Pinhome

Finansial

Mengenal Lebih tentang Apa Itu Rasio

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 21 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Pernahkah Anda melakukan perhitungan sederhana saat melakukan aktivitas tertentu menggunakan rasio? Secara tidak langsung, Pins akan menghitung kira-kira bagaimana rasio keberhasilannya. Contohnya, jika Pins sedang melakukan perjalan menuju ke suatu tempat, Pins akan berpikir, seberapa cepat Pins akan sampai di tujuan, dalam 30 menit misalkan, atau 20 menit. Berapakah rasio tercepat yang dapat diraih. Lalu sebenarnya, apa itu rasio?

Pinhome – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, penjelasan apa itu rasio diartikan sebagai pemikiran menurut akal sehat; akal budi; nalar; atau dapat diartikan juga sebagai hubungan taraf atau bilangan antara dua hal yang mirip; perbandingan antara berbagai gejala yang dapat dinyatakan dengan angka; nisbah.

Baca Juga: Cara Menghitung Atau Rumus Skala Saat Menggambar Bangunan Atau Rumah

Secara garis besar, apa itu rasio merupakan sebuah angka yang menunjukkan hubungan secara matematis antara suatu jumlah dan jumlah yang lain. Contohnya, jumlah anak wanita di bawah umur lima tahun (balita) per 1.000 wanita yang melahirkan.

Pengertian Rasio

Apa Itu Rasio
(Kajian Pustaka)

Pada dasarnya, rasio sendiri akan menunjukan hubungan dua atau lebih dari sebuah angka atau benda. Walaupun jumlah yang satu tidak berkaitan langsung, seperti pada penghitungan berapa banyak telur ayam yang dibutuhkan untuk adonan bakwan goreng. Jadi, rasio hanya akan membandingkan jumlah. 

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Jasa Desain Rumah

Manfaat dari Rasio

Apa Itu Rasio
(Bisnis Tempo)

Rasio sendiri banyak digunakan pada dunia pendidikan. Namun pada prakteknya, penggunaan rasio sering digunakan untuk membantu kehidupan sehari-sehari. Misal dalam penghitungan untung rugi dalam perdagangan, atau perbandingan persen dalam menentukan komposisi menu memasak atau membuat minuman. Misal, 1 telur ayam digunakan untuk membuat adonan 10 bakwan goreng, hingga rasionya adalah 1 : 10. Atau, untuk membuat 2 liter sop buah, gula yang dibutuhkan adalah sekitar 100 ml. Sehingga perbandingannya adalah 1 : 20.

Baca juga: Menghitung Anggaran Biaya Rumah

Penggunaan Rasio

(Komunitas Hemat)

Rasio juga sering digunakan pada penghitungan dalam bidang keuangan. Contohnya adalah rasio keuangan. Rasio keuangan adalah tolok ukur atau evaluasi yang digunakan oleh perusahaan untuk menilai keefektifan kinerja perusahaan dalam satu periode/waktu.

Sementara itu, rasio keuangan sendiri terdiri atas 4 bagian, yaitu:

Rasio Keuangan Likuiditas

Rasio likuiditas itu sendiri berfungsi untuk mengetahui kemampuan likuiditas jangka pendek dari perusahaan. Biasanya akan membandingkan aktiva lancar dengan hutang. Jika aktiva lancar lebih besar daripada hutang, maka bisa dipastikan perusahaan tersebut akan lancar usahanya dan pembayaran hutang dari perusahaan tersebut.

Rasio Aktivitas

Sedangkan rasio aktivitas berfungsi untuk mengukur efektifitas efisien perusahaan dalam memanfaatkan perputaran harta / aktiva-aktiva dari perusahaan tersebut.

Rasio Solvabilitas

Tahukah Anda bahwa setiap perusahaan pasti mempunyai hutang dalam menjalankan usahanya? Nah, hutang-hutang ini bisa diukur menggunakan rasio solvabilitas. Rasio solvabilitas berfungsi untuk mengukur sejauh mana aktiva perusahaan yang dibiayai oleh hutang. Oleh karena itu, rasio ini juga akan dimanfaatkan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar kewajibannya untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Rasio Profitabilitas

Sesuai dengan namanya, profit yang berarti untung, maka pada dasarnya rasio profitabilitas ini digunakan untuk perhitungan keuntungan. Rasio profitabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk mendapatkan laba melalui semua kemampuan dan sumber daya yang dimiliki, baik dari jual beli, kas, modal, jumlah karyawan, dsb.

Rasio Pasar

Nah, Pins sedang mengikuti tren saat ini tentang pasar modal? Nah, salah satu yang digunakan untuk mengetahui perkembangan nilai perusahaan secara relatif adalah dengan memakai rasio pasar. Rasio ini digunakan untuk mengukur nilai saham dan lazim digunakan di pasar modal.

Rumus Rasio

Rumus sederhana dari sebuah rasio, adalah perkalian atau pembagian dari kedua angka. Mengalikan atau membagi semua sisi dengan angka yang sama dalam sebuah rasio akan menghasilkan perbandingan seperti semula. Jadi, untuk menyesuaikan rasio, kalikan atau bagilah rasio dengan angka tertentu.

Masing – masing jenis rasio di atas memiliki rumus yang berbeda-beda dalam cara penghitungannya. Dan berguna untuk memudahkan analisis keuangan dan pengambilan keputusan keuangan.

Rasio Keuangan Likuiditas

Rasio mempunyai 3 kategori, yaitu rasio lancar, rasio cepat, dan rasio kas.

  • Rasio lancar = (Aktiva Lancar : Hutang Lancar) x 100%. Rasio lancar ini digunakan untuk menghitung kemampuan jangka pendek.
  • Rasio cepat = (Aktiva Lancar – Persediaan) : Hutang Lancar) x 100%. Rasio cepat ini digunakan untuk melihat apakah struktur keuangan yang dimiliki perusahaan sehat atau tidak.
  • Rasio kas = (Kas + Aktiva setara kas) : Hutang Lancar) x 100%

Rasio Aktivitas

Rasio aktivitas ini mempunyai 4 pendekatan di antaranya adalah :

  • Rasio Perputaran Piutang.
  • Rasio Perputaran Aktiva Tetap
  • Rasio Perputaran Persediaan
  • Rasio Perputaran Total Aktiva

Rasio Solvabilitas

Rasio aktivitas ini mempunyai 2 pendekatan  :

  • Rasio Rasio Utang (debt ratio).
  • Rasio Hutang dengan pendekatan modal

Rasio Profitabilitas (laba)

Rasio profitabilitas ini digunakan untuk perhitungan laba pada sebuah perusahaan. Terdapat 5 pendekatan yang bisa digunakan, yaitu :

  • Margin Laba Bersih (Net Profit Margin), dengan rumus = (Laba Bersih setelah dipotong pajak : penjualan) 
  • Margin Laba Kotor (Gross Profit Margin), dengan rumus = (Laba Kotor : Penjualan)
  • Margin laba Operasi, dengan pendekatan rumus = (Laba sebelum pajak dan bunga : Penjualan)
  • Return On Assets (ROA), rumusnya adalah (Laba sebelum pajak dan bunga : Total Aset)
  • Return On Investment (ROI), rumusnya adalah Rumus= (Laba setelah dipotong pajak : Investasi)

Pins sudah semakin paham bukan dengan rasio dan penggunaannya? Pada dasarnya rasio ini adalah perhitungan menggunakan rumus matematika, dengan beberapa pendekatan. Tidak hanya dalam bidang keuangan, rasio ini pun bisa diterapkan di bidang lainnya. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Rizko Fatra

Tags :

Bagikan Artikel