BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Desain Eternit Atap Rumah dan Jenisnya
0
0

5 Desain Eternit Atap Rumah dan Jenisnya

Dipublikasikan oleh Ambar Eka Purbowani dan Diperbarui oleh Ambar Eka Purbowani

Apr 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
eternit atap rumahtop-right-banner

Setelah banyaknya model rumah minimalis dan atap rumah yang digunakan pada zaman sekarang. Seperti model rumah atap segitiga dan rumah minimalis atap rata. Penggunaan eternit pun menjadi lumrah dan melekat dihati masyarakat Indonesia. Eternit atap rumah pada awalnya sering dikenal dengan asbes yang terbuat dari material semen dan fiber.

Namun semakin kesini yang dimaksud dengan eternit bagi masyarakat Indonesia adalah plafon rumah. Jadi eternit yang dimaksud adalah eternit atap rumah untuk menutupi atap rumah dan mempercantik bagian dalam rumah. Terdapat berbagai desain interior yang menarik dan bermacam tema dapat kamu wujudkan dengan pemilihan eternit yang tepat.

Eternit sendiri banyak digemari masyarakat Indonesia dan digunakan dalam bermacam bangunan. Tidak hanya rumah tapi juga penginapan, hotel, kantor, sekolah dan banyak lagi. Kelebihan penggunaan eternit biasanya terletak di pemasangan yang lebih cepat, tahan api dan ekonomis.

Bagi kamu yang mencari desain eternit atap rumah dan mau mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan penerapannya. Ada Baiknya menyimak artikel ini sampai habis. Yuk kita intip inspirasi desain eternit yang dapat kamu pakai!

Baca juga: Pilihan Model Atap Rumah 3 Susun & Kelebihannya

Eternit Atap Rumah Bergaya Polos

Source : priglotech

Eternit bergaya polos dapat kamu temukan dalam banyak desain interior bangunan di Indonesia. Masyarakat Indonesia pada umumnya memilih desain ini . Kelebihan dari desain eternit yang polos adalah pengerjaannya yang cepat dan hemat biaya. Kamu juga mudah mencari tukang untuk membuat eternit bergaya polos ini.

Biasanya desain eternit seperti ini banyak ditemukan di bangunan sekolah, kampus dan rumah pribadi. Kekurangan dari desain eternit polos adalah terlihat biasa saja dan kurang menarik.

Eternit dengan Pencahayaan Tersembunyi

eternit atap rumah
Source : pixabay

Kamu yang menyukai desain minimalis dan kekinian dapat memilih desain eternit yang menggunakan pencahayaan tersembunyi. Biasanya desain ini diaplikasikan pada ruang tamu dan ruang keluarga. Kelebihan dari penggunaan eternit dengan pencahayaan tersembunyi dapat kamu rasakan pada suasana ruangan yang hangat.

Ruangan terlihat lebih hangat karena pancaran lampu yang lebih lembut. Sementara kekurangan dari desain eternit seperti ini adalah ribetnya dalam penggantian lampu yang putus. Kamu akan kesulitan menggantinya sendiri dan lebih besar kemungkinan untuk memanggil tenaga profesional dalam hal ini.

Eternit Berlapis

eternit atap rumah
Source : pixabay

Eternit seperti ini dapat kamu terapkan pada ruang tidur dan ruang baca. Konsep desain adalah eternit berlapis dengan beberapa eternit dominan. Biasanya terlihat seperti kubus yang banyak.

eternit atap rumah
Source : pixabay

 Kelebihan dari desain eternit berlapis dapat mengikuti gaya rumah modern maupun klasik. Kamu dapat menerapkannya sesuai dengan tema rumah yang dipilih. Saat diterapkan di rumah bergaya modern akan terlihat megah dan indah. Sementara penerapan pada gaya rumah klasik akan menambah kesan sederhana dan hangat.

Kekurangan dari desain seperti ini adalah biaya pemasangan yang mahal dan pengerjaan yang lama. Tukang perlu membuatnya dengan detail dan simetris. Untuk kamu yang mengejar pengerjaan rumah dengan deadline cepat sebaiknya meninggalkan desain eternit berlapis.

Baca juga: 12 Model Atap Rumah Terbaru Untuk Hunian Modern

Eternit Melengkung

Biasanya desain eternit melengkung dapat kamu temukan di aula-aula besar. Seperti aula yang mengangkat nuansa kerajaan.

Source : pixabay

Kelebihan penggunaan desain ini adalah kesan mewah bernuansa kuno yang tidak lekang dimakan waktu. Kekurangannya sendiri terletak pada pemasangan yang memakan waktu lama dan biaya mahal. Tenaga tukang yang dibutuhkan pun terbatas dan harus ahli untuk menghindari lengkungan yang tidak rapi.

Baca juga: 12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

Eternit Gantung

eternit atap rumah
Source : pixabay

Eternit gantung cocok digunakan pada berbagai ruangan yang ada di rumah kamu. Desain ini menjadikan rumah lebih Indah dan terlihat lebih luas. Kelebihan penggunaan eternit jenis ini dari segi pemasangan yang cepat dan  mudah dikerjakan. Sehingga kamu dapat menemukan tenaga profesional dengan mudah.

Sementara kekurangan dari desain eternit gantung adalah pemilihan warna harus hati-hati karena dapat membuat ruangan menjadi suram dan sempit. Sebaiknya lakukanlah diskusi dengan orang-orang yang memiliki keilmuan di bidang ini.

Jenis Material Eternit

Selain desain dari eternit yang dapat kamu terapkan pada bangunan. Ada Baiknya kamu  juga melihat jenis-jenis bahan eternit yang dapat kamu gunakan. Berikut jenis eternit yang dapat kamu gunakan:

PVC

Polyvinyl Chloride atau yang paling sering ditemukan penggunaanya pada pipa air kini kita temukan juga dalam pembuatan eternit. eternit yang berbahan PVC memiliki  kelebihan seperti anti rayap, anti cicak, ringan dan mudah dalam pemasangannya. Untuk kekurangannya sendiri terletak pada pengecatannya tidak dapat dilakukan manual serta harganya yang masih tinggi.

Baca juga: 5 Tips Desain Atap Rumah Terbaik Untuk Kamu

Gypsum

Penggunaan gypsum untuk instalasi eternit atap rumah sangat dianjurkan untuk kamu yang menginginkan rumah berkonsep modern dan minimalis. Kelebihan penggunaan gypsum terletak pada harga yang ekonomis serta mudah ditemukan.

Kekurangan penggunaan eternit dengan bahan ini pada saat terjadi kebocoran atap. Daya serap gypsum yang tinggi terhadap air menjadikan beban bertambah dan rentan roboh.

Triplek

Dibandingkan dengan jenis bahan lainnya, penggunaan triplek dinilai paling ekonomis. Triplek dapat dipasang dengan cepat dan mudah karna bentuk dan bobotnya yang ringan. Sementara kekurangan dari triplek termasuk kedalam material sangat mudah terbakar dan mudah rusak jika terkena air.

Sehingga kamu harus benar-benar melakukan perawatan terhadap atap rumah saat menggunakan eternit berbahan triplek ini.

Pins dapat memilih eternit atap rumah sesuai dengan selera, budget, dan estimasi waktu pemasangannya. Selamat memilih Eternit untuk rumah impianmu Pins!. Jangan lupa untuk selalu berdo’a dan semangat dalam mewujudkan impian-impian kamu.

Baca juga: 9 Atap Rooftop Rumah Sebagai Peneduh dari Terik Matahari

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download