BlogPemilik PropertiDesain HunianDefinisi Serta Sifat Baja Lengkap dengan Kekuatan dan Kekurangannya
0
0

Definisi Serta Sifat Baja Lengkap dengan Kekuatan dan Kekurangannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 17, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
sifat bajatop-right-banner

Salah satu material yang paling sering dimanfaatkan dalam dunia konstruksi adalah baja. Di mana material yang satu terkenal dengan ketahanannya yang kokoh. Karena kekuatannya, baja banyak dimanfaatkan sebagai material konstruksi mulai dari pembangunan rumah hingga pembangunan suatu gedung. Sifat baja juga menjadi alasan mengapa bahan ini sering digunakan untuk konstruksi bangunan.

Pinhome – Mungkin banyak dari Pins yang mengira bahwa baja sama dengan besi karena secara sekilas memiliki bahan baku yang sama. Namun, tentu saja keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Secara logika pastinya baja memiliki bahan dasar yang berbeda karena punya daya tahan yang tinggi ketimbang besi biasa. 

Baca Juga:

Mengenal Apa itu Baja

Pixabay

Sebelum Pins mulai menggunakan baja untuk material konstruksi, alangkah lebih baik kenali terlebih dahulu definisi dari baja. Baja adalah sebuah campuran dari logam, di mana besi sebagai unsur dasarnya dan karbon sebagai unsur campuran utama. 

Selain itu baja juga mengandung unsur lain seperti nikel, kromium, silikon, sulfur, aluminium, nitrogen, dan oksigen. Dari berbagai unsur yang terkandung tersebut dapat menjadi alasan atas perbedaan baja dengan besi. Material baja memiliki kelebihan dari segi ketahanan dan kekuatan tarik yang jauh lebih tinggi dari pada besi. 

Memiliki kelebihan dari segi ketahanan ternyata tidak membuat harga baja lantas jauh lebih tinggi lho. Harga yang tersebar di pasar untuk penawaran baja tergolong cukup rendah, maka dari itu baja menjadi favorit banyak kontraktor dalam membangun rumah atau gedung perkantoran. Tidak hanya untuk material pembangun, baja juga biasa diproduksi menjadi pagar hingga kanopi. Sifat baja yang kuat dan tahan tersebut tentu saja dihasilkan dari campuran berbagai unsur di atas. Karbon yang digunakan dalam pembuatan baja pun tidak lebih dari 2,1% sehingga baja sangat tepat dimanfaatkan untuk banyak keperluan. 

Baca Juga:

Sifat Baja

sifat baja
Source : Iea.org

Sifat dari suatu baja dapat berbeda-beda tergantung dari proses produksinya. Pada umumnya baja memiliki sifat yang tahan terhadap karat, sifat magnet yang kuat, juga tahan terhadap beban berat atau tekanan yang tinggi. 

Jika Pins menggunakan baja sebagai material konstruksi, baja akan lebih tahan karena sifat memuai dari baja cukup rendah dan juga tahan terhadap sifat asam. Dari tampilan dasar baja pun Pins sudah dapat melihat bahwa baja merupakan logam dengan karakteristik yang keras dan kuat. Bahkan banyak alat perkakas yang juga menggunakan bahan baja karena lebih awet. 

Jenis-Jenis Baja

Source : Ft.com

Dalam dunia konstruksi, Pins dapat menemukan berbagai jenis baja yang biasa digunakan sebagai komponen bangunan. Pada umumnya jenis baja terbagi menjadi dua, yaitu baja karbon (carbon steel) dan baja paduan (alloy steel). Jenis pertama adalah baja karbon yang terdiri dari tiga macam baja berdasarkan kandungan karbonnya. 

Baja dengan karbon rendah memiliki sifat yang mudah untuk ditempa, baja dengan karbon sedang merupakan yang lebih kaku, dan baja dengan karbon tinggi memiliki karakteristik baja yang sangat kaku dan tingkat fleksibilitas yang rendah untuk dipotong atau dibengkokkan. 

