BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Referensi Model Pintu Rumah Industrial yang Menarik
0
0

6 Referensi Model Pintu Rumah Industrial yang Menarik

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Des 1, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Model Pintu Rumah Industrialtop-right-banner

Rumah bergaya industrial bisa menjadi pilihan untuk kamu yang suka gaya simple namun tegas dan berkarakter. Namun kamu harus totalitas dalam membuat desain rumah ini, termasuk model pintu rumah industrial yang juga harus kamu pikirkan. 

Memilih model pintu yang tepat untuk konsep industrial sangat penting agar seluruh komponen rumah bisa senada dari segi desain. Jangan sampai kamu menggunakan konsep industrial, tapi pintu rumahnya bergaya klasik atau minimalis yang tidak matching

Sebelum lanjut, kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue yang mempermudah proses pembelian dan penjualan properti. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari tahu estimasi harga rumah bekas di Jakarta Timur atau perumahan di BSD

Baca juga: 10 Model Kusen Pintu dan Jendela Minimalis untuk Hunian Simpel

Mengenal Konsep Desain Industrial

Model Pintu Rumah Industrial
Source : Pinterest

Industrial artinya adalah konsep desain yang memberikan tampilan berkesan setengah jadi atau unfinished. Konsep industrial terlihat unik, to-the-point, dan apa adanya ini terinspirasi dari berbagai komponen industri. 

Gaya industrial identik dengan gaya interior pabrik industri pada abad ke-19. Sejarah konsep industrial adalah dari orang Eropa di mana mereka seringkali menggunakan bangunan pabrik yang tidak digunakan sebagai hunian.

Mereka akan membiarkan tampilan bangunannya tanpa dipoles atau diubah sedikitpun. Inspirasi dari sebuah gaya industrial sangat erat pada gaya mentah yang terlihat di gudang, pabrik, atau struktur industri lainnya. 

Hal ini ditunjukkan dengan tampilan detail arsitektur yang nampak terbuka seperti penggunaan batu bata tanpa plester. Sementara detail pada bangunan industrial sering menggunakan bahan batu bata, metal, atau material daur ulang lainnya.

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat konsep industrial, seperti menggunakan material besi, aksen kayu yang dominan, hingga bagian dinding dari bata atau semen ekspos tanpa finishing berupa cat.

Baca juga: Beragam Jenis Pintu Rumah yang Punya Desain Menarik

Model Pintu Rumah Industrial

Pintu merupakan akses utama seseorang untuk masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, pintu menjadi representasi dari seluruh gaya desain yang diterapkan oleh pemilik pada sebuah rumah. 

Begitu pula dengan rumah bergaya industrial. Kamu sebaiknya juga memilih model pintu yang cocok dan mewakili gaya unfinished khas dari konsep industrial, Pins. Berikut beberapa rekomendasi pintu rumah industrial yang bisa kamu pilih. 

1. Pintu Kayu dengan Kusen Hitam

model pintu rumah industrial
Source : Pinhome

Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu cara menerapkan konsep industrial adalah penggunaan aksen kayu yang dominan. Dalam hal ini, kamu bisa memilih daun pintu kayu dengan garis horizontal dengan warna khas kayu alami. 

Untuk menambah kesan kuat pada gaya industrial, pilih kusen pintu dari besi dengan warna hitam doff. Perpaduan aksen kayu dengan besi berwarna hitam akan sangat merepresentasikan konsep industrial di rumah. 

2. Daun Pintu Besi Hitam

model pintu rumah industrial
Source : Pinhome

Model pintu kedua kebalikan dari model pertama. Pada model ini, kamu bisa memilih daun pintu dari besi berwarna hitam doff yang tegas. Sementara pada bagian kusen dan dinding sekitar pintu dibuat dengan aksen kayu berwarna coklat. 

Tampilan fasad rumah ini sangat kental nuansa industrialnya. Sebelum masuk ke arah pintu, kamu sudah disambut dengan pijakan beton dan bebatuan di sela-selanya. Ada juga tiga tiang yang berjajar di depan rumah. 

Baca juga: Inilah Jenis-Jenis Kusen Rumah Beserta Keunggulannya

3. Dua Daun Pintu

model pintu rumah industrial
Source : Pinhome

Model pintu berikutnya menggunakan dua daun pintu yang bisa dibuka secara bersamaan. Daun pintu bagian tengah menggunakan material kayu, namun dilapisi besi hitam pada bagian tepinya. 

Besi berwarna hitam juga dijadikan sebagai kusen pintu sehingga serasi dengan bagian tepi daun pintu. Untuk menambah kesan industrial, pintu ini diapit dengan kaca riben berbingkai besi hitam. 

4. Pintu Rumah Double

Pintu rumah double
Source : Pinhome

Pintu double merupakan salah satu model pintu yang memberikan nilai estetika dan keamanan ganda. Kamu juga bisa memilih model pintu ini untuk rumah bergaya industrial milikmu itu. 

Untuk pintu bagian dalam, kamu bisa memilih material kayu. Sementara pintu bagian luar dibuat untuk melengkapi konsep industrial, yaitu menggunakan material baja berwarna hitam yang kokoh. 

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Kayu Pada Pintu dan Jendela

5. Pintu Geser

Pintu geser besi minimalis
Source : Pinhome

Model pintu geser sangat efektif untuk kondisi rumah yang tidak terlalu luas. Buka tutup pintu dengan cara digeser ini membuat hemat ruang sehingga bisa menjadi solusi cerdas untuk rumah bergaya industrial yang sempit. 

Berbeda pada pintu geser dengan model rumah minimalis atau klasik, pintu geser pada rumah industrial harus menggunakan material yang merepresentasikan konsep desain ala pabrik. Dalam hal ini, kamu bisa membuat pintu dari bahan baja berwarna hitam.

6. Pintu Kaca

Pintu kaca
Source : Pinhome

Model pintu kaca juga bisa menjadi opsi untuk pintu rumah industrial kesayangan. Kotak kaca pada pintu ini dibuat dengan ukuran yang lebih lebar dengan frame dari besi atau baja berwarna hitam. Pintu ini dipasang pada dinding dengan material bata yang terekspos dan tidak dihaluskan sama sekali. 

Itulah 6 referensi model pintu rumah industrial yang bisa kamu jadikan inspirasi. Penting untuk memastikan bahwa model pintu yang dipilih senada dengan desain rumah secara keseluruhan. 

Baca Juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi [Anchor Text] dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download