BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Jenis Peredam Panas Atap Rumah Agar Rumah Adem
0
0

5 Jenis Peredam Panas Atap Rumah Agar Rumah Adem

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
peredam-panas-ataptop-right-banner

Indonesia adalah negara yang berada di wilayah tropis. Hal ini membuat Indonesia mendapatkan matahari hampir setiap cara memasang peredam panas atap rumah hari di sepanjang tahun. Berbeda dengan negara-negara Eropa dan Amerika, Indonesia hanya memiliki dua musim saja, yaitu hujan dan kemarau. Saat musim hujan, tentu hampir setiap hari hujan turun membasahi jalanan di Indonesia. 

Pinhome – Ketika kemarau, teriknya matahari menyinari setiap daerah. Terkadang hal ini membuat kita terganggu karena matahari yang terlalu terik juga membuat udara di dalam rumah ikut panas atau bahkan pengap jika rumah tidak memiliki ventilasi yang cukup sebagai jalan sirkulasi udara. 

Tapi tenang! Karena saat ini sudah ada peredam panas untuk atap rumah yang bisa membuat udara di dalam rumah lebih adem. Bagi Pins yang penasaran, ini dia lima jenis peredam panas atap rumah yang bisa menjadi pilihan kamu untuk membuat rumah lebih sejuk.

Alumunium Foil

(Pinterest)

Bahan yang satu ini memang sudah biasa digunakan sebagai peredam panas pada rumah. Mungkin jika mendengar alumunium foil, Pins terbayang material ini digunakan sebagai bahan pembungkus makanan atau bahkan alat bantu saat mewarnai rambut. 

Namun ternyata alumunium foil juga mampu melawan dan menahan sinar UV lho! Pins bisa menggunakan peredam panas yang satu ini sebagai pilihan solusi kamu untuk membuat rumah lebih sejuk.

Bahan alumunium foil memiliki bentuk yang elastis. Hal ini membuat peredam lebih kuat dan awet. Tidak hanya itu, bahan ini juga tahan terhadap air sehingga juga  tidak mudah rusak jika terkena air hujan. Selain itu, proses pemasangan peredam yang terbuat dari alumunium foil juga lebih mudah proses pemasangannya dan murah.

Baca juga: Kenali Guna Dari Secondary Skin Pada Bangunan Rumah

Polyester

(Pinterest)

Jika mendengar nama material yang satu ini, mungkin Pins terbayang dengan jaket atau produk tekstil lainnya. Padahal polyester juga bisa digunakan sebagai peredam panas atap rumah lho! Meski sering digunakan sebagai campuran bahan pakaian atau botol plastik, polyester mampu menyerap panas pada atap. 

Bahan ini bahkan mampu menyerap panas berlebihan dan telah banyak digunakan sebagai peredam panas pada gedung-gedung bertingkat, perkantoran, maupun bangunan fasilitas umum lainnya.

Bahan ini memiliki bobot yang ringan dan aman untuk lingkungan. Selain itu, bahan ini juga bisa digunakan untuk meredam panas baik pada dinding maupun lantai. Hanya saja kekurangan dari material ini adalah harganya yang relatif lebih mahal.

Panel Styrofoam

(Pinterest)

Material panel styrofoam menjadi salah satu material peredam panas yang tidak kalah bagus. Panel styrofoam ini mampu menyerap panas pada atap. Meski terbuat dari plastik, panel styrofoam bisa menyerap panas dengan optimal. Kelebihan dari material yang satu ini adalah harganya yang relatif terjangkau dan proses pemasangan peredam yang lebih mudah sehingga jauh lebih praktis.

Polyurethane Foam

(Pinterest)

Material yang satu ini dikenal akan kemampuannya yang bisa menyerap panas dengan baik. Polyurethane foam memiliki tekstur cair yang agak padat sehingga mampu menyerap panas dengan sangat baik. Material ini bisa digunakan sebagai peredam panas atap dalam waktu yang lama dan tidak mudah rusak jika terkena air hujan dalam waktu yang lama. Bahkan kelebihan lainnya dari material peredam ini adalah bisa digunakan pada berbagai model atap mulai dari asbes, beton, kayu, metal dan bahan atap lainnya.

Material yang satu ini tidak mudah luntur baik terkena cuaca panas atau dingin. Bobotnya yang ringan juga membuat material ini tidak terlalu membebani rumah. Material ini juga tidak memerlukan perawatan khusus.

Baca juga: Mengenal Spandek Atap Lengkap Dengan Kekurangan Dan Kelebihannya

Bubble Foil

(Pinterest)

Material bubble foil adalah salah satu peredam panas yang telah dimodifikasi. Material ini berasal dari alumunium foil. Sekilas tampilannya memang agak mirip, namun pada permukaan bubble foil terdapat lingkaran-lingkaran yang tersusun rapi dan bisa menyerap panas dengan sangat baik.

Cara Memasang Peredam Panas Atap Rumah

(Pinterest)

Dalam memasang peredam atap rumah, terdapat beberapa langkah yang harus Pins lakukan. Berikut langkah-langkah memasang peredam panas.

Cek Suhu Pada Atap

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa suhu dari sumber panas seperti atap seng, beton atau dinding. Catat suhu yang terjadi pada siang hari atau waktu dengan suhu yang sangat panas, misalnya saja pukul 12.00 siang. Dengan memeriksa suhu, maka Pins jadi dapat memilih jenis peredam yang tepat untuk membuat rumah menjadi lebih sejuk.

Tentukan Jenis Peredam

Cara memasang peredam panas atap rumah selanjutnya adalah dengan memilih jenis peredam. Pilihlah peredam dengan kemampuan menyerap panas yang baik dan sesuai dengan model atap rumah.

Memasang peredam panas harus dilakukan dengan menyesuaikan material yang dipilih. Sesuaikan material peredam dengan model atap rumah. Sesuaikan jenis peredam yang harus diletakkan sebagai peredam terluar hingga terdalam yang atap sesuai dengan model atap rumah.

Proses Pemasangan Peredam

Proses pemasangan peredam menjadi tahap paling penting. Pada proses ini pastikan bahwa sambungan dan kerapatan peredam telah tersambung dan sangat rapat. Semakin rapat dan padat sambungan, maka semakin baik peredam dalam meredam panas. Jangan biarkan ada celah sekecil apapun karena bisa mengakibatkan kebocoran panas.

Berikan jarak minimal 3 cm dengan peredam panas dengan sumber panas. Hal ini untuk membuat panas terputus yang dibantu rongga udara sehingga rambatan panas diputus atau bahkan dipantulkan ketika menggunakan peredam.

Periksa kembali jika proses pemasangan peredam sudah selesai. Lakukan pengecekan langsung ke media peredam apakah terdapat penurunan suhu yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemasangan peredam.

Itulah informasi mengenai jenis-jenis peredam yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menyejukkan rumah dan juga cara memasangnya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download