Blog›Pembeli Properti Pemula›Panduan Beli Properti›Harga Rumah Tipe 36 di Perumahan dan Cara Menghitungnya
0
0

Harga Rumah Tipe 36 di Perumahan dan Cara Menghitungnya

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 20, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
harga rumah tipe 36top-right-banner

Memiliki rumah eksklusif idaman dengan biaya terjangkau merupakan hal yang di idamkan oleh siapapun. Pins mungkin masih memiliki dana terbatas untuk membeli rumah idaman, tetapi semua itu bisa diatasