Pinhome

Mengenal Jenis Hingga Harga Model Wallpaper Dinding Rumah

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra ∙ 2 December 2021 ∙ 7 menit membaca

Menginginkan suasana rumah baru tapi budget terbatas? Pins bisa mengganti tema ruangan di dalam rumah dengan pengaplikasian wallpaper tembok. Dengan pengaplikasian wallpaper yang baik, rumah Pins akan semakin menarik. Sebelum itu, kenali dulu yuk jenis dan harganya!

Pinhome – Layaknya bintang utama dalam sebuah film, Interior hunian juga menjadi sorotan utama dalam unsur desain rumah. Tata letak perabot rumah tangga beserta desain di dalamnya menjadi hal yang amat penting bagi para penghuni. Bagaimana tidak? Segala hal yang ada di dalam rumah menjadi faktor utama terciptanya kenyamanan bagi para penghuni.

Tidak terkecuali untuk model wallpaper dinding rumah. Salah satu material ini bisa menjadi pilihan untuk Pins yang ingin mengubah desain interior dengan bujet yang terbatas. Ragam jenis wallpaper pun kini kian bervariasi. Jadi, Pins tidak perlu khawatir ketinggalan zaman. Ingin mengetahui jenis dan harganya? Simak yuk ulasannya di bawah ini!

Wallpaper Kayu Minimalis

wallpaper tembok
(Wayfair.com)

Untuk rumah minimalis milik Pins, Pins bisa mengaplikasikan wallpaper 3D motif kayu yang sedang hits. Wallpaper ini terkesan mewah tetapi memiliki harga yang cukup terjangkau. Satu roll wallpaper ini dibanderol dengan harga Rp 16.000 – Rp 40.000 per roll dengan variasi ukuran yang beragam. Untuk wallpaper 3D jenis foam harganya lebih murah dibanding dengan bahan pvc dengan motif serat kayu.

Wallpaper Kamar Anak

wallpaper tembok
(Isibangunan.com)

Selanjutnya, bila Pins hanya ingin mengubah tampilan dekorasi kamar anak. Pins dapat menggunakan wallpaper kamar dengan motif yang disukai anak-anak. Mulai dari tema pirates, spaceship, sampai motif karakter kesukaan buah hati. Harganya pun cukup beragam mulai dari Rp 20.000 – Rp 40.000 per roll dengan mayoritas bahan jenis vinyl. Jenis bahan satu ini tidak mudah robek dan tahan pada kelembapan.

Baca Juga: Tips Mengecat Ulang Dinding Rumah Untuk Pemula

Wallpaper 3D Pemandangan

wallpaper tembok
(Isibangunan.com)

Tidak sedikit pula dari para penghuni rumah yang menyukai kesan ruangan yang hidup pada pengaplikasian wallpaper. Seperti wallpaper 3D suasana sungai, danau, maupun pegunungan. Wallpaper jenis ini menimbulkan kesan asri dan nyaman pada rumah sehingga penghuni serasa berada di luar ruangan. Walau jarang yang mengaplikasikan pada dinding rumah, tetapi Pins dapat membelinya dengan harga Rp 160.000 per roll. Wallpaper 3D ini juga bisa custom, lho Pins!

Baca Juga: 8 Ide Panel Dinding untuk Interior Rumah

Wallpaper Timbul

wallpaper tembok
(Bukalapak.com)

Wallpaper yang terkesan timbul memiliki jenis wallpaper heavy duty paper. Wallpaper 3D satu ini sangat tebal dan bertekstur. Pins dapat merasakan teksturnya saat meraba bahan ini. Apa pins tertarik mengaplikasikanya di rumah? Harganya berkisar Rp 500.000 per roll dan memiliki ketahanan yang kuat. Wallpaper jenis ini tergolong mahal dibandingkan dengan model wallpaper dinding rumah jenis lainnya.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Motif Garis Pada Tembok

Wallpaper Tembok Kain Beludru

wallpaper tembok
(Freepik.com)

Nah, untuk Pins yang lebih menyukai wallpaper tembok kamar dengan jenis kain, Pins bisa memilih motif yang cerah maupun menghasilkan kesan sendu dalam ruang kamar. Jenis kain beludru memang jarang digunakan karena perawatannya yang terbilang tidak murah. Untuk Pins yang ingin mengaplikasikan pada tembok kamar, Pins bisa custom dengan harga mulai dari Rp 145.000 per roll. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Sofa Beserta Pelapisnya

Wallpaper Tembok Motif Bunga

(Rumahlia.com)

Terakhir ada model wallpaper dinding rumah motif bunga yang sering digunakan. Wallpaper tembok motif bunga dapat Pins aplikasikan pada ruang tamu feminin milik Pins maupun kamar tidur. Harga yang dibanderol per roll mulai dari Rp 30.000 dengan bahan PVC berkualitas. Apa Pins juga tertarik?

Baca Juga: Daftar Harga Pipa PVC Terbaru

Beberapa Tips Memasang Wallpaper yang Baik

Untuk pemasangan wallpaper tembok sendiri ada beberapa tips yang dapat membantu Pins dalam pengaplikasian seperti di bawah ini :

  • Ukur luas tembok untuk keperluan pemasangan

Pengukuran luas tembok yang tepat akan mempermudah Pins untuk pengaplikasian model wallpaper dinding rumah. Gunakan meteran dan ukur luas dinding yang akan diaplikasikan:

(panjang x tinggi ruangan) – (luas jendela atau pintu).

  • Beli motif wallpaper yang sesuai dengan keinginan

Tentukan motif wallpaper yang sesuai dengan selera, dan ruangan mana yang akan diaplikasikan model wallpaper dinding rumah tersebut. Usahakan agar tema selaras dengan fungsi ruangan dan furniture yang ada di dalamnya.

  • Bersihkan terlebih dahulu bagian tembok yang ingin dipasang wallpaper

Bersihkan secara keseluruhan bagian yang akan diaplikasikan wallpaper termasuk frame foto atau dekorasi lainnya yang terpasang. Selanjutnya lap dengan kain secara perlahan pada bagian yang kotor atau amplas pada bagian yang tidak rata.

  • Sediakan alat pemasangan wallpaper yang dapat Pins beli di toko terdekat

Secara umum alat yang harus Pins persiapkan adalah amplas, tangga, lem perekat, meteran/penggaris, kuas lem, ember, plastik, roll dan spons.

  • Setelah itu, potong wallpaper sesuai dengan ukuran

Model wallpaper sendiri ada yang berbentuk roll maupun lembaran. Potong sesuai dengan ukuran yang telah diukur sebelumnya.

  • Lekatkan dengan cairan perekat yang baik

Lekatkan wallpaper dinding pada dinding yang telah disediakan dengan cairan perekat yang baik. Pastikan lem telah merekat dengan baik pada dinding dan rasakan teksturnya. Pins dapat meratakan wallpaper tembok dengan roll maupun penggaris.

  • Potong dengan cutter bila ada bagian wallpaper yang lebih

Bila Pins sudah yakin semua terpasang, Pins bisa cek kembali bagian-bagian ujung wallpaper tembok. Potong kelebihan wallpaper pada ujung agar terlihat lebih rapi.

  • Cek kembali keseluruhan bagian dan diamkan mengering

Setelah semuanya sudah teraplikasi dengan baik, biarkan mengering dan wallpaper tembok Pins siap digunakan.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Rak Buku Minimalis

Tips Menggunakan Wallpaper

Wallpaper memiliki daya tahan 8 sampai 10 tahun, dibandingkan dengan cat dinding yang tahan hanya dalam 2 tahun dan sudah harus dicat ulang karena warnanya cenderung menjadi kusam. Apabila kamu ingin menggunakan wallpaper di rumah maka perhatikan beberapa tips berikut ini, yaitu :

Pasang Wallpaper Tidak Harus Mahal

Pasanglah wallpaper di salah satu sisi tembok dan tambahkan kaca pada sisi seberangnya. Hal ini akan dapat memantulkan motif wallpaper tersebut tanpa Anda harus memasangnya di kedua sisi tembok. Pertimbangkan juga pilihan tempat yang kreatif seperti mengaplikasikan wallpaper di area yang kecil di area rak buku.

Baca Juga: Cara Membuat Rak Buku dari Kardus

Pilih Motif yang Sesuai

Pemilihan model wallpaper dinding rumah harus sesuai agar dapat digunakan untuk ruangan yang membutuhkan suatu ketenangan. Tempat favorit yang dapat diaplikasikan wallpaper, misalnya adalah kamar tidur dan kamar mandi. Jangan memakainya di ruangan yang besar seperti ruang keluarga karena akan membuat detail motif menjadi tidak terlihat.

Baca Juga: Pondasi Cakar Ayam untuk Rumah 2 Lantai

Pasang Wallpaper di Ruangan Kecil

Sebisa mungkin hindari memasang wallpaper dengan motif yang kecil dan berwarna gelap di dalan ruangan yang kecil, karena akan membuat ruangan tersebut menjadi lebih suram dan terasa semakin kecil. Untuk ruangan yang kecil lebih baik menggunakan wallpaper dengan motif yang cukup besar seperti gambar tumbuhan ataupun hewan seperti burung, kucing, atau sapi. Desain wallpaper dengan motif berukuran besar akan memberikan ilusi tembok ruangan menjadi semakin lebih besar.

Baca Juga: Harga Jasa Bangun Rumah Murah

Wallpaper untuk Kamar Tidur

Untuk kamar tidur, lebih baik pasanglah wallpaper di dinding bagian belakang tempat tidur, kemudian aplikasikan cat untuk bagian tembok dimana kamu menghadap pada saat tidur dengan warna yang sesuai dengan wallpaper.

Wallpaper bisa diaplikasikan di kamar tidur ataupun ruang keluarga. Seringkali penghuni melupakan bagian lorong rumah yang biasanya terlihat gelap dan lebih suram. Oleh karena itu, gunakan juga wallpaper untuk membuat lorong di rumah menjadi lebih cerah dari sebelumnya.

Bagaimana Pins? Apa model wallpaper dinding rumah Pins sudah terpasang dengan baik? Sesuaikan selalu dengan interior di dalamnya ya Pins, agar sedap dipandang dan selaras dengan tema dari ruangan. 

Baca Juga: Macam-macam Cat Untuk Pagar Rumah Terbaik


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 40+ Referensi Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Teman & Sahabat

Menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat teman adalah hal yang wajib diutarakan. Pasalnya, doa

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia