7 Jenis Genteng Baja Ringan Beserta Nilai Plusnya

Pinhome

7 Jenis Genteng Baja Ringan Beserta Nilai Plusnya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 5 December 2021 ∙ 6 menit membaca

Memilih rangka untuk pembuatan atap rumah memang harus ditimbang dengan matang. Bagaimana tidak, atap tersebutlah yang berfungsi melindungi seisi rumah dari cuaca yang tidak menentu dan sekaligus membuat penghuni nyaman di dalamnya. Jenis genteng baja ringan yang tentu lebih unggul dibanding rangka kayu membuatnya selalu jadi pilihan material pembuat rangka atap hunian.

Pinhome – Genteng merupakan salah satu komponen pelapis terluar atap yang terdiri dari bentuk segi empat yang saling bertumpuk. Genteng baja ringan yang memang banyak digunakan Pun memiliki berbagai pilihan material yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Setelah menggunakan rangka yang tepat dengan baja ringan, sebaiknya berikan genteng terbaik sebagai pelapis.

Baca Juga:

7 Jenis Genteng Baja Ringan

Tidak hanya model dari atap saja, genteng baja ringan pun harus memiliki material yang baik untuk memaksimalkan fungsi dari rangka. Intip yuk ragam jenis genteng untuk atap baja ringan hunian yang telah Pinhome pilih terlampir.

Genteng Baja Ringan Berbahan Metal

jenis genteng baja ringan
(Bukalapak)

Genteng baja ringan yang tidak panas seperti material metal memang sangat cocok bila disandingkan dengan atap baja ringan. Selain tampilannya yang pastinya modern, kuda-kuda baja ringan sangat mampu menahan genteng metal tanpa perlu ketebalan tinggi. Hal tersebut dikarenakan material metal cenderung ringan sehingga tidak akan membebani bagian bawah struktur pada atap.

Namun tidak hanya sampai disitu, material metal juga tahan lama dan anti karat. Bahan metal untuk genteng ini telah dibuat dengan rangkaian teknologi yang canggih untuk menghasilkan bahan yang tidak mudah terbakar dan tentunya membuat sirkulasi dalam hunian terasa sejuk. Padukan dengan hunian bergaya minimalis, agar tampilan depan rumah semakin menarik.

Baca Juga:

Genteng Keramik

(Buka Lapak)

Selanjutnya genteng keramik yang terbuat dari campuran tanah liat. Meskipun tidak ringan layaknya genteng metal, namun genteng satu ini memiliki ketangguhan yaitu tahan terhadap benturan benda keras. Cocok sekali ditempatkan untuk hunian pada wilayah pesisir pantai maupun wilayah dengan banyaknya pohon. Buah-buah pepohonan yang tinggi tidak akan merusak atap bila tidak sengaja terjatuh.

Selain itu warna genteng keramik memiliki ciri khas yang menarik mengkilap dengan ragam varian warna. Bila Pins menggabungkannya dengan rangka baja ringan, Pins tidak perlu khawatir akan angin kencang. Usia genteng yang cenderung lama juga membuat Pins lebih hemat. Tidak hanya sampai situ, genteng keramik juga termasuk dalam material bahan bangunan yang ramah lingkungan lho! Jadi, tidak perlu khawatir membahayakan kesehatan.

Baca Juga:

Genteng Baja Ringan Berbahan Aspal

jenis genteng baja ringan
(Pixabay)

Nah, untuk tampilan yang doff pada atap dengan tekstur yang artistik, Pins bisa memilih jenis genteng baja ringan yang tidak panas berbahan aspal. Aspal pada genteng ini memiliki campuran menarik antara aspal, bubuk kertas, serat organik dan resin. Lapisan resin tersebut menjadi salah satu bahan yang mendukung tingkat kebocoran rendah pada atap. Jadi, saat musim penghujan tiba, Pins tidak perlu khawatir akan adanya kebocoran.

Bila Pins menggunakan rangka baja ringan yang cenderung berwarna, atap asbes bisa menjadi salah satu atap yang digunakan sebagai penetral bangunan. Selain itu, kamu pun akan menghemat dalam segi waktu karena pemasangan atap asbes yang tidak rumit dan cenderung cepat.

