BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Rekomendasi Merk Cat Kayu Anti Rayap Terbaik
0
0

7 Rekomendasi Merk Cat Kayu Anti Rayap Terbaik

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Des 18, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi cat kayu.top-right-banner

Ketika berbicara tentang perlindungan kayu dari serangan hama, tidak ada yang seefektif cat kayu anti rayap. Kayu adalah bahan yang indah namun rentan terhadap serangan rayap yang dapat merusak strukturnya secara signifikan.

Dalam menjaga keindahan dan kekuatan kayu, penggunaan merk cat kayu terbaik menjadi suatu keharusan. Dengan berbagai merek dan formula yang tersedia di pasaran, pemilihan cat yang tepat akan menjadi kunci dalam melindungi kayu dari serangan rayap.

Dalam artikel kali ini, terdapat berbagai merek cat kayu anti rayap terbaik yang dapat menjadi solusi efektif untuk melindungi kayu dari ancaman rayap yang mengganggu. Namun sebelum pembahasan yang satu ini dilanjutkan, perlu diketahui bahwa The Agathis merupakan salah satu hunian Rumah Ekslusif.

Untuk mencari tahu lebih lanjut, Kamu bisa mendapatkan infonya melalui PinValue, yaitu fitur dari Pinhome yang menyediakan kebutuhan terkait harga estimasi rumah. Selain itu, Kamu juga bisa mencari informasi terkait perumahan di Depok dan rumah second di Kota Tangerang Selatan.

Baca juga: Pembuatan Sarang Rayap yang Kompleks

Ciri-Ciri Kayu Terkena Serangan Rayap

Ilustrasi rayap.
Source : Freepik

Serangan rayap pada kayu bisa merusak struktur dan kekuatan kayu. Untuk mendeteksi gejala ini, ada beberapa ciri seperti:

1. Muncul Serbuk-Serbuk Kayu di Dalam atau di Sekitar

Serbuk kayu, disebut juga sebagai frass, adalah tanda umum serangan rayap. Serbuk ini muncul di sekitar area terinfestasi atau bisa terkumpul di sekitar tempat makan rayap sehingga perlu obat anti rayap.

2. Kayu Terdengar Berongga atau Terasa Tipis

Akibat kerusakan oleh rayap, kayu bisa menjadi berongga atau terasa tipis saat ditekan. Tanda ini muncul karena rayap mengkonsumsi bagian dalam kayu dan meninggalkan lapisan luar yang rapuh.

3. Muncul Sayap Rayap yang Rontok

Ketika rayap mencapai tahap reproduksi, mereka mengembangkan sayap untuk mencari pasangan. Jika sayap rayap ditemukan rontok di sekitar area kayu, ini bisa menjadi indikasi populasi rayap yang tinggi sehingga penting mencari cara membasmi rayap.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Tentang Kotoran Rayap Kayu Kering

7 Merk Cat Kayu Anti Rayap Terbaik

Gambaran mengaplikasikan cat kayu anti rayap.
Source : Freepik

Cat kayu anti rayap jadi salah satu cara agar kayu tidak dimakan rayap. Namun dalam memilihnya tidak bisa sembarangan karena ada 7 merk yang direkomendasikan, yaitu:

1. Biovarnish

Jika Kamu sedang mencari cat kayu anti rayap, Biovarnish bisa menjadi pilihan yang tepat. Biovarnish merupakan produk berbasis air yang dapat digunakan untuk melapisi kayu secara transparan. Kamu dapat mengaplikasikan Biovarnish dengan menggunakan kuas atau alat semprot.

Selain kayu, cat anti rayap ini juga cocok untuk serat alam, bambu, particle board, dan berbagai bahan lainnya. Produk ini dapat digunakan untuk finishing baik di bagian dalam maupun luar ruangan, seperti pintu, kusen, perabotan, atau kerajinan tangan.

Biovarnish memiliki beberapa kelebihan, di antaranya aman dan ramah lingkungan karena terbuat dari bahan non toksik. Selain itu, cat ini tahan terhadap air, cepat kering, tidak lengket, ramah lingkungan, memiliki warna cerah, dan memberikan transparansi yang baik. Harganya adalah Rp127.000.

2. Mowilex Woodstain

Selain Biovarnish, ada pilihan lain yaitu Mowilex Woodstain yang cocok untuk melapisi perabot kayu agar terhindar dari serangan rayap. Karena menggunakan bahan dasar air, cat anti rayap ini mampu memberikan lapisan warna cerah dan transparan sehingga tekstur kayu tetap terlihat meskipun telah dilindungi dengan cat.

Keaslian kayu tetap terjaga dengan cat ini, karena sifat transparannya mempertahankan karakter alami kayu meskipun telah dilapisi untuk perlindungan. Kemampuannya yang transparan membuat Mowilex Woodstain sangat cocok untuk furniture dalam konsep rumah natural.

Selain melawan rayap, cat ini juga efektif melindungi kayu dari paparan sinar UV. Namun, penting untuk dicatat bahwa Mowilex Woodstain lebih diformulasikan untuk penggunaan di dalam ruangan. Harganya adalah Rp140.000.

3. Propan Impra Aqua Wood Filler

Salah satu opsi cat kayu anti rayap lainnya adalah Propan Impra Aqua Wood Filler. Cat ini memiliki kemampuan seperti dempul karena mampu mengisi pori-pori dan lubang-lubang pada kayu. Dengan sifatnya yang mudah meresap dan cepat kering, Propan Impra Aqua Wood Filler efektif dalam melindungi perabot dari serangan rayap.

Produk ini dirancang khusus untuk berbagai jenis finishing kayu seperti sistem berbasis air, sistem PU (Polyurethane), sistem NC (Nitrocellulose), dan sistem finishing yang transparan. Sementara harganya adalah Rp60.000.

4. Yoko High Gloss Enamel

Yoko High Gloss Enamel merupakan cat anti rayap untuk kayu yang diproduksi oleh Avian, sebuah merek cat terkemuka yang kualitasnya tidak perlu dipertanyakan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika lapisan yang dihasilkannya memiliki kilap dan kehalusan yang memukau. Selain estetika, cat ini juga mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap furniture kayu dari serangan rayap, jamur, dan perubahan cuaca.

Yoko High Gloss Enamel tidak hanya cocok digunakan untuk perabotan interior, tetapi juga sangat sesuai untuk aplikasi pada perabot eksterior. Tersedia dalam berbagai pilihan warna, mulai dari prime rose, butter cream, rose blue, hingga traffic green, memungkinkan konsumen untuk memilih sesuai selera dan kebutuhan mereka.

Tidak hanya itu, produk ini bahkan sering digunakan sebagai pelindung untuk kapal. Dengan demikian, keunggulan Yoko High Gloss Enamel tidak hanya terletak pada aspek estetika, tetapi juga pada kehandalan dan daya tahan yang tinggi. Semua keunggulan ini bisa dinikmati dengan harga yang terjangkau, yakni Rp65.000.

5. Avian High Gloss Enamel

Avian High Gloss Enamel merupakan jenis cat anti rayap yang tidak hanya sesuai untuk digunakan pada bahan kayu, tetapi juga umumnya digunakan untuk melapisi material besi. Keunggulan cat Avian ini termanifestasi dalam kilapnya, ketahanan terhadap retak, dan kekokohannya, menjadikannya pilihan yang ideal baik untuk desain interior rumah maupun eksterior.

Penerapan cat ini dapat dilakukan pada berbagai elemen, seperti kursi, pintu, pagar, dan lainnya, baik di dalam maupun di luar rumah, tanpa khawatir mengalami kerusakan akibat perubahan cuaca. Kelebihan lainnya adalah ketahanan terhadap air, sehingga tidak akan merusak hasil aplikasi cat meskipun terpapar air.

Selain itu, kandungan bahan dalam Avian High Gloss Enamel memiliki kemampuan untuk melindungi material dari serangan jamur, dan yang tidak kalah penting adalah aman ketika bersentuhan dengan kulit manusia. Harga yang ditawarkan untuk produk ini juga cukup terjangkau, yaitu Rp70.000.

6. Lenkote Platinum Synthetic

Lenkote Platinum Synthetic adalah cat anti rayap yang diformulasikan dari resin akrilik sebagai bahan dasarnya. Resin akrilik ini dapat larut dengan mudah dalam thinner A maupun enamel. Dengan menggunakan cat Lenkote Platinum Synthetic untuk melapisi furniture, hasilnya akan memberikan kilap yang lebih intens dan mencegah warna dari menguning.

Selain memberikan perlindungan terhadap serangan rayap, furniture yang diaplikasikan cat ini akan memiliki tampilan yang lebih halus dan dapat dicuci dengan air tanpa khawatir mengalami kerusakan seperti lapuk atau busuk. Harga yang ditawarkan untuk cat ini adalah Rp156.000, memberikan nilai tambah untuk perlindungan dan peningkatan estetika pada furniture.

7. Belmont Natural Coat Wood Clear

Berbagai rekomendasi cat kayu anti rayap.
Source : Freepik

Belmont Natural Coat Wood menjadi pilihan terbaik untuk cat kayu berikutnya. Tersedia dalam dua varian, yaitu doff dan gloss, Belmont Natural Coat Wood Clear memberikan lapisan dan perlindungan optimal untuk benda-benda berbahan kayu, seperti mebel dan panel kayu.

Cat ini efektif dalam melindungi kayu dari efek pelapukan akibat paparan sinar matahari dan memiliki sifat anti air berkat bahan dasarnya yang sepenuhnya terbuat dari akrilik. Keunggulan penggunaan cat ini terletak pada kemampuannya untuk tidak menutupi serat furnitur, sehingga memberikan tampilan yang lebih halus, alami, mengkilap, dan transparan. Dengan harga Rp98.000, Belmont Natural Coat Wood menjadi opsi yang terjangkau untuk meningkatkan estetika dan ketahanan kayu pada berbagai barang di sekitar.

Itulah berbagai rekomendasi merk cat kayu anti rayap terbaik. Namun, penting untuk diingat bahwa pencegahan dan pengendalian segera perlu dilakukan ketika tanda-tanda serangan rayap terjadi.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download