BlogPemilik PropertiDesain Hunian3 Pilihan Peredam Panas Tembok Terbaik untuk Rumah
0
0

3 Pilihan Peredam Panas Tembok Terbaik untuk Rumah

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
peredam panas temboktop-right-banner

Ketika musim kemarau, atap dan dinding rumah biasanya akan terasa panas akibat terpapar sinar matahari seharian. Alhasil, ruangan di dalam rumah pun juga akan terasa panas. Ketika hal ini terjadi, kamu perlu peredam panas tembok, Pins. 

Ada beberapa material yang bisa meredam panas pada dinding akibat paparan sinar matahari. Hal ini tentu saja menggembirakan, kan? Kamu bisa memasangnya mumpung masih musim hujan, sehingga saat kemarau tiba panas di dinding bisa diredam. 

Bahan peredam panas dinding ini bisa dipasang untuk rumah di BSD milikmu, seperti Golden Flower, The Zora, atau Green Serpong Bintaro. Sementara di Pinhome, kamu bisa pasang iklan properti gratis jika ingin menjual rumah bekas di Kec Tangerang

Baca juga: 15 Kelemahan dan Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

Peredam Panas Tembok

Untuk meredam panas pada dinding, kamu memerlukan material isolator yang mampu menghambat perubahan suhu. Material ini nantinya ditempel pada lapisan dinding sehingga panas sinar matahari tidak serta-merta diserap yang membuat dinding dan ruangan menjadi panas. 

Berikut ini beberapa material peredam panas tembok yang bisa menjadi pilihan untuk dinding rumah sehingga suhu ruangan tidak terlalu panas saat puncak musim kemarau

1. Glasswool

peredam panas tembok
Source : iStock Photo

Material peredam panas pertama yang bisa kamu gunakan adalah glasswool. Memang, glasswool dikenal sebagai material insulasi yang biasa digunakan untuk meredam bunyi. Namun siapa sangka, material ini juga bisa digunakan untuk meredam panas pada dinding maupun atap.

Glasswool adalah material yang terbuat dari fiber glass dengan tekstur seperti bulu domba. Dalam dunia konstruksi bangunan, glasswool sering digunakan sebagai insulator panas sinar matahari yang menimpa bangunan. 

Kamu bisa menggunakan material ini sebagai lapisan dinding untuk meredam panas. Dengan begitu, panas sinar matahari yang menimpa dinding akan direduksi sedemikian rupa sehingga area ruangan bisa lebih sejuk meskipun cuaca sedang terik. 

Glasswool menjadi pilihan banyak orang untuk meredam panas pada dinding maupun atap dan meredam bunyi. Bahan ini memiliki karakteristik seperti tahan api hingga 300 derajat celcius, material yang fleksibel, terbuat dari bahan daur ulang, bobotnya ringan, hingga tahan pada area lembab. 

Sebagai peredam panas, glasswool memiliki beberapa kelebihan, seperti mudah dipasang, bahannya tahan lembab, tidak mudah terbakar karena tahan hingga 300 derajat celcius, hingga terbuat dari bahan ramah lingkungan yang bisa didaur ulang.

Meski demikian, glasswool tetap memiliki kekurangan, meliputi pemasangan harus benar agar tidak ada celah untuk masuknya panas, harga yang cukup mahal dengan fungsi yang terbatas, dibuat dalam pabrik manufaktur yang menggunakan energi tinggi dan menyebabkan polusi udara.

Baca juga: Cara Pemasangan Atap Baja Ringan

2. Aluminium Foil

peredam panas tembok
Source : iStock Photo

Peredam panas kedua adalah aluminium foil. Ini merupakan kertas logam tipis berbahan aluminium dengan ketebalan kurang dari 02 mm (0,079 in). Bahan ini banyak digunakan sebagai bungkus makanan, meskipun juga berguna untuk meredam panas. 

Aluminium sendiri adalah sejenis logam yang setelah melalui beberapa proses, disusun menjadi lembaran tipis dengan ketebalan kurang dari 0,2 mm. Lembaran aluminium dengan ketebalan kurang dari 150 micron dinamakan foil atau aluminium foil. 

Lembaran ini adalah lapisan yang mengandung 99.4 % aluminium. Aluminium foil dibuat dalam  berbagai bentuk tergantung penggunaan atau hasil akhirnya. Karakteristik aluminium foil bersifat rapuh sehingga dijadikan laminasi plastik atau kertas untuk membuatnya lebih berguna.

Keunggulan aluminium foil antara lain lentur, fleksibel, mudah dibentuk sesuai fungsi, kedap udara, air dan lemak, bersih (hygiene), tidak beracun, tidak mempengaruhi rasa dan bau ketika dijadikan kemasan makanan. Aluminium foil juga merupakan penghantar panas yang baik untuk energi listrik dan penghangat ruangan.

Adapun kekurangannya adalah dapat rusak karena pengaruh asam, garam dapur, dan logam berat. Sebenarnya aluminium foil tahan terhadap pengaruh berbagai bahan kimia, tergantung dari campuran spesifik atau agen kimia yang terkandung di dalamnya dan kontak langsung dengan aluminium foil tersebut.

Sebagai peredam panas, banyak pihak meyakini bahwa aluminium foil akan lebih optimal ketika dipasang untuk atap ketimbang dinding. Tak heran jika banyak orang memilih menggunakan atap aluminium untuk rumah mereka. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Cat Tembok Anti Air Terbaik

3. Polyurethane

peredam panas tembok
Source : iStock Photo

Peredam panas tembok berikutnya adalah polyurethane atau yang biasa disingkat dengan PU. Polyurethane adalah bahan plastik dan termasuk senyawa resin sintetis, berserat, atau elastomer. Bahan ini termasuk keluarga polimer organik yang dibuat melalui reaksi isosianat dengan senyawa bifungsional seperti glikol. 

Polyurethane dibuat dari dua bahan kimia, yaitu polimer dan urethane. Selama proses pembuatan ini, polimer dihubungkan bersama urethane untuk menciptakan sebuah bahan serbaguna yaitu polyurethane

Bahan polyurethane ini sangat cocok sebagai peredam panas karena ketahanannya terhadap panas dalam jumlah besar tanpa khawatir meleleh sekalipun. Tak heran, polyurethane merupakan bahan paling banyak dicari untuk meredam panas. 

Polyurethane punya banyak keunggulan, seperti bisa mengontrol getaran, tahan benturan, tahan abrasi, bisa menahan ketegangan dan kompresi, hingga harganya yang ekonomis dibanding material yang lain. 

Itulah beberapa material dan bahan peredam panas tembok yang bisa kamu jadikan lapisan untuk dinding rumah atau kamar. Kamu bisa melapisinya sekarang sebagai persiapan untuk musim kemarau mendatang. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download