BlogPemilik PropertiDesain Hunian13 Cara Membuat Peredam Kamar Tidur Sendiri
0
0

13 Cara Membuat Peredam Kamar Tidur Sendiri

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Jun 27, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
cara-membuat-peredam-suara-ruangan-sendiritop-right-banner

Kamar tidur adalah tempat di mana Pins beristirahat dan mendapatkan ketenangan setelah seharian beraktivitas. Namun, terkadang suara dari luar atau pun dalam rumah seken di Depok bisa mengganggu kenyamanan tidur. Untungnya, Pins bisa membuat peredam kamar tidur untuk mengurangi kebisingan yang terjadi.

Membuat peredam suara di ruangan ternyata tidak semerepotkan yang dipikirkan. Pins bisa menggunakan bahan-bahan yang bisa dibeli di online marketplace. Penasaran? Simak tips membuat peredam kamar sendiri di sini!

Cara membuat peredam kamar tidur sendiri

Selain mengurangi suara dari luar, tidak jarang Pins sering membuat suara yang bisa mengganggu ruangan lain. Contohnya, bernyanyi, bermain alat musik, atau sekadar berbincang seputar mengajukan KPR dengan volume suara yang agak keras.

Ini tentu bisa mengundang perhatian penghuni rumah lainnya. Bahkan, hal terburuk adalah mengganggu aktivitas penghuni rumah lain. Itu sebabnya, Pins bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk membuat peredam suara sendiri.

Baca Juga: Suara Bising Sangat Mengganggu? Ini Dia 8 Cara Membuat Rumah Kedap Suara

Pasang Door Seal Pada Pintu

Doar seal peredam kamar tidur
Source : Pinterest

Pada pintu ruangan, umumnya terdapat celah-celah kecil yang menjadi tempat keluar masuknya udara. Celah-celah ini bisa menjadi pintu utama kebocoran suara dari ruangan kamu. 

Pins perlu memasang door seal pada pintu agar suara tidak keluar dari ruangan. Pilihlah door seal yang tebal agar ruangan benar-benar kedap suara. Selain membuat ruangan kedap suara, door seal ini juga membantu mencegah debu dan serangga masuk ke dalam ruangan dari celah udarah pintu.

membuat peredam kamar tidur sendiri
Source : Pinterest

Sama dengan pintu, celah pada jendela juga bisa menjadi pintu kebocoran suara dari ruangan kamu. Penting untuk menutup celah-celah pada jendela. Hal ini akan sangat membantu meredam suara yang berasal dari ruangan Pins.

Gunakan Tirai yang Tebal

Source : Pinterest

Cara ketiga untuk membuat peredam kamar tidur yaitu dengan menggunakan tirai yang tebal pada jendela. Pins bisa menggunakan gorden dengan material kain yang tebal supaya mampu menahan suara dari dalam ruangan. Tirai ini bisa kamu pasangkan pada jendela dan pintu supaya kedua pintu utama keluarnya suara ini memiliki barrier yang lebih kuat.

Baca juga: 15 Pilihan Desain Kamar Tidur Hitam Elegan & Nyaman

Pasang Karpet Karet Pada Dinding

Source : Pinterest

Karpet karet atau rubber mat adalah salah satu cara membuat peredam suara kamar tidur yang perlu kamu lakukan. Penggunaan rubber mat ini bisa kamu tempelkan pada lantai dan dinding agar ruangan dapat lebih kedap suara. Pastikan kamu menggunakan rubber mat dengan ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Gunakan Drywall

Membuat peredam kamar tidur
Source : Pinterest

Selain rubber mat, penggunaan drywall juga bisa menjadi alternatif solusi dalam membuat peredam kamar tidur. Pins bisa menggunakan drywall dengan ketebalan setengah inci sebagai perlindungan ekstra pada dinding maupun lantai. Hal ini akan menahan suara supaya tidak bocor hingga keluar ruangan kamu.

Baca juga: Bagaimana Posisi Kamar Tidur yang Baik? Cek di Sini!

Pakai Karpet Tebal di dalam Kamar

Source : Pinterest

Pins, tahukah kamu bahwa penggunaan karpet tebal di kamar bisa membantu meredam suara dari kamar? Hal ini karena karpet tebal tersusun dari bahan-bahan yang dapat menyerap suara sehingga Pins tidak perlu khawatir akan mengganggu anggota keluarga lain.

Pins tidak perlu ragu mencoba cara ini karena terbilang mudah dibandingkan cara-cara yang lain. Pins hanya perlu mencari karpet tebal yang cocok dengan konsep rumah. Kemudian memasangnya.

