BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Fengshui Desain Ruangan Kantor Direktur 
0
0

Tips Fengshui Desain Ruangan Kantor Direktur 

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mei 9, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain ruangan kantor direktur cukup penting dalam perusahaan. Dari desainnya dapat diketahui selera dan membangun citra pemimpin. Menurut Fengshui menata ruangan pemimpin dengan baik akan mengarah ke sumber aliran uang yang baik pula.

Bangunan kantor ada yang satu lantai hingga bangunan berlantai tinggi. Ruang direktur umumnya dipisah dengan unit karyawan. Unit pemimpin dibuat lebih privasi sehingga memiliki ruangan tersendiri.

Bentuk Meja

Source : Freepik

Tips desain ruangan kantor direktur menurut Fengshui dimulai dari pemilihan furniture. Bentuk meja kerja yang digunakan sebaiknya memiliki desain empat persegi panjang.

Pins dapat pula memilih meja berbentuk oval atau bulat.  Meja dengan bentuk lengkungan diibaratkan pelindung bagi mereka yang bekerja di kantor tersebut.

Sementara meja bulat atau oval kurang baik untuk tamu yang duduk di hadapan meja tersebut. Solusinya adalah mempersiapkan meja bulat dengan satu set sofa dekat meja direktur.

Meja dengan ukuran persegi panjang memberi banyak tempat untuk meletakan perangkat kantor. Pins dapat menempatkan seperangkat komputer dan printer bahkan telepon kantor di satu area saja sekaligus.

Jika ingin mencitrakan ruang kantor elegan dan mewah maka pilih bahan batuan alam seperti marmer. Sementara untuk menciptakan ruangan kreatif dan hangat atau homey dapat memilih bahan meja dari kayu.

Baca juga :

Arah Sandaran Kursi

Source : Freepik

Arah juga menentukan dalam Fengshui karena dapat merujuk ke tempat baik atau negatif. Posisi yang baik dalam Feng Shui ialah arah menghadap sandaran bukan arah hadap duduk direktur di ruangannya.

Arah sandaran ditentukan oleh angka KUA (GUA) dari perhitungan tahun lahir pemimpin tersebut. Ini artinya setiap orang memiliki perhitungan KUA masing-masing baik pria maupun wanita.

Rumus yang digunakan untuk direktur pria adalah 10- x  sedangkan wanita adalah 5 + x. X disini merupakan satu angka digit dari total penjumlahan dua angka tahun lahir direktur tersebut.

Jika direktur lahir sebelum 5 Februari maka perhitungan yang berlaku adalah tahun sebelumnya. KUA sendiri terbagi atas dua golongan yakni KUA timur terdiri dari 1, 3, 4,9. Arah sebaiknya berada di utara, selatan, tenggara dan timur.

Kelompok dua disebut KUA barat yang terdiri atas 2, 5, 6, 7, 8. Arah baiknya adalah timur laut, barat daya, barat laut hingga barat. Cara memperhitungkannya misalnya pria lahir tahun 1965 yang ditunjuk sebagai direktur.

KUA direktur tersebut adalah 10 – x = 10-(6+5)  yang x berjumlah 11. Dari x ini dijumlah jadi 1+1 = 2. Masukan penjumlahan x ke rumus awal jadi 10 – 2 = 8. Hasil ini artinya direktur masuk dalam KUA barat.

Untuk direktur wanita, perhitungannya sedikit berbeda. Misalnya wanita dengan kelahiran 1961 maka KUA – 5 + x = 5 + (6+1). Hasil dari X adalah 7 maka langsung dijumlahkan sesuai rumus 5+7 = 12.

Dari totalnya perlu dijumlahkan lagi antara dua digit total KUA tadi menjadi 1+2 = 3. Ini artinya KUA direktur wanita tadi adalah golongan KUA timur.

Posisi Meja Kerja

Source : Pexels

Setelah menentukan arah sandaran lanjutkan dengan posisi meja kerja. Tempat meja kerja sebaiknya jauh dari pintu masuk. Posisi meja kerja sebaiknya menghadap arah pintu masuk.

Tujuannya agar bisa mengetahui siapa saja yang masuk dan keluar dari ruang kerja. Posisinya tidak lurus langsung dengan pintu masuk. Posisi yang perlu dihindari adalah membelakangi pintu masuk kantor.

Jika terpaksa harus demikian maka letakan cermin di dinding. Dengan begitu direktur dapat mengetahui siapa saja yang masuk dan keluar melalui pantulan di cermin.

Warna Interior

Source : Pexels

Dalam Fengshui warna ruangan perlu mendapatkan perhatian besar. Warna ruangan juga mampu mempengaruhi mood saat bekerja menurut psikologi. Apabila ingin mendapatkan energi positif maka ikuti aturan Ba Zi.

Menurut Ba Zi apabila ingin menciptakan nuansa hangat sebaiknya gunakan warna elemen kayu dan api. Warna yang dimaksud diantaranya adalah hijau dan kemerahan.

Jika membutuhkan nuansa dingin yakni lugas dan tegas maka pilih warna air maupun logam. Pins bisa menggunakan warna hitam, abu-abu ataupun biru.

Dekorasi

Source : Pexels

Jangan lupa untuk memilih dekorasi yang tepat karena memiliki makna dan tujuan. Hindari meletakan lampu di belakang meja kerja. Adanya cahaya yang membelakangi kursi direktur melambangkan pengkhianatan.

Hal ini dapat diartikan sebagai ada orang yang akan mencurangi Pins dikemudian hari. Pajang ornamen atau hiasan ruangan berwarna merah. Ini dapat dipercaya untuk mempercepat pengakuan atas usaha yang dikerjakan.

Hindari menghias ruangan direktur dengan tanaman kaktus. Apalagi yang berbentuk panah kecil karena dipercaya akan membawa sial.

Baca juga :

Lukisan

Source : Pexels

Nah, untuk menghias ruangan sebaiknya pilih lukisan bergambar alam seperti gunung di belakang meja kerja. Pins dapat pula meletakan lukisan air terjun, danau maupun sungai di depan meja kerja.

Simbol air di belakang meja kerja merupakan simbol ketidak beruntungan. Hindari lukisan gedung besar karena simbol melawan gunung atau rintangan besar untuk mencapai kesuksesan.

Pins dapat meletakan lukisan tersebut di belakang meja kantor. Lukisan gendung besar atau tembok China melambangkan sandaran kuat bagi perusahaan sehingga diletakan di belakang kursi direktur.

Itulah beberapa tips desain ruangan kantor direktur menurut Fengshui. Dengan mengikuti aturannya diharapkan muncul direktur dengan karakter kuat dan menyisihkan rintangan kesuksesan untuk perusahaan.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download