Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Mengenal Nama Peralatan Untuk Instalasi Listrik dan Fungsinya yang Wajib Kalian Ketahui

Lifestyle

Mengenal Nama Peralatan Untuk Instalasi Listrik dan Fungsinya yang Wajib Kalian Ketahui

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 27 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Listrik dapat dikatakan sebagai jantung roda kehidupan rumah tangga di era modern. Bagaimana tidak, sebagian besar alat yang digunakan untuk keperluan rumah tangga mengandalkan tenaga listrik untuk pengoperasiannya. Untuk itu ada baiknya anda mengetahui apa saja nama peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya agar anda sekeluarga aman bila sewaktu-waktu terjadi arus pendek di rumah yang tidak dapat diprediksi kehadirannya.

Pinhome – Kehadiran tenaga listrik bagi kehidupan memang sangat membantu terciptanya hidup yang lebih mudah. Mulai dari memasak nasi, mencuci baju, mengisi daya telepon genggam, hingga cahaya lampu yang menyinari dalam rumah sehari-harinya, semua memerlukan listrik untuk pengoperasian. Mengetahui nama peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya pun sebaiknya anda ketahui.

Baca Juga: Cara Cepat Cek Tagihan PLN Online Anti Ribet

Bagi Pins yang masih saja bingung akan apa saja peralatan instalasi listrik, simak yuk ragamnya di bawah ini beserta fungsi peralatan instalasi yang wajib anda ketahui. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga ya!

Saklar Listrik

(tokopedia.com)

Saklar listrik berguna untuk menyambung dan memutuskan daya listrik yang mengalir demi menghemat penggunaan listrik dalam rumah tangga. Saklar listrik biasanya berfungsi untuk menyalakan atau mematikan lampu maupun menjadi pemutus aliran listrik pompa air yang biasa digunakan untuk menambah arus air agar semakin kencang.

Baca Juga: Cara Pasang Baru PLN Dengan Cara Online Dan Offline

Stop Kontak

(blibli.com)

Nama peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya selanjutnya adalah stop kontak. Stop kontak merupakan material instalasi listrik yang menjadi muara semua aliran listrik yang ada di dalam rumah. Titik penghubung yang berfungsi menghantarkan listrik ke perangkat elektronik yang ditanam di dalam tembok ini, menggunakan kabel listrik dalam instalasinya. 

Extension Stop Kontak

(bhineka.com)

Apa di rumah Pins juga memiliki stop kontak yang terbatas? Jangan khawatir. Alat listrik yang satu ini, dapat digunakan sebagai alat penghubung antara stop kontak dengan perangkat elektronik milik anda. Selain berfungsi sebagai perpanjangan stop kontak, extension stop kontak juga dapat menambah jumlah stop kontak dalam satu ruangan.

Kabel Listrik

(builder.id)

Kabel listrik menjadi komponen penghantar listrik dari sumber listrik ke peralatan listrik yang ada di rumah. Kabel listrik pun mempunyai ragam jenis yang bermacam-macam sesuai fungsinya sebagai berikut:

  • Kabel listrik NYA merupakan kabel tunggal yang memerlukan pelapisan di luarnya karena penghantar didalamnya hanya terdiri dari satu lapis dengan warna merah, hitam, kuning atau biru. Jenis kabel satu ini tidak ditanam di dalam tanah. 
  • Kabel NYM lebih tebal dari kabel NYA karena mempunyai lapisan 2 hingga 4 dalam satu kabel dan berisolasi PVC. Warna kabel NYA biasanya putih, dan tahan terhadap gencetan dan tekanan. 
  • Kabel NYY merupakan kabel dengan jenis tanam yang bisa ada di dalam tanah. Dengan warna yang mayoritas hitam, kabel ini tahan banting dan cocok menjadi instalasi taman karena tidak rentan terhadap gigitan tikus.

Steker Listrik

nama peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya
(fungsi.info.com)

Steker listrik menjadi salah satu nama peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya selanjutnya yang akan dibahas. Alat listrik satu ini berfungsi sebagai colokan listrik tempat menghantarkan listrik dari peralatan elektronik kepada dua lubang stop kontak. Steker Pun mempunyai jenis yang beragam dapat terlihat dari bentuk fisiknya. Seperti steker listrik adapter, T, arde dan bengkok.

Fitting Lampu

nama peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya
(importer.co.id)

Fitting lampu atau dudukan lampu berfungsi sebagai tempat menaruh bohlam lampu yang nantinya terhubung dengan arus listrik. Dudukan lampu satu ini menjadi barang yang pastinya ada di rumah sebagai salah satu unsur untuk menyalakan pencahayaan di dalam maupun luar rumah. Tapi sebelum Pins membelinya ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu bohlam lampu seperti apa yang akan dipasang dirumah, karena hal tersebut yang akan menyesuaikan dengan fitting lampu itu sendiri.

Meteran Listrik (bargainser)

nama peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya
(bekesah.co)

Petugas PLN sering mondar mandir setiap bulannya untuk melakukan pengecekan? Nah, mesin yang selalu diusik oleh petugas PLN ini bernama bargainser atau meteran listrik. Mesin ini bertugas untuk pembatas daya sekaligus mencatat daya pemakaian listrik dari suatu rumah yang dihitung dari satuan kWh (kilowatt hour). Bargainser pun juga berfungsi sebagai pemutus saklar listrik utama, bila terdapat kelebihan daya maupun sengaja dimatikan untuk keperluan instalasi listrik.

Pengaman Listrik

nama peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya
(inkuiri.com)

Nama peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya yang terakhir adalah pengaman listrik (dapat berupa sekering listrik atau MCB). Sekering ini digunakan sebagai pengaman listrik bila terjadi hubungan arus pendek di dalam rumah. Dalam bagian pengaman listrik ini, setiap bagian rumah bisa dibagi dalam satu grup atau kelompok, seperti bagian lantai atas dan bawah lantai, maupun bagian belakang pekarangan rumah. 

Ini berfungsi bila salah satu bagian dalam rumah menimbulkan hubungan arus pendek, maka hanya area yang terkendala saja yang dimatikan dan yang lainnya dapat berfungsi seperti biasa.

Jadi bagaimana Pins? Apa anda sudah cukup mengerti dengan ragam istilah yang ada di dalam peralatan instalasi listrik? Dengan adanya artikel di atas diharapkan dapat membantu Pins untuk lebih memahami nama peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel