BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Jenis Genteng Baja Ringan Beserta Nilai Plusnya
0
0

8 Jenis Genteng Baja Ringan Beserta Nilai Plusnya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 24, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memilih rangka untuk pembuatan atap rumah memang harus ditimbang dengan matang. Bagaimana tidak, atap tersebutlah yang berfungsi melindungi seisi rumah dari cuaca yang tidak menentu dan sekaligus membuat penghuni nyaman di dalamnya. Jenis genteng baja ringan yang tentu lebih unggul dibanding rangka kayu membuatnya selalu jadi pilihan material pembuat rangka atap hunian.

Sebelum memahami jenis baja ringan atap genteng, kamu perlu tahu keunggulan aplikasi Pinhome. Fitur pencarian andal yang dimilikinya mampu menyediakan informasi seputar rumah bekas di Kota Mojokerto atau rumah dijual di Jagakarsa misalnya Vasa Jagakarsa. Pinhome juga memiliki fitur Take Over KPR untuk kamu yang ingin segera merealisasikan rumah impian dengan memakai KPR.

Jenis Genteng Baja Ringan

Tidak hanya model dari atap saja, genteng baja ringan pun harus memiliki material yang baik untuk memaksimalkan fungsi dari rangka. Intip yuk ragam jenis genteng untuk atap baja ringan hunian yang telah Pinhome pilih terlampir.

1. Genteng Baja Ringan Berbahan Metal

jenis genteng baja ringan
Source : Bukalapak

Genteng baja ringan yang tidak panas seperti material metal memang sangat cocok bila disandingkan dengan atap baja ringan. Selain tampilannya yang pastinya modern, kuda-kuda baja ringan sangat mampu menahan genteng metal tanpa perlu ketebalan tinggi. Hal tersebut dikarenakan material metal cenderung ringan sehingga tidak akan membebani bagian bawah struktur pada atap.

Namun tidak hanya sampai disitu, material metal juga tahan lama dan anti karat. Bahan metal untuk genteng ini telah dibuat dengan rangkaian teknologi yang canggih untuk menghasilkan bahan yang tidak mudah terbakar dan tentunya membuat sirkulasi dalam hunian terasa sejuk. Padukan dengan hunian bergaya minimalis, agar tampilan depan rumah semakin menarik.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Harga Genteng Per Meter

2. Genteng Keramik

Source : Buka Lapak

Baja ringan atap genteng ini terbuat dari campuran tanah liat. Meskipun tidak ringan layaknya genteng metal, namun genteng satu ini memiliki ketangguhan yaitu tahan terhadap benturan benda keras. Cocok sekali ditempatkan untuk hunian pada wilayah pesisir pantai maupun wilayah dengan banyaknya pohon. Buah-buah pepohonan yang tinggi tidak akan merusak atap bila tidak sengaja terjatuh.

Selain itu warna genteng keramik memiliki ciri khas yang menarik mengkilap dengan ragam varian warna. Bila Pins menggabungkannya dengan rangka baja ringan, Pins tidak perlu khawatir akan angin kencang. Usia genteng yang cenderung lama juga membuat Pins lebih hemat. Tidak hanya sampai situ, genteng keramik juga termasuk dalam material bahan bangunan yang ramah lingkungan lho! Jadi, tidak perlu khawatir membahayakan kesehatan.

3. Genteng Baja Ringan Berbahan Aspal

jenis genteng baja ringan
Source : Pixabay

Nah, untuk tampilan yang doff pada atap dengan tekstur yang artistik, Pins bisa memilih jenis genteng baja ringan yang tidak panas berbahan aspal. Aspal pada genteng ini memiliki campuran menarik antara aspal, bubuk kertas, serat organik dan resin. Lapisan resin tersebut menjadi salah satu bahan yang mendukung tingkat kebocoran rendah pada atap. Jadi, saat musim penghujan tiba, Pins tidak perlu khawatir akan adanya kebocoran.

Bila Pins menggunakan rangka baja ringan yang cenderung berwarna, atap asbes bisa menjadi salah satu atap yang digunakan sebagai penetral bangunan. Selain itu, kamu pun akan menghemat dalam segi waktu karena pemasangan atap asbes yang tidak rumit dan cenderung cepat.

4. Genteng Polycarbonate

Source : Plastic Warehouse

Untuk menghasilkan genteng baja ringan yang tidak panas sekaligus tahan terhadap air, genteng dengan material polycarbonate bisa menjadi pilihan. Dipadukan dengan pemakaian rangka atap baja ringan, hunian akan terlihat minimalis dan tentunya menarik. Cocok ditempatkan pada model atap datar dengan warna-warna yang bisa Pins pilih sesuai selera. Selain itu genteng ini juga memiliki kandungan pelindung dari sinar UV yang membuat hunian sejuk.

Dalam segi pemasangannya pun tergolong mudah karena material satu ini mudah dibentuk dan berbobot ringan. Pins bisa mengkreasikan genteng satu ini pada kanopi rumah maupun atap di area rooftop. Polycarbonate mampu bertahan lama dari perubahan cuaca. Tidak heran sangat ideal digunakan untuk atap pada bagian outdoor perumahan.

5. Genteng Spandek

jenis genteng baja ringan
Source : Peterson Roofing

Genteng baja ringan yang tidak panas selanjutnya adalah material spandek. Dengan daya serap yang cukup tinggi, atap spandek awet dan tahan lama. Tergolong sebagai material yang anti pecah, genteng ini minim terjadinya keambrukan pada wilayah atap.

Jadi, Pins tidak perlu khawatir akan bahaya akibat cuaca ekstrem yang tidak menentu. Apalagi material satu ini menjadi salah satu material ramah lingkungan yang dapat didaur ulang.

Penggunaannya yang membantu fungsi dari rangka baja ringan ini, bisa Pins pilih dengan motif dan warna yang Pins inginkan. Salah satunya juga ada yang berpenampilan transparan. Untuk mendapatkan material satu ini, Pins tidak perlu menguras kantong. Hal tersebut dikarenakan harga genteng baja ringan model ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding genteng lainnya.

Baca juga: Tips Mendesain Atap Rumah Paling Mudah

6. Genteng Asbes

Source : Tribun

Pilihan lainnya untuk material atap yang mempunyai harga terjangkau adalah genteng asbes. Material satu ini terbuat dari campuran fiber dan semen. Tampilannya yang khas membuat eksterior rumah milik kamu semakin menarik. Dengan penggunaan genteng asbes, Pins tidak perlu lagi khawatir akan kehadiran rayap yang akan menggerogoti material atap. Asbes telah dilengkapi dengan kandungan anti rayap, untuk itu para rayap akan sulit menembusnya.

Dalam segi pemasangan, asbes merupakan material yang dijual secara lembaran sehingga akan lebih mudah dan menghemat waktu. Ciri khas materialnya bergelombang dengan ketebalan yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi. Bila Pins memilih material atap satu ini, genteng akan sangat mudah dibersihkan. Hal ini juga merupakan salah satu upaya menjaga atap tahan lama Pins.

7. Genteng Baja Ringan Fiber

Source : Tokopedia

Genteng baja ringan yang terbuat dari fiber berasal dari serat fiberglass dan campuran bahan lainnya. Keunggulannya adalah bobot yang ringan dan ketahanan tinggi terhadap cuaca ekstrim. Biarpun begitu ketika genteng ini rusak maka perawatannya jauh lebih mahal daripada jenis genteng lainnya.

Tampilannya menarik dan cocok untuk jenis bangunan villa, rumah maupun gedung perkantoran. Lakukan perawatan secara berkala untuk mempertahankan penggunaan genteng baja ringan fiber dalam jangka waktu lama.

8. Genteng Baja Ringan Tanah Liat

jenis genteng baja ringan
Source : Qhomart

Untuk jenis genteng satu ini dalam beberapa kondisi terkadang tidak memungkinkan bila disandingkan dengan atap baja ringan. Namun, bila Pins mengerti penempatan dan pemilihan dari rangka baja ringan yang tepat, hasilnya pasti tidak mengecewakan. Kuda-kuda yang dipasang dalam rangka atap dibuat dari kanal C dengan ukuran dan ketebalan yang berbeda-beda. Usahakan untuk melakukan pengukuran bobot genteng agar sebanding dengan kekuatan rangka baja. 

Bila Pins memilih menggunakan material genteng tanah liat. Ada baiknya untuk memilih kuda-kuda baja ringan kanal C dengan ketebalan kurang lebih 75 x 1mm. Hal ini dengan perhitungan bobot basah genteng kurang lebih 59 kg. Tanah liat menjadi salah satu genteng baja ringan yang tidak panas. Material ini mampu menyerap panas dan tentunya tidak akan terdengar mengganggu telinga saat hujan tiba.

Genteng merupakan salah satu komponen pelapis terluar atap yang terdiri dari bentuk segi empat yang saling bertumpuk. Genteng baja ringan yang memang banyak digunakan memiliki berbagai pilihan material yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Setelah menggunakan rangka yang tepat dengan baja ringan, sebaiknya berikan genteng terbaik sebagai pelapis.

Ke-8 jenis genteng baja ringan di atas bisa menjadi alternatif untuk Pins yang sedang membangun hunian. Utamakan keselamatan dan kualitas dari produk agar dikemudian hari tidak ada penyesalan ataupun kerugian yang berarti. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Intan Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Last Edited: Voni Sri Wijayanti

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download