Pinhome

Data Tanah yang Diperlukan Arsitek Untuk Desain Rumah

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 26 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Untuk membuat gambar perencanaan rumah tinggal terbaik sesuai dengan bidang tanah yang tersedia, maka dibutuhkan macam-macam data yang sebaiknya ada sebelum proses pembuatan desain rumah berlangsung.

Dengan adanya data tanah yang diperlukan arsitek, diharapkan arsitek atau drafter akan lebih cepat dalam mendesain bangunan, serta mendapatkan hasil yang dapat diterapkan pada bentuk, ukuran serta ukuran tanah yang tersedia.

Disini kami akan menguraikan macam-macam data tanah yang diperlukan arsitek untuk desain rumah. Hal ini sangat penting karena kita harus menyiapkan data secara mandiri apabila menggunakan layanan jasa desain rumah online di internet.

Baca juga: Menyiapkan Data Desain Rumah Online

Data Tanah Untuk Desain Rumah

data tanah yang diperlukan arsitek

1. Bentuk Tanah

Bentuk tanah, perlu dibuat sebagus mungkin sama seperti bentuk aslinya, bisa dibuat dalam bentuk gambar sketsa yang dapat dilihat dan dipahami arsitek atau drafter.

2. Ukuran Tanah

Ukuran tanah harus diperhitungkan dan dibuat sedetail mungkin untuk memperlihatkan panjang masing-masing sisi bidang tanah yang akan dibangun rumah.

Baca Juga: Perbandingan Arah Hadap Rumah Timur Selatan Barat Utara

3. Posisi Jalan

Posisi jalan dari tanah, meski terdengar sepele posisi jalan ini sangat diperlukan untuk menentukan arah hadap rumah dan pada sisi mana desain eksteriornya perlu dibuat sebagus mungkin.

4. Posisi Sungai

Posisi sungai, jika tanah yang akan dibangun rumah berdekatan atau bersebalahan langsung dengan sungai, maka perlu dibuat datanya agar pasa dalam menentukan posisi jembatan dan bangunan.

5. Mata Angin

Arah mata angin, digunakan untuk merencanakan pencahayaan yang akan masuk kedalam rumah. Misalnya, di Indonesia akan sering mendapatkan sinar matahari di teras pada rumah yang menghadap ke timur, sedangkan rumah hadap barat akan mendapat sinar panas di siang hari sehingga perlu dibuatkan bentuk rumah yang mampu mengantisipasinya.

6. Ukuran Pohon

Pohon yang ada pada tanah, apabila ada tanaman yang sangat kita sayangi sehingga berharap pohon tersebut tidak ikut tertebang ketika membangun rumah, apalagi dewasa ini lagi gencar-gencarnya program green building rumah ramah lingkungan. Oleh karena itu, perlu dibuatkan desain rumah yang sebisa mungkin keberadaanya tanpa harus menebang pohon.

7. Rumah Tetangga

Posisi rumah tetangga, Posisi rumah terbaik juga perlu menyesuaikan bangunan tetangga kanan kiri, misalnya kita dapat menentukan jarak teras rumah dengan jalan menyesuaikan rata-rata lingkungan masyarakat sekitar.

8. Denah Bangunan

Denah bangunan exisiting, apa saja jenis bangunan yang sudah ada pada tanah, hal ini berguna untuk menentukan posisi rumah baru yang pas. Ini juga sangat diperlukan apabila desain rumah yang akan kita buat adalah untuk renovasi rumah yang sebelumnya telah berdiri.

Beberapa data tanah yang diperlukan arsitek desain rumah tersebut, terkadang tidak perlu ada secara lengkap. Namun, jika menemukan kondisi lain, kamu masih memerlukan data yang tambahan untuk membuat perencanaan rumah impian. Hal ini dapat sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Baca juga: Tips Memilih Arsitek Bangun Rumah


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia