BlogPemilik PropertiDesain HunianBaja Ringan vs Kayu, Mana yang Unggul untuk Membangun Rumah?
0
0

Baja Ringan vs Kayu, Mana yang Unggul untuk Membangun Rumah?

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 4, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Kayu atau baja ringantop-right-banner

Dalam membuat bangunan terkadang Pins bertemu pada situasi dimana harus memilih satu diantara kedua material yang bisa jadi sama bagusnya. Termasuk dalam hal menentukan apakah hendak pilih baja ringan vs kayu untuk bermacam keperluan seperti rangka atap rumah tinggal, kanopi, dinding dan sebagainya.

Pada dasarnya semua kembali lagi ke kebutuhan ya Pins. Kayu atau baja ringan mempunyai keunggulannya masing-masing untuk digunakan sebagai rangka atap ataupun kanopi. Namun, kuncinya adalah pilih bahan yang berkualitas. Hindari membeli bahan bekas karena dikhawatirkan kualitasnya sudah menurun.

Baca juga: Tips Memilih Baja Ringan Untuk Rangka Atap Rumah

Kelebihan Baja Ringan dibanding Kayu

Kayu atau baja ringan
Source : Pixabay
  • Lebih awet karena tidak lapuk dan aman dari kerusakan akibat dimakan rayap.
  • Bentuk dan ukuran baja lebih seragam dari hasil produksi pabrik, sedangkan kayu hasil dari alam perlu dibentuk dulu sesuai kondisi bahan dan peruntukan.
  • Menggunakan baja berarti turut mendukung program green building, yaitu bangunan ramah lingkungan. hal ini karena tidak perlu terjadi penebangan pohon seperti yang terjadi apabila memakai kayu.
  • Bagian ujung baja itu lebih tajam dari kayu sehingga perlu hati-hati serta terlindung dalam pemasanganya agar tidak melukai.

Baca juga: Bangkitkan Energi Positif dengan Feng Shui

  • Pemasangan baja jauh lebih cepat daripada kayu.
  • Tidak memerlukan pengecatan.
  • Tidak banyak memerlukan perawatan seperti pengecatan ulang, pelapisan anti rayap, seperti yang terjadi pada material kayu.
  • Lebih tahan dari terpaan cuaca luas secara langsung entah itu panas terik matahari maupun hujan.

Baca juga: Bangun Rumah Dengan Atap Baja Ringan? Pelajari Harga Baja Ringan

Kelebihan Kayu dibanding Baja Ringan

Kayu atau baja ringan
Source : Pixabay
  • Tampilan kayu lebih terlihat artistik dan natulan dibanding baja.
  • Kayu tidak menghantarkan arus listrik sehingga lebih aman dari potensi bahaya kesetrum.
  • Kayu tidak bisa karat, perlu diktehui bahwa beberapa jenis baja dengan kualitas rendah tetap bisa mengalami karat, untuk itu perlu kejelian dalam memilih material baja ringan.
  • Harga jual kembali kayu dimasa depan lebih tinggi dibanding baja karena faktor kelangkaan pohon.
  • Kayu lebih sejuk karena sifat baja itu menyerap panas.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Bangunan atau Rumah

Perbandingan Harga Baja Ringan vs Kayu

Harga rangka atap rumah yang menggunakan jenis baja ringan dan kayu memiliki perbandingan harga yang berbeda. Harga bahan kayu masih jauh lebih murah dibandingkan dengan baja ringan.

Sedangkan harga baja ringan memiliki variasi yang berbeda-beda tergantung pada kualitas dan garansi yang ditawarkan. Kemudian baja ringan dengan pilihan garansi 5 tahun terhadap ketahanan warna bisa mencapai seratus ribu rupiah lebih per meter.

Proses Pasang Rangka Atap

Source : Shutterstock

Terdapat perbedaan proses rangka atap di tiap jenis. Pada proses pemasangan rangka baja lebih mudah dan sangat cepat. Proses pemasangan ini jauh lebih sederhana dibandingkan menggunakan rangka atap kayu. Melalui kecepatan proses pemasangan tersebut, tentu akan membuat Pins bisa lebih menghemat biaya pemasangan.

Kualitas Kayu dan Baja Ringan

Kualitas rangka atap dengan material kayu dan baja ringan pun berbeda. Kayu memiliki kerentanan dimakan oleh rayap dan lebih mudah keropos. Oleh karena itu, biasanya kayu yang akan digunakan sebagai rangka atap akan direndam selama berbulan-bulan agar kualitasnya meningkat.

Sedangkan, rangka atap jenis ringan memiliki keunggulan pada kualitasnya yang anti karat. Selain itu, jenis juga tidak akan diserang oleh rayap.

Perbandingan Dampak Lingkungan

Jenis kayu memiliki dampak pada lingkungan yang cukup masif. Terlebih penggunaanya harus memnebang benyak pohon di lingkungan sekitar. Penenbagan ini pun harus dibarengi dengan upaya reboisiasi agar hutan yang gundul dapat pulih kembali..

Untuk atap baja ringan, dampak lingkungan dapat terlihat pada proses yang bisa mencemari lingkungan. Jadi, keduanya memiliki dampak pada lingkungan ya, Pins.

Baca juga: 10 Material Atap Rumah dan Cara Merawatnya Agar Tahan Lama

Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Source : Shutterstock

Baja ringan adalah salah satu jenis material yang sangat mudah terbawa oleh angin. Jadi, Pins harus memastikan bahwa pemasangan rangka atap baja ringan telah dilakukan dengan benat. Oleh karena itu, Pins harus bisa memilih baja ringan yang berkualitas tinggi.

Selain itu, baja ringan juga harus memiliki tambahan platform atap lainnya agar dapat tampil lebih cantik. Tidak jarang harganya jadi lebih mahal dari jenis kayu.

Kekurangan Rangka Atap Kayu

Source : Shutterstock

Jenis rangka atap kayu pun memiliki kekurangan. Selain mudah diserang rayap dan keropos, kayu juga rentan terkena jamur apabila terkena air hujan atau dalam kondisi lembab. Bukan hanya itu, kayu memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan baja ringan.

Perbandingan Penyusunan Rangka Atap

Rangka atap kayu umumnya disusun dengan banyak balok kayu yang diatur secara horizontal dan vertikal sesuai dengan ukuran genteng. Susunan ini diperlukan agar atap kayu bisa menyangga atap dengan baik.

Sedangkan, penggunaan rangka atap baja ringan biasanya dipakai untuk penggunaan yang ingin menampilkan kesan minimalis modern. Walaupun ada perbedaan, keduanya apabila dipasang dengan benar dapat menahan beban lebih tetap dan kokoh.

Begitulah informasi mengenai baja ringan vs kayu mulai dari beberapa kelebihan serta kekurangan kedua material tersebut. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memutuskan apakah mau pilih pakai kayu atau baja ringan, yang pasti keduanya sama-sama baik, Pins. 

Baca juga: Pertimbangan Membangun Rumah Tumbuh


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Casa Andara Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download