BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Fungsi Plint Keramik Dinding Di Rumah yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!
0
0

7 Fungsi Plint Keramik Dinding Di Rumah yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 9, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
fungsi plin keramik dindingtop-right-banner

Pins, apakah kamu pernah memperhatikan di bagian bawah dinding rumah kamu, ada benda semacam panel yang membatasi antara ujung lantai dengan ujung dinding? Nama benda tersebut adalah plint keramik atau plint lantai. Fungsi plint keramik dinding ini ternyata banyak sekali walaupun bentuknya sederhana dan dapat terbuat dari kayu.

Plint juga dapat menjadi fitur rumah yang berguna. Salah satu fungsinya adalah mencegah debu menumpuk pada sisi dinding agar lebih mudah dibersihkan. Meskipun bentuknya sederhana, plint juga dapat menambah keindahan ruangan, lho!

Sebelum itu segera instal aplikasi Pinhome yang membantumu untuk melakukan Pengajuan KPR. Kamu bisa pula menemukan hunian dekat Stasiun Blimbing, rumah di Pademangan, rumah di Pasuruan hingga unit di Pakubuwono Menteng.

Baca juga: Desain Panel Dinding

Fungsi Plint Keramik Dinding

Yuk, kenali beberapa fungsi plint keramik dinding yang mungkin kamu belum tahu dalam ulasan berikut ini! Tersedia pula informasi seputar kesalahan umum ketika pemasangannya tips dalam memasang plint.

1. Dapat Mempercantik Ruangan

Source : Lantai Kayu

Tidak hanya fungsional, plint juga dapat memberikan aksen dekorasi ruang tamu aesthetic. Pemilihan warna plint yang senada dengan dinding justru akan memberikan kesan ruangan tersendiri.

Beberapa material plint yang bisa kamu pilih antara lain berbahan kayu, plint model blok, dan masih banyak lagi. Desain dapat kamu sesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan ya, Pins!

2. Solusi Finishing pada Sudut Dinding

Source : Pinterest

Sudut dinding yang tajam kadang menjadi sebuah polemik saat akan dilakukan finishing karena dirasa tidak banyak yang bisa dilakukan. Plint keramik bisa jadi solusinya. Selain indah, plint dapat melindungi sisi dinding yang tajam dan meningkatkan keamanan rumah.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan agar hasil pemasangan plint rata dan kuat. Jika tidak, justru dapat berpotensi membuat orang yang lewat tersandung, terluka, dan jatuh.

3. Membantu Memposisikan Perabot

Source : Medium

Plint juga dapat membantu kamu ketika ingin meletakkan perabot rumah dengan menjadi acuan. Plint dapat menjadi perkiraan untuk kamu agar tidak terlalu dekat atau jauh meletakkan perabot. Hal ini juga dapat mengurangi gesekan antara perabot dan dinding yang dapat merusak dinding dan membuat perabot lecet.

4. Menyembunyikan Kabel Listrik

Source : Skirting 4 u

Seringkali dijumpai di rumah-rumah, terdapat kabel yang panjang sehingga harus dipaku pada dinding atau diletakkan pada sudut lantai. Hal ini tentu akan sangat berbahaya jika kamu memiliki orang tua, balita, atau bahkan hewan peliharaan di rumah karena akan berpotensi tersetrum atau terluka.

Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan plint keramik. Kamu dapat menyembunyikan kabel-kabel yang berada di lantai agar lebih aman dan awet tentunya. Selain itu, kabel yang tersembunyi akan membuat rumah kamu menjadi lebih rapi dan bersih.

5. Mengatasi Permasalahan Celah Dinding dan Lantai

Source : Freepik

Jika terdapat celah antara dinding dan lantai dari hasil konstruksi yang kurang baik, tentu akan sangat mengganggu penampilan rumah. Kamu bisa mengakali hal ini dengan menggunakan plint keramik.

Nantinya, plint keramik akan menutupi celah tersebut agar tampak lebih indah dan rapi. Plint juga memiliki harga yang lebih murah dan terjangkau. Kamu jadinya tidak harus memanggil tukang bangunan rumah yang baik lagi karena bisa dikerjakan mandiri.

6. Melindungi Dinding Agar Tidak Keropos

Source : Lantai Kayu

Kamu dapat menggunakan plint dari aluminium untuk menjaga dinding agar tidak mudah keropos. Cat dinding atau wallpaper tentunya akan mengelupas lama kelamaan akibat dari suhu, kelembapan, dan cuaca di sekitar rumah. Hal ini tentu akan meresahkan karena kamu harus merenovasi dinding agar tampak lebih rapi seperti semula.

Plint aluminium membantu menjaga dinding agar lebih awet dan tahan lama. Selain itu, finish metalik juga akan membuat rumah terasa lebih modern dan keren.

7. Membuat Dinding Terlihat Simetris

Source : Pinterest

Memasang plint akan membantu membuat dinding terlihat lebih simetris. Kamu bisa menggunakan plint berbahan PVC untuk memberikan penampilan halus dan simetris.

Kesalahan yang Sering Terjadi Pada Pemasangan

Kesalahan yang sering terjadi dalam pemasangan plint keramik pada dinding adalah tidak dipasang rata. Lengkap dengan nat 0,5 mm cekung, karena ada juga yang dipasang timbul sehingga menempel pada dinding.

Akibatnya bagian atas bisa menjadi tempat menempelnya debu. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus maka dapat menyebabkan ruangan nampak kotor dan kurang mudah dalam pembersihan.

Kendala lainnya adalah nat yang dibuat cekung dan ada tali air. Ukuran nat yang tidak sesuai akan mengganggu pemasangan plint karena terlalu besar. Pins juga perlu mengecet kesesikuan pada sudut lantai dengan menggunakan water pass siku. sebaiknya gunakna siku besar minimal 60×60 cm.

Baca juga: Jenis Cat Dinding Rumah dan Fungsinya

Tips Memasang Plint Keramik Dinding

fungsi plin keramik dinding
Source : Courtina.id

Penyebab sering terjadinya kesalahan adalah pertimbangan kemudahan dalam pemasangan karena hanya tinggal menempel saja. Tanpa harus melakukan bobok dinding dan perapihan nat plint dinding.

Jadi, agar dapat menghasilkan kualitas bagus maka perlu diperhatikan dengan benar dari mulai pemilihan bahan plint keramik. Cara pemasangan plint keramik dan bagaimana merawatnya agar tetap awet tahan lama.

Nah, itu dia beberapa fungsi plint keramik dinding dan cara memasangnya, sangat membantu bukan? Bagaimana Pins, berminat untuk pasang plint keramik dinding juga? Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat.

Baca juga: Merek Cat Tembok Terbaik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Britania Green Resort dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download