Jenis baja yang kedua adalah baja paduan atau alloy steel yang diproduksi dari beragam macam bahan agar memiliki tingkat kekerasan yang tinggi, meningkatkan ketahanan terhadap oksidasi dan reduksi sifat asam, meningkatkan kekuatan daya tarik baja, dan meningkatkan sifat mekanik pada temperatur rendah. 

Jenis baja paduan terbagi menjadi tiga jenis yaitu baja paduan rendah yang hanya memiliki elemen kurang dari 2,5%, baja paduan sedang dengan tingkat elemen 2,5% sampai 10%, dan baja paduan tinggi yang terdiri dari elemen paduan lebih dari 10%. 

Baca Juga:

Keunggulan Baja

sifat baja
Source : Unsplash

Baja memiliki banyak kelebihan yang membuatnya laku keras dalam dunia konstruksi untuk dijadikan pondasi, kaki-kaki, atau rangka atap suatu bangunan. Berikut di bawah ini kelebihan yang dimiliki oleh baja. 

Kekuatan Baja yang Tinggi

Dengan berbagai macam campuran unsur dalam proses pembuatan baja membuat material yang satu ini memiliki ketahanan yang tinggi. Baja dapat menahan beban yang berat dan daya tarik yang kuat. Hal tersebut membuat baja cukup kuat untuk dijadikan material utama dalam membuat sebuah jembatan dan bangunan besar lainnya. 

Baca Juga:

Daya Tahan yang Lama

Jika baja dirawat dengan baik maka umur dari baja akan tahan sangat lama. Bahkan bukan tidak mungkin, dengan kualitas nomor wahid dan perawatan yang baik membuat material ini dapat tahan sampai umur seabad. Penggunaan baja juga dapat menghemat biaya karena pada kondisi tertentu baja tidak memerlukan pemeliharaan sama sekali. 

Daktilitas yang Bagus

Kelebihan baja selanjutnya adalah memiliki daktilitas yang baik atau sifat material untuk menopang deformasi yang besar dan tidak menyebabkan keruntuhan atas bebas tarik. Kelebihan yang satu ini berbeda dengan material lain yang memiliki sifat keras dan getas sehingga dapat hancur ketika terkena beban kejut yang besar. 

Baca Juga:

Kekurangan Baja

Source : Todayheadline

Di balik segala kelebihan dimiliki oleh baja, tentunya material yang satu ini juga terselip beberapa kekurangan yang perlu Pins ketahui. Berikut di bawah ini kekurangan dari baja yang dapat menjadi poin pertimbangan Pins untuk menggunakannya. 

Rentan untuk Dibengkokkan

Kekurangan pertama dari baja adalah sangat rentang jika dipaksa untuk ditekuk. Terlebih jika jenis baja yang digunakan memiliki tingkat karbon yang tinggi. Semakin tinggi kandungan karbon pada baja maka semakin kaku baja tersebut untuk dibentuk atau ditempa. 

Biaya yang Cukup Tinggi

Jika Pins ingin menggunakan baja dengan kualitas yang paling atas maka kamu harus siap untuk merogoh kocek lebih dalam. Baja yang tersebar di pasaran memiliki harga yang cukup mahal karena permintaannya yang juga tinggi. Semakin tinggi kekuatan baja maka semakin tinggi juga harga yang dibanderol. 

Baca Juga:

Lemah akan Beban Siklis

Baja memang memiliki ketahanan yang kuat terhadap tempaan suatu beban. Namun jika terus menerus mengalami dikenai beban maka kekuatan baja akan semakin melemah. Maka dari itu, untuk mengurangi efek dari beban siklis baja perlu dirancang sedemikian rupa agar lebih tahan. 

Itulah ulasan mengenai sifat baja, karakteristik baja, dan berbagai kelebihan serta kekurangannya. Dalam memilih material suatu konstruksi Pins harus lebih teliti dan cermat karena itu adalah faktor yang sangat penting. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download