BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Langkah Sederhana Mewujudkan Kantor Ramah Lingkungan
0
0

10 Langkah Sederhana Mewujudkan Kantor Ramah Lingkungan

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kantor ramah lingkungan semakin berkembang usai krisis energi semakin meresahkan. Arsitektur hijau memberikan keunggulan dalam hal visual yang lebih natural dan efisien dalam pemakaian energi.

Untuk menciptakan kantor yang lebih ramah lingkungan tak hanya mengandalkan arsitektur hijau saja melainkan kerjasama karyawan. Berikut langkah sederhana yang bisa Pins jadikan rujukan.

Go Paperless

Penggunaan teknologi dengan mencetak dokumen secara digital agar kantor ramah lingkungan
Shutterstock

Hal pertama yang bisa Pins lakukan untuk kepedulian lingkungan khususnya di area korporasi adalah go paperless. Ini bisa dimulai dengan menyediakan laporan dalam bentuk digital.

Gunakan tanda tangan digital agar mengurangi pemakaian kertas. Hindari ngeprint terlalu banyak di kantor. Cetak dokumen yang benar-benar perlu tersedia secara fisik saja.

Keunggulan dari go paperless mampu menghemat biaya alat tulis kantor. Dokumen yang tersimpan lebih aman serta mudah dalam membagikannya baik dengan email ataupun cloud

Pins juga tidak membutuhkan ruang penyimpanan maupun lemari. Pengiriman dokumen digital lebih cepat dan bebas biaya jika dibandingkan pengiriman dokumen fisik melalui pos.

Green Building

Contoh kantor ramah lingkungan dengan konsep hijau
Pexels

Selain itu saat mendirikan kantor ada baiknya menerapkan prinsip green building. Bangunan umumnya meminimalkan pemakaian dinding kaca sehingga mengurangi efek rumah kaca.

Bangunan dengan dinding kaca yang banyak tidak akan mampu menahan sinar matahari. Selain itu menghalau udara dari luar untuk masuk. Pemakaian material yang alami lebih diutamakan.

Misalnya saja kayu, bambu hingga batu bata. Kini banyak kantor menganut konsep industrial yang mengekspos material sehingga terlihat unfinished. Konsep arsitektur seperti ini juga condong ke arah ramah lingkungan.

Pemakaian barang bekas dalam gaya industrial menjadi ciri khas arsitekturnya. Tentunya gaya ini juga selaras dengan prinsip green building.

Baca juga :

Maksimalkan Energi Matahari

Shutterstock

Ada baiknya untuk memaksimalkan energi matahari khususnya sebagai penerangan. Desain kantor dengan jumlah bukaan yang banyak agar sirkulasi udara dapat berganti dengan baik.

Selain itu bukaan jendela yang banyak mampu mengoptimalkan cahaya matahari masuk ke dalam kantor. Dengan begitu pemakaian listrik untuk lampu bisa dikurangi.

Tambahkan warna dinding dengan cat pastel seperti putih, kuning, dusty pink dan lainnya. Tujuannya agar ruangan tak terlihat gelap dan menciptakan suasana ceria.

Satu Kali Flush Toilet

Pexels

Walaupun kelihatannya sederhana namun cara ini ampuh dalam menghemat air. Ketika memakai toilet tunggu sampai tangki terisi air secara penuh. Baru setelah itu tekan tombol flush.

Dampaknya air yang terbuang tidak terlalu banyak. Pada dasarnya memakai toilet memang sudah cukup dengan satu kali flush saja.

Habiskan Air Minum & Bawa Sapu Tangan

Pexels

Setiap kantor biasanya menyediakan dispenser untuk kebutuhan minum karyawannya. Biasakan untuk mengambil air minum cukup atau tidak berlebihan. Caranya bisa dengan menyediakan gelas berukuran sedang.

Pins dapat pula menyediakan sapu tangan daripada tisu. Pemakaian tisu memang praktis namun menimbulkan limbah baru. Berbeda jika memakai sapu tangan yang bisa untuk berbagai keperluan.

Sediakan sapu tangan di pantry atau meja makan. Pilih bahan sapu tangan yang mampu menyerap air dengan baik dan cepat kering.

Minimalisir Pemakaian Elektronik

Shutterstock

Selanjutnya meminimalisir pemakaian elektronik dengan mengaktifkan mode hibernate pada komputer saat tidak digunakan. Mode ini akan membuat komputer dalam keadaan mati saat tidak sedang dipakai karyawan.

Walaupun begitu ketika ingin memakainya kembali cukup menekan tombol enter. Daya yang dibutuhkan untuk menyalakan komputer memakai mode ini jauh lebih sedikit ketimbang harus mematikan lalu menyalakan kembali.

Gunakan mode ini jika memang komputer hanya perlu dimatikan beberapa saat. Selain itu pastikan mencabut kabel daya dari colokan bila tidak digunakan kembali. Contohnya saat baterai ponsel sudah penuh maka segera lepas kabel charger dari colokan.

Baca juga :

Kurangi Jam Lembur

Shutterstock

Bekerja lembur memang kadang diperlukan terlebih saat deadline semakin dekat. Meskipun begitu jangan Pins jadikan kebiasaan. Ketika lembur maka energi yang dipakai akan bertambah besar.

Misalnya pemakaian listrik untuk AC maupun peralatan elektronik seperti komputer maupun printer. Atur pekerjaan sebaik mungkin agar jam kerja sesuai normalnya.

Pengolahan Limbah

Shutterstock

Bentuk tim keberlanjutan yang fokus dalam pengolahan sampah kantor. Tim ini berguna sebagai pengawas agar karyawan termotivasi untuk mengikuti konsep ramah lingkungan yang perusahaan terapkan.

Sulit untuk menghasilkan zero waste apalagi kebutuhan korporasi. Walaupun begitu limbah yang terkumpul dapat didaur ulang kembali menjadi perabotan baru.

Gunakan Wadah Yang Dapat Digunakan Kembali

Pexels

Sediakan wadah yang bisa digunakan kembali. Sebagai contoh alih-alih menyediakan cangkir kertas, Pins dapat menyediakan gelas maupun tumbler sebagai wadah air minum.

Peralatan makan di pantry bisa memakai bahan yang ramah lingkungan. Pins mampu mengurangi pemakaian alat makan plastik maupun kertas dengan wadah yang dapat digunakan berulang dan sehat.

Baca juga :

Tambahkan Tanaman Dalam Ruangan

Shutterstock

Selain itu dekorasi ruangan dengan tanaman hijau. Tanaman ini mampu meningkatkan visual kantor lebih hijau dan asri. Beberapa tanaman mampu membersihkan udara kotor.

Beberapa tanaman dalam ruangan yang bisa Pins pilih yakni sirih gading, spider plant, tillandsia, jade plant, hingga lidah buaya. Perawatannya mudah dan tidak membutuhkan banyak cahaya matahari.

Menetapkan kantor ramah lingkungan tidak hanya mulai dari desain gedungnya saja. Pins dapat menerapkan dari gaya hidup sehat dan peduli akan lingkungan.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti

Source Feature Image : Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download