Gunakan Vinyl

Membuat peredam kamar tidur
Source : Pinterest

Suara biasanya akan terpantul ke permukaan yang keras seperti dinding, lantai dan langit-langit rumah. Demi meminimalisir suara yang terpantul ini, Pins bisa menggunakan lantai vinyl untuk membantu meredam kebisingan dari dalam ruangan. 

Namun, jika penggunaan vinil ini bisa mengeluarkan biaya yang besar, Pins bisa menggunakan karpet tebal pada lantai supaya lantai dapat tetap menahan kebisingan dari ruangan.

Baca juga: 15 Desain Kamar Tidur Unik dan Kreatif untuk Ditiru

Pakai Gypsum di Langit-Langit

Source : Pinterest

Pemasangan gypsum pada ruangan kedap suara ini memang umum dilakukan. Gypsum ini biasanya dipasang pada langit-langit ruangan supaya ruangan dapat kedap terhadap suara secara sempurna. 

Hal ini akan mencegah bocornya suara melalui celah dari langit-langit rumah. Gypsum sendiri memiliki ketebalan yang bervariatif. Namun, hal ini bisa kamu sesuaikan kembali dengan kebutuhan Pins.

Pasang Panel Akustik di dalam Ruangan

Membuat peredam kamar tidur
Source : Pinterest

Cara membuat peredam suara kamar tidur selanjutnya adalah dengan melakukan pemasangan panel akustik. Biasanya panel akustik ini digunakan pada studio-studio musik supaya benar-benar kedap terhadap suara. 

Pemasangan ini dilakukan untuk mencegah suara yang memantul dari permukaan keras, serta menghalangi gelombang keluar melalui pintu atau jendela. Hal ini sangat efektif untuk membuat ruangan kamu menjadi kedap suara.

Cat Dinding Ruangan dengan Cat Khusus Peredam Suara

Source : Pinterest

Mungkin banyak dari Pins yang belum mengetahui cara membuat peredam kamar tidur yang satu ini. Cat dinding peredam ini memang didesain khusus agar meminimalisir suara dapat bocor keluar ruangan. 

Pins bisa menggunakannya sebagai cat pada desain interior maupun eksterior rumah. Cat dinding kedap suara ini bisa kamu aplikasikan baik pada dinding maupun plafon rumah supaya memberikan proteksi ekstra agar suara tidak bocor ke luar ruangan.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Backdrop Kamar Tidur Sederhana Yang Estetik

Pasang Insulasi

pemasangan insulasi
Source : Pinterest

Insulasi adalah metode yang dapat mengurangi perpindahan panas atau kalor. Pada beberapa rumah, umumnya menggunakan insulasi untuk membuat ruangan di dalam rumah terasa lebih sejuk. Namun untuk meredam suara, pemasangan insulasi ini digunakan untuk mengurangi kebisingan dari ruangan.

Gunakan Perabotan Secukupnya

membuat peredam kamar tidur
Source : Pinterest

Cara selanjutnya yang bisa membantu meredam suara adalah dengan menggunakan perabotan secukupnya. Perabotan ini bisa menjadi tempat pantulan suara. Pins bisa menggunakan beberapa barang berukuran besar, seperti lemari, meja, atau barang-barang lainnya. 

Namun pikirkan juga kenyamanan kamu saat berada di ruangan. Jangan sampai kamu meletakkan perabotan secara berlebihan, sehingga ruangan akan menjadi lebih sempit. Tentu hal ini bisa membuat kamu tidak nyaman saat beraktivitas di ruangan.

Tanam Tanaman Menjalar di Luar Kamar

Source : Pinterest

Apabila Pins menyukai tanaman, tidak ada salahnya jika Pins juga menanam tanaman menjalar di luar kamar. Selain membuat rumah tampak hijau dan segar, rupanya tanaman menjalar efektif dalam mengurangi suara yang keluar dari dalam kamar. 

Cara ini pun sebenarnya terbilang sederhana. Pins hanya perlu menanam tanaman menjalar di sekitar kamar. Tidak perlu terlalu rimbun yang penting bisa sedikit menutup bagian luar kamar. Pins harus juga memastikan untuk tidak lupa merawatnya agar rumah Pins tetap terlihat rapi dari luar.

Itulah 13 cara membuat peredam suara ruangan sendiri yang bisa kamu terapkan dengan mudah. Semoga dengan ulasan di atas, kamu dapat terbantu untuk memasang peredam ruangan secara mandiri.

Baca juga: 11 Tanaman Rambat untuk Kanopi yang Lebih Cantik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download