BlogPemilik PropertiDesain HunianJenis Wallpaper Tembok: Panduan Lengkap untuk Mempercantik Ruangan
0
0

Jenis Wallpaper Tembok: Panduan Lengkap untuk Mempercantik Ruangan

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 7, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
jenis wallpaper dinding dan harganyatop-right-banner

Bagi Pins yang baru saja beli rumah, seperti Nismara Harapan Indah, dan ingin mendekorasinya dengan estetik, tapi budget terbatas, wallpaper dinding adalah solusinya. Dengan pemilihan dan jenis wallpaper tembok tertentu, rumah kamu akan terlihat semakin menarik.

Dekorasi ini tersedia dalam berbagai jenis dan desain, wallpaper dinding bisa membantu mengubah desain ruangan secara instan. Namun, tentu setiap jenis wallpaper dinding memiliki harga yang berbeda-beda.

Sama halnya dengan aplikasi Pinhome yang menyediakan ragam fitur menarik untuk kebutuhan propertimu. Misalnya Simulasi KPR untuk memberikan gambaran lebih dalam terkait pembelian rumah secara kredit seperti rumah di Jakarta Utara hingga dekat Transmart Mataram.

Jenis Wallpaper Tembok

Layaknya bintang utama dalam sebuah film, interior hunian juga menjadi sorotan utama dalam unsur desain rumah. Tata letak perabot rumah tangga beserta desain di dalamnya menjadi hal yang amat penting bagi para penghuni.

Tidak terkecuali untuk model wallpaper dinding rumah. Salah satu material ini bisa menjadi pilihan untuk Pins yang ingin mengubah desain interior dengan bujet yang terbatas. Ingin mengetahui jenis wallpaper dinding dan harganya? Cek ulasan di bawah ini!

Baca juga: 6 Rekomendasi Wallpaper Kantor Yang Terkesan Profesional

1. Wallpaper Non-Woven

jenis wallpaper dinding dan harganya
Source : Shutterstock

Untuk rumah minimalis, Pins bisa mengaplikasikan wallpaper non woven motif kayu yang sedang hits. Wallpaper ini terkesan mewah tetapi memiliki harga yang cukup terjangkau.

Satu roll wallpaper ini dibanderol dengan harga wallpaper tembok sebesar Rp 16.000 – Rp 40.000 per roll dengan variasi ukuran yang beragam. Untuk wallpaper 3D jenis foam harganya lebih murah dibanding dengan bahan PVC dengan motif serat kayu.

2. Wallpaper Vinyl

Source : Shutterstock

Pins juga perlu mengetahui jenis wallpaper dinding kamar anak dan harganya. Dengan begitu, anak tidak akan merasa bosan berada di kamar dan bisa mendukung aktivitas belajar mereka.

Kamu dapat menggunakan wallpaper dinding kamar tidur dengan motif yang disukai anak-anak. Mulai dari tema pirates, spaceship, sampai motif karakter kesukaan buah hati.

Harga wallpaper tembok ini cukup beragam mulai dari Rp 20.000 – Rp 40.000 per roll dengan mayoritas bahan jenis vinyl. Jenis bahan satu ini tidak mudah robek dan tahan pada kelembapan.

3. Wallpaper 3D Metalik

jenis wallpaper dinding dan harganya
Source : Shutterstock

Tidak sedikit pula dari para penghuni rumah yang menyukai kesan ruangan yang hidup pada pengaplikasian wallpaper. Seperti wallpaper 3D suasana sungai, danau, maupun pegunungan. 

Wallpaper jenis ini menimbulkan kesan asri dan nyaman pada rumah sehingga penghuni serasa berada di luar ruangan. Walau jarang yang mengaplikasikan pada dinding rumah, Pins dapat membelinya dengan harga wallpaper tembok sebesar Rp 160.000 per roll. Wallpaper 3D ini juga bisa custom, lho Pins!

4. Wallpaper Heavy Duty Paper

Source : Jakmall.com

Jenis Wallpaper yang terkesan timbul memiliki jenis wallpaper heavy duty paper. Wallpaper 3D satu ini sangat tebal dan bertekstur. Pins dapat merasakan teksturnya saat meraba bahan ini. Apa pins tertarik mengaplikasikanya di rumah?

Harga wallpaper tembok ini sekitar Rp500.000 per roll dan punya ketahanan yang kuat. Wallpaper jenis ini tergolong mahal dibandingkan dengan model wallpaper dinding rumah jenis lainnya.

Baca juga: 6 Cara Membuat Wallpaper Dinding Kamar Tidur dengan Biaya Murah

5. Wallpaper Kain Beludru

jenis wallpaper dinding dan harganya
Source : Shutterstock

Nah, bagi kamu yang lebih suka wallpaper tembok kamar dengan jenis kain, wallpaper tembok kain beludru bisa jadi solusi. Bila perlu, pilih motif yang cerah untuk menghasilkan kesan sendu di dalam ruang kamar tidur.

Jenis kain beludru memang jarang digunakan karena perawatannya yang terbilang tidak murah. Untuk Pins yang ingin mengaplikasikan pada tembok kamar, Pins bisa custom dengan harga mulai dari Rp 145.000 per roll.

6. Wallpaper PVC

Source : Shutterstock

Terakhir ada model wallpaper dinding rumah motif bunga yang sering digunakan. Wallpaper tembok motif bunga dapat Pins aplikasikan pada ruang tamu atau kamar tidur feminin milik Pins maupun kamar tidur. Jenis wallpaper dinding ini harganya cukup murah mulai dari Rp30.000 per roll dan berbahan PVC.

Tips Memilih Wallpaper Tembok

Jika sudah memilih jenis wallpaper mana yang akan dibeli beserta warnanya, Pins mungkin sudah tidak sabar ingin memasang wallpaper, bukan? Bagi yang ingin menghemat budget dan memasang sendiri, tidak perlu khawatir! Ada beberapa tips memasang wallpaper dengan baik yang bisa kamu ikuti di bawah ini.

1. Ukur Luas Tembok

cara menghitung kebutuhan wallpaper dinding
Source : Pexels

Pengukuran luas tembok yang tepat akan mempermudah Pins untuk pengaplikasian model wallpaper dinding rumah. Gunakan meteran dan ukur luas dinding yang akan diaplikasikan dengan rumus berikut:

(panjang x tinggi ruangan) – (luas jendela atau pintu).

Baca juga: 7 Pilihan Wallpaper Dinding Dapur & Pemasangannya

2. Pilih Motif Wallpaper

Source : Media Labuan Bajo

Tentukan motif wallpaper yang sesuai dengan selera. Jangan lupa sesuaikan ruangan mana yang akan diaplikasikan model wallpaper dinding rumah tersebut.

Usahakan agar tema selaras dengan fungsi ruangan dan furniture yang ada di dalamnya. Dengan begitu, pilihan jenis wallpaper dinding dan harganya yang sudah Pins bayarkan tidak sia-sia.

3. Bersihkan Tembok Sebelum Pemasangan Wallpaper

Source : Kumparan

Bersihkan secara keseluruhan bagian yang akan diaplikasikan wallpaper termasuk frame foto atau dekorasi lainnya yang terpasang. Selanjutnya, lap dengan kain secara perlahan pada bagian yang kotor atau jenis amplas tertentu pada bagian yang tidak rata.

4. Siapkan Alat Pemasangan Wallpaper

Umumnya, alat yang harus kamu persiapkan adalah berikut ini:

  • Amplas
  • Tangga
  • Lem perekat
  • Meteran/penggaris
  • Kuas lem
  • Ember
  • Plastik
  • Roll dan spons

5. Potong Wallpaper dan Rekatkan Lem

Source : Decorindo Perkasa

Seperti yang Pins tahu, model wallpaper sendiri tersedia dalam bentuk roll maupun lembaran. Jadi, usahakan kamu memotong wallpaper sesuai ukuran yang sudah diukur sebelumnya.

Jika sudah, lekatkan wallpaper dinding pada dinding yang telah disediakan dengan cairan perekat yang baik. Pastikan lem kayu atau perekat telah merekat dengan baik pada dinding dan rasakan teksturnya. Pins dapat meratakan wallpaper tembok dengan roll maupun penggaris.

6. Cek Wallpaper Keseluruhan

Source : Kompas

Bila Pins sudah yakin semua terpasang, Pins bisa cek kembali bagian-bagian ujung wallpaper tembok. Potong kelebihan wallpaper pada ujung agar terlihat lebih rapi.

Setelah semuanya sudah teraplikasi dengan baik, biarkan mengering dan wallpaper tembok Pins siap digunakan.

Wallpaper dinding dapat menjadi pilihan yang menarik untuk menghias ruangan dengan cepat dan mudah. Jenis-jenis wallpaper yang berbeda menawarkan gaya dan tampilan yang unik.

Dalam memasang wallpaper, perhatikan ukuran dan desain tembok, serta ikuti langkah-langkah pemasangan dengan baik untuk hasil yang memuaskan. Dengan perhatian yang tepat, Pins dapat menciptakan suasana yang menarik dan sesuai dengan selera dalam ruangan.

Baca juga: Motif Wallpaper Kantor Yang Cocok Untuk Ruang Meeting


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cimanggis Golf Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download