Baca Juga:

Genteng Polycarbonate

(Plastic Warehouse)

Untuk menghasilkan genteng baja ringan yang tidak panas sekaligus tahan terhadap air, genteng dengan material polycarbonate bisa menjadi pilihan. Dipadukan dengan pemakaian rangka atap baja ringan, hunian akan terlihat minimalis dan tentunya menarik. Cocok ditempatkan pada model atap datar dengan warna-warna yang bisa Pins pilih sesuai selera. Selain itu genteng ini juga memiliki kandungan pelindung dari sinar UV yang membuat hunian sejuk.

Dalam segi pemasangannya pun tergolong mudah karena material satu ini mudah dibentuk dan berbobot ringan. Pins bisa mengkreasikan genteng satu ini pada kanopi rumah maupun atap di area rooftop. Polycarbonate mampu bertahan lama dari perubahan cuaca. Tidak heran sangat ideal digunakan untuk atap pada bagian outdoor perumahan.

Genteng Spandek

jenis genteng baja ringan
(Peterson Roofing)

Genteng baja ringan yang tidak panas selanjutnya adalah material spandek. Dengan daya serap yang cukup tinggi, atap spandek awet dan tahan lama. Tergolong sebagai material yang anti pecah, genteng ini minim terjadinya keambrukan pada wilayah atap. Sehingga Pins tidak perlu khawatir akan bahaya akibat cuaca ekstrem yang tidak menentu. Apalagi material satu ini menjadi salah satu material ramah lingkungan yang dapat didaur ulang.

Penggunaannya yang membantu fungsi dari rangka baja ringan ini, bisa Pins pilih dengan motif dan warna yang Pins inginkan. Salah satunya juga ada yang berpenampilan transparan. Untuk mendapatkan material satu ini, Pins tidak perlu menguras kantong. Hal tersebut dikarenakan material genteng spandek memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding genteng lainnya.

Baca Juga:

Genteng Asbes

(Tribun)

Pilihan lainnya untuk material atap yang mempunyai harga terjangkau adalah genteng asbes. Material satu ini terbuat dari campuran fiber dan semen. Tampilannya yang khas membuat eksterior rumah milik kamu semakin menarik. Dengan penggunaan genteng asbes, Pins tidak perlu lagi khawatir akan kehadiran rayap yang akan menggerogoti material atap. Asbes telah dilengkapi dengan kandungan anti rayap, untuk itu para rayap akan sulit menembusnya.

Dalam segi pemasangan, asbes merupakan material yang dijual secara lembaran sehingga akan lebih mudah dan menghemat waktu. Ciri khas materialnya bergelombang dengan ketebalan yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi. Bila Pins memilih material atap satu ini, genteng akan sangat mudah dibersihkan. Hal ini juga merupakan salah satu upaya menjaga atap tahan lama Pins.

Baca Juga:

Genteng Baja Ringan Tanah Liat

jenis genteng baja ringan
(Qhomart)

Untuk jenis genteng satu ini dalam beberapa kondisi terkadang tidak memungkinkan bila disandingkan dengan atap baja ringan. Namun, bila Pins mengerti penempatan dan pemilihan dari rangka baja ringan yang tepat, hasilnya pasti tidak mengecewakan. Kuda-kuda yang dipasang dalam rangka atap dibuat dari kanal C dengan ukuran dan ketebalan yang berbeda-beda. Usahakan untuk melakukan pengukuran bobot genteng agar sebanding dengan kekuatan rangka baja. 

Bila Pins memilih menggunakan material genteng tanah liat. Ada baiknya untuk memilih kuda-kuda baja ringan kanal C dengan ketebalan kurang lebih 75 x 1mm. Hal ini dengan perhitungan bobot basah genteng kurang lebih 59 kg. Tanah liat menjadi salah satu genteng baja ringan yang tidak panas. Material ini mampu menyerap panas dan tentunya tidak akan terdengar mengganggu telinga saat hujan tiba.

Ke-7 jenis genteng baja ringan di atas bisa menjadi alternatif untuk Pins yang sedang membangun hunian. Utamakan keselamatan dan kualitas dari produk agar dikemudian hari tidak ada penyesalan ataupun kerugian yang berarti. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Last Edited: Voni Sri Wijayanti

Bagikan Artikel