BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Peredam Panas Atap Seng Sederhana dan Ampuh
0
0

5 Peredam Panas Atap Seng Sederhana dan Ampuh

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 17, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
peredam-panas-atap-seng-sederhanatop-right-banner

Pada atap rumah terdapat sebuah komponen yang dapat menyejukkan sekaligus menahan panas hawa di dalam rumah. Peredam panas disebut juga dengan insulasi atap berfungsi untuk meredam atau menahan suhu panas dari atap. Penggunaan insulasi ini akan membuat ruangan di bawahnya menjadi lebih sejuk dan adem. Apakah kalian tahu terdapat seng yang dapat menjadi peredam panas yang sederhana dan ampuh? Simak artikel ini untuk mengetahui peredam panas atap seng sederhana!

Kamu dapat menemukan rumah mewah dan modern yang siap huni di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Selain di link tersebut, kamu juga dapat menemukan rumah mewan dan modern terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca juga: 8 Jenis Atap Rumah Multiroof dan Keunggulannya

Peredam Panas Atap Seng Sederhana dan Ampuh

Selain meredam panas, insulasi atap seng ini juga digunakan untuk meredam suara di dalam ruangan rumah. Insulasi atap ini mampu meredam suara hujan di luar rumah agar sebisa mungkin tidak terdengar ke dalam rumah. Jadi selain meredam panas, insulasi atap seng ini bisa menjadi solusi sebagai peredam suara dari luar ke dalam rumah.

Namun perlu diketahui bahwa peredam panas ini juga terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan materialnya. Salah satu jenis atap yang sering menggunakan peredem panas adalah atap seng. Bagi kamu yang penasaran, ini dia peredam panas atap seng sederhana yang perlu kamu ketahui!

1. Styrofoam (EPS – Expanded Polystyrene System)

Peredam atap seng
Source : Pinterest

Panel styrofoam adalah salah satu peredam panas atap seng yang bisa menjadi pilihan Pins. Panel peredam ini terbuat dari bahan plastik dengan struktur butiran yang berisi udara dengan kerapatan yang rendah. Hal ini membuat styrofoam mampu menahan panas pada atap seng

Bukan hal yang baru, panel styrofoam ini telah lama digunakan sebagai isolasi thermal pada atap seng. Material ini dinilai sangat efektif untuk meredam panas pada bangunan.  Bahkan panel styrofoam ini sudah diuji kemampuannya menggunakan lampu sorot sebagai sumber panas pengganti sinar matahari pada jarak tertentu.

Baca juga: Standar Ideal Kemiringan Sudut Atap Rumah

2. Aluminium Foil

peredam atap seng
Source : Pinterest

Aluminium foil adalah material peredam panas atap seng sederhana yang sangat efektif. Peredam panas yang satu ini memang telah biasa digunakan sebagai bungkus makanan pada microwave

Namun siapa sangka, ternyata material ini juga bisa dijadikan peredam panas terutama pada atap seng. Aluminium foil ini sangat tahan terhadap suhu panas, bahkan material ini mampu menghalau sinar UV dari matahari yang bisa mempengaruhi suhu di dalam ruangan rumah.

3. Polyurethane Foam

peredam panas atap seng
Source : Pinterest

Jenis material yang satu ini memiliki bentuk seperti foam yang mana agak padat. Material ini diklaim tahan terhadap berbagai cuaca termasuk kemarau karena mampu menahan panas dengan sangat baik. Polyurethane foam ini memiliki tekstur cair yang agak padat sehingga mampu menyerap panas dengan lebih efektif. 

Bahkan material ini tidak mudah rusak sehingga sangat awet dan tahan lama. Tidak hanya itu, jenis peredam panas ini tidak hanya cocok untuk atap seng, melainkan juga bisa digunakan pada jenis-jenis atap lain seperti beton, kayu, asbes, genteng dan metal.

Baca Juga: Macam Macam Bentuk Atap Rumah Modern Berbagai Gaya

4. Bubble Foil

Jenis atap seng
Source : Pinterest

Bubble foil bisa menjadi salah satu alternatif solusi peredam panas bagi atap seng kamu. Material yang satu ini adalah modifikasi dari aluminium foil. Namun jangan salah, meski hasil modifikasi, bubble foil ini mampu menahan panas sehingga membuat bagian dalam rumah terasa lebih sejuk.

Selain itu, bubble foil juga tidak mengandung senyawa yang berbahaya bagi manusia. Jadi Pins tidak perlu khawatir jika akan menggunakan peredam panas yang satu ini di rumah.

5. Polyester

Peredam panas Atap seng
Source : Pinterest

Jenis peredam panas atap seng sederhana selanjutnya adalah polyester. Peredam panas yang satu ini memang sangat populer di kalangan masyarakat. Hal ini karena kemampuannya yang mampu menyerap panas sehingga bagian dalam rumah memiliki suhu yang lebih adem. 

Berbeda dengan AC (Air Conditioner) yang bisa membuat udara di dalam rumah menjadi sejuk secara instan, dengan menggunakan polyester, Pins akan menahan panas dengan material ini. Tidak hanya rumah, polyester juga telah banyak digunakan sebagai peredam panas pada gedung-gedung bertingkat dan beberapa fasilitas umum lainnya. 

Itulah beberapa peredam panas atap seng sederhana yang bisa kamu aplikasikan di rumah. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu untuk membuat suhu di dalam rumah lebih sejuk dan adem ya!

Baca juga:

Feature Source Image: Artalenta


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download