Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Mengenal Jenis Hingga Harga Wallpaper Tembok untuk Ruangan di Rumah

Tips Properti

Mengenal Jenis Hingga Harga Wallpaper Tembok untuk Ruangan di Rumah

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 5 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Menginginkan suasana rumah baru tapi budget terbatas? Pins bisa mengganti tema ruangan di dalam rumah dengan pengaplikasian wallpaper tembok. Dengan pengaplikasian wallpaper yang baik, rumah Pins akan semakin menarik. Sebelum itu, kenali dulu yuk jenis dan harganya!

Pinhome – Layaknya bintang utama dalam sebuah film, Interior hunian juga menjadi sorotan utama dalam unsur desain rumah. Tata letak perabot rumah tangga beserta desain di dalamnya menjadi hal yang amat penting bagi para penghuni. Bagaimana tidak? Segala hal yang ada di dalam rumah menjadi faktor utama terciptanya kenyamanan bagi para penghuni.

Tidak terkecuali untuk tembok wallpaper dinding rumah. Salah satu material ini bisa menjadi pilihan untuk Pins yang ingin merubah desain interior dengan budget yang terbatas. Ragam jenis wallpaper pun kini kian bervariasi. Jadi, Pins tidak perlu khawatir ketinggalan zaman. Ingin mengetahui jenis dan harganya? Simak yuk ulasannya di bawah ini!

Wallpaper Kayu Minimalis

wallpaper tembok
(Wayfair.com)

Untuk rumah minimalis milik Pins, Pins bisa mengaplikasikan wallpaper 3D motif kayu yang sedang hits. Wallpaper ini terkesan mewah tetapi memiliki harga yang cukup terjangkau. Satu roll wallpaper ini dibanderol dengan harga Rp16.000 – Rp40.000 per roll dengan variasi ukuran yang beragam. Untuk wallpaper 3D jenis foam harganya lebih murah dibanding dengan bahan pvc dengan motif serat kayu.

Wallpaper Kamar Anak

wallpaper tembok
(Isibangunan.com)

Selanjutnya, bil Pins hanya ingin mengubah tampilan dekorasi kamar anak. Pins dapat menggunakan wallpaper kamar dengan motif yang disukai anak-anak. Mulai dari tema pirates, spaceship, sampai motif karakter kesukaan buah hati. Harganya pun cukup beragam mulai dari Rp20.000 – Rp40.000 per roll dengan mayoritas bahan jenis vinyl. Jenis bahan satu ini tidak mudah robek dan tahan pada kelembapan.

Wallpaper 3D Pemandangan

wallpaper tembok
Isibangunan.com

Tidak sedikit pula dari para penghuni yang menyukai kesan ruangan yang hidup pada pengaplikasian wallpaper. Seperti wallpaper 3D suasana sungai, danau, maupun pegunungan. Wallpaper jenis ini menimbulkan kesan asri dan nyaman pada rumah sehingga penghuni serasa berada di luar ruangan. Walau jarang yang mengaplikasikan pada dinding rumah, tetapi Pins dapat mengantonginya dengan harga Rp160.000 per roll. Wallpaper 3D ini juga bisa custom lho Pins!

Wallpaper Timbul

wallpaper tembok
Bukalapak.com

Wallpaper yang terkesan timbul memiliki jenis wallpaper heavy duty paper. Wallpaper 3D satu ini sangat tebal dan bertekstur. Pins dapat merasakan teksturnya saat meraba bahan ini. Apa pins tertarik mengadopsinya? Harganya berkisar Rp500.000 per roll dan memiliki ketahanan yang kuat. Wallpaper jenis ini tergolong mahal dibandingkan dengan wallpaper tembok jenis lainnya.

Wallpaper Tembok Kain Beludru

wallpaper tembok
(Freepik.com)

Nah, untuk Pins yang lebih menyukai wallpaper tembok kamar dengan jenis kain, Pins bisa memilih motif yang cerah maupun menghasilkan kesan sendu dalam ruang kamar. Jenis kain beludru memang jarang digunakan karena perawatannya yang terbilang tidak murah. Untuk Pins yang ingin mengaplikasikan pada tembok kamar, Pins bisa custom dengan harga mulai dari Rp145.000 per roll. 

Wallpaper Tembok Motif Bunga

(Rumahlia.com)

Terakhir ada wallpaper tembok motif bunga yang sering digunakan. Wallpaper tembok motif bunga dapat Pins aplikasikan pada ruang tamu feminin milik Pins maupun kamar tidur. Harga yang dibanderol per roll mulai dari Rp30.000 dengan bahan PVC berkualitas. Apa Pins juga tertarik?

Beberapa Tips Memasang Wallpaper yang Baik

Untuk pemasangan wallpaper tembok sendiri ada beberapa tips yang dapat membantu Pins dalam pengaplikasian seperti di bawah ini :

  • Ukur luas tembok untuk keperluan pemasangan

Pengukuran luas tembok yang tepat akan mempermudah Pins untuk pengaplikasian wallpaper tembok. Gunakan meteran dan ukur luas dinding yang akan diaplikasikan:

(panjang x tinggi ruangan) – (luas jendela atau pintu).

  • Beli motif wallpaper yang sesuai dengan keinginan

Tentukan motif wallpaper yang sesuai dengan selera, dan ruangan mana yang akan diaplikasikan wallpaper tembok tersebut. Usahakan agar tema selaras dengan fungsi ruangan dan furniture yang ada di dalamnya.

  • Bersihkan terlebih dahulu bagian tembok yang ingin dipasang wallpaper

Bersihkan secara keseluruhan bagian yang akan diaplikasikan wallpaper termasuk frame foto atau dekorasi lainnya yang terpasang. Selanjutnya lap dengan kain secara perlahan pada bagian yang kotor atau amplas pada bagian yang tidak rata.

  • Sediakan alat pemasangan wallpaper yang dapat Pins beli di toko terdekat

Secara umum alat yang harus Pins persiapkan adalah amplas, tangga, lem perekat, meteran/penggaris, kuas lem, ember, plastik, roll dan spons.

  • Setelah itu, potong wallpaper sesuai dengan ukuran

Model wallpaper sendiri ada yang berbentuk roll maupun lembaran. Potong sesuai dengan ukuran yang telah diukur sebelumnya.

  • Lekatkan dengan cairan perekat yang baik

Lekatkan wallpaper tembok pada dinding yang telah disediakan dengan cairan perekat yang baik. Pastikan lem telah merekat dengan baik pada dinding dan rasakan teksturnya. Pins dapat meratakan wallpaper tembok dengan roll maupun penggaris.

  • Potong dengan cutter bila ada bagian wallpaper yang lebih

Bila Pins sudah yakin semua terpasang, Pins bisa cek kembali bagian-bagian ujung wallpaper tembok. Potong kelebihan wallpaper pada ujung agar terlihat lebih rapi.

  • Cek kembali keseluruhan bagian dan diamkan mengering

Setelah semuanya sudah teraplikasi dengan baik, biarkan mengering dan wallpaper tembok Pins siap digunakan.

Bagaimana Pins? Apa wallpaper tembok rumah Pins sudah terpasang dengan baik? Sesuaikan selalu dengan interior di dalamnya ya Pins, agar sedap dipandang dan selaras dengan tema dari ruangan. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel