lebih fokus dan mendapat penerangan yang cukup. Kadang kamu tidak sadar bahwa salah satu penyebab mata lelah adalah kurangnya penerangan saat bekerja.

Brankas

Source : Amazon

Furniture kantor yang terakhir adalah brankas yang memiliki fungsi sebagai alat penyimpanan. Namun, brankas memiliki nilai lebih dari segi keamanan, mengingat alat ini memang bertujuan melindungi barang  dengan mekanisme penguncian yang aman.

Brankas biasanya dipakai menyimpan barang berharga seperti uang, sertifikat, surat perjanjian, dan barang penting lainnya. Brankas dilengkapi dengan kunci khusus dan sandi untuk membukanya.

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Karpet Kantor Sebaiknya Model Tile

Itulah beberapa furniture kantor yang sebaiknya tersedia guna menunjang produktivitas. Faktor pemilihan furniture yang utama harus mengacu pada fungsinya terlebih dahulu. Ketika fungsi terpenuhi, baru kamu memikirkan faktor lain seperti segi bahan dan model. Semoga ulasan di atas bisa membantu kamu dalam menemukan furniture kantor terbaik!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download