BlogPemilik PropertiDesain HunianKenapa Jarak antar Bangunan Rumah Itu Penting
0
0

Kenapa Jarak antar Bangunan Rumah Itu Penting

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 4, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
jarak antar bangunan rumahtop-right-banner

Pinhome – Jika tembok rumah Pins lengket dan menempel dengan dinding tetangga, bagaimana kenyamanan Pins dan tetangga? Apakah makin lengket selengket dinding tersebut? Atau malah hal ini akan membuat Pins dan tetangga Pins menjadi semakin jauh dan sering berantem.

Jika tidak memiliki jarak antara bangunan rumah kita dengan bangunan rumah tetangga, maka akan dipastikan terjadi beberapa hal, diantaranya adalah air resapan, masalah tentang cahaya matahari, masalah sirkulasi, masalah kenyamanan, serta hal-hal kecil lainnya yang ternyata bisa berubah menjadi besar. Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan?

Tembok Bangunan Rumah Menempel dengan Dinding Tetangga

Pada saat ini kita akan jarang menemui sebuah rumah yang berada di tengah-tengah lahan serta dikelilingi taman ataupun perkebunan. Yang ada adalah rumah yang saling berhimpit satu dengan yang lainnya sehingga kita akan merasa bahwa sebuah dinding untuk dua bangunan rumah yang berlainan.

Hal ini mungkin disebabkan karena padatnya pemukiman karena peningkatan jumlah penduduk, juga langitnya harga tanah serta properti, disusul pula dengan kenaikan harga bahan bakar minyak.

Sehingga banyak pemilik rumah yang membangun rumahnya dengan cara menempel antara bangunan rumah dengan dinding tetangga. Sebenarnya tujuan dari batas tembok yang saling menempel ini baik, terutama karena aspek yang ingin digali adalah mengembangkan bangunan rumah agar memiliki ruang-ruang yang luas dan jauh.

Karena kita hidup bertetangga, sehingga kita harus pandai untuk menyesuaikan diri dan saling menebar toleransi. Untuk itu diperlukan tindakan preventif sehingga Pins dan tetangga tidak berselisih.

jarak antar bangunan rumah
Source : Unsplash

Baca Juga : Menggunakan Dinding Bersama Untung Atau Rugi?

Pentingnya Jarak Antar Bangunan Rumah

Jarak antar bangunan rumah sebenarnya sangatlah penting, untuk menghindari konflik-konflik yang kemungkinan terjadi di kemudian hari. Sebagai contoh, kehidupan bertetangga menjadi runyam saat sang tetangga berkeinginan merenovasi rumah dengan meningkatnya.

Masalahnya, air tampisan malah jatuh ke rumah tetangga sebelahnya sehingga timbul perang dingin diantara keduanya. Padahal sebelumnya hubungan mereka cukup baik. Hal ini disebabkan karena kedua bangunan rumah tersebut tidak memiliki jarak antar bangunan rumah namun malah full bangunan rumah tanpa menyisakan sedikitpun ruang untuk jarak antara kedua bangunan.

Jarak Antar Bangunan Rumah Mengatasi Air Resapan

jarak antar bangunan rumah
Source : Unsplash

Masalah dengan tetangga berjarak tembok menempel semakin menjadi saat salah satu tetangga meningkat ketinggian rumah dengan menambah lantai. Saat renovasi pun menjadi semakin rumit karena terkadang pembongkaran di bangunan rumah sebelah malah membuat retak dinding tetangga terdekatnya.

Sebenarnya dengan memberi jarak antara bangunan rumah dapat mengatasi air rembesan hujan dan dapat memberi ruang udara sehingga kesan bangunan tidak menjadi sempit dan sesak. Pembuangan air pun menjadi lebih mudah dan tidak menimbulkan kerugian di antara kedua belah pihak sehingga kehidupan bertetangga menjadi lebih bersahabat.

Pada jarak antara bangunan rumah, Pins dapat membangun dak beton yang nantinya diberi floor drain sehingga dapat menyalurkan air buangan secara sistematis dan rapi.

Baca Juga : Tips Rumah Anti Banjir

————————————————-

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download