BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Model dan Bahan Sekat Ruangan Kantor Terbaik
0
0

7 Model dan Bahan Sekat Ruangan Kantor Terbaik

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika dan Diperbarui oleh Mustika

Mei 2, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sekat kantor berfungsi membagi ruangan guna melindungi privasi dari masing-masing karyawan yang bekerja. Sekat ruangan biasa disebut dengan partisi memiliki beberapa model dengan bahan yang berbeda-beda. Pastinya sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

Sekat ruangan menjadi pilihan bagi beberapa kantor karena lebih murah dan lebih minimalis. Sekat ini juga bisa dibongkar pasang jika nanti kantor berubah desain atau ada suatu acara yang melibatkan ruangan penuh tanpa sekat.

7 Model dan Bahan Sekat Ruangan Kantor

Buat kamu yang sedang mencari inspirasi sekat kantor, berikut 7 model dan bahan sekat ruangan yang bisa kamu jadikan referensi.

Sekat Model Bilik

Source : Freedman’s Office Furniture

Model sekat kantor ini paling banyak dipakai di perusahaan Indonesia. Model ini cocok untuk area kerja dengan 2 sampai 4 meja yang ditutupi dengan bilik sehingga cukup menjaga privasi setiap orang. 

Sekat model seperti ini menjadi pilihan yang paling aman dan nyaman, karena bisa tetap menjaga privasi karyawan meskipun bentuk dan pemasangan tidak menutup sepenuhnya masing-masing area kerja.

Dengan adanya sekat model bilik, masing-masing karyawan dapat bekerja dengan fokus dan meminimalkan distraksi. Kendati demikian, mereka masih dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan mudah.

Sekat Model Portabel

Source : Logovisual

Konsep utama yang ditawarkan oleh penyekat portable adalah minimalis, sangat praktis, dan fleksibel jadi bisa dibuka dan ditutup. Model portabel juga memiliki desain yang sederhana sehingga bisa diaplikasikan di kantor mana pun.

Kelebihan sekat model portabel adalah menawarkan kepraktisan. Ketika dipasang, sekat ini memberikan privasi kepada masing-masing individu untuk dapat berkonsentrasi terhadap pekerjaannya. Namun, sekat juga bisa dibuka ketika area kerja diperlukan untuk keperluan tertentu, misalnya rapat dengan banyak peserta.

Sekat Model Akordeon

Source : Pinterest

Model sekat ini juga tidak kalah populer. Sekilas hampir sama dengan model bilik, tetapi sekat bilik berdiri penuh dari bawah sampai atas, sehingga akan menutup satu sama lain meskipun ada celah.

Sementara itu, sekat model akordeon memiliki desain yang naik dari meja bukan dari bawah. Sekat semacam ini memungkinkan hubungan dengan rekan kerja akan lebih dekat tetapi keamanan kamu juga akan tetap terjaga.

Sekat Model Kaca

Source : IDFdesign

Model kaca mungkin terlihat hanya mementingkan gaya dan penampilan visual saja. Kendati demikian, sekat model kaca juga memiliki nilai guna yang tinggi. Salah satunya yaitu sifat tembus pandang sehingga ruangan tampak luas seolah tanpa sekat. Maka, tak heran kalau sekat kaca menjadi jenis sekat kantor yang paling banyak digunakan untuk perkantoran modern.

Jenis kaca yang paling banyak digunakan adalah kaca tempered. Material ini memiliki sifat kuat dan tidak mudah pecah, sehingga tahan gores dan juga aman. Kantor akan terlihat lebih modern jika menggunakan bahan ini sebagai sekat. Para staf juga bisa melihat rekannya tanpa harus keluar dari ruangan.

Sekat Berbahan Aluminium

Source : Indiamart

Sekat kantor berikutnya yaitu yang berbahan aluminium. Bahan ini menjadi bahan kedua yang terlaris setelah kaca. Pasalnya, ada begitu banyak model dan warna aluminium yang bisa dimanfaatkan sebagai sekat pembatas sehingga banyak konsumen yang suka.

Kamu bisa mengembangkan kreativitas jika menggunakan aluminium sebagai bahan sekat. Selain itu, kamu tentu juga akan lebih mudah mengaplikasikan banyak gaya. Selain itu, bahan ini mudah dipasang dan juga bobotnya ringan.

Sekat Berbahan Gypsum

Source : The Interio

Gypsum adalah jenis material sekat ruangan dengan keunggulan tahan terhadap api. Umumnya sekat berbahan gymsum tersedia dalam warna putih polos sehingga memberikan kesan minimalis.

Kendati demikian, tampilannya yang simpel justru memberi kelebihan tersendiri karena ruang kerja jadi tampak profesional.

Namun, ada sedikit kekurangan dari bahan gypsum, yaitu tidak begitu tahan dengan air dan kelembapan. Maka dari itu, ada baiknya menggunakan sekat berbahan gypsum di ruangan yang ber-AC karena cenderung kering.

Sekat Berbahan GRC

Source : Pinterest

Meskipun banyak yang mengira GRC sama dengan gypsum, bahan sekat kantor ini berbeda. GRC terbuat dari campuran antara semen dan serat fiber. GRC lebih unggul daripada gypsum dalam beberapa aspek, seperti bobot ringan, tahan api, dan tahan air. 

Tips Memilih Sekat Kantor Yang Tepat

Dalam memilih sekat ruangan, tentu kamu harus memikirkan beberapa hal, misalnya seperti ukuran setiap area kerja serta kecocokan bahan dengan lingkungan sekitar. Agar tidak salah pilih, terapkan beberapa tips dalam memilih sekat kantor berikut:

Sesuaikan dengan bujet

Saat memilih sekat untuk kantor, tentu yang paling utama adalah mempertimbangkan bujet. Penghitungan biaya yang dikeluarkan tidak hanya untuk membeli partisi saja, lho. Perhitungkan juga biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan serta perawatannya, ya!

Tentukan rancangan dan tata ruang

Sebelum memutuskan sekat kantor yang akan dipakai, kamu harus memikirkan rancangan serta tata ruang kerja dulu. Pikirkan fungsi ruangan yang akan diberi partisi, apakah akan dipakai untuk open office dengan banyak karyawan? Atau mungkin juga akan difungsikan sebagai ruang rapat?

Bandingkan Kualitas Material

Setiap material memiliki karakter dan kelebihannya masing-masing. Selain itu, produk dari pabrikan berbeda juga memiliki kualitas yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan kamu benar-benar jeli dalam memperhatikan kualitas barang. Pikirkan pemakaian jangka panjang, bukan sekadar mengutamakan tampilan dan harga murah.

Baca juga: 13 Model Sekat Ruangan Lipat, Praktis dan Fungsional

Sekat kantor merupakan bagian yang penting untuk memberikan privasi kepada setiap karyawan agar dapat bekerja dengan produktif. Pemilihan sekat yang cocok haruslah mempertimbangkan model serta material yang digunakan. Semoga referensi di atas bisa memberikan inspirasi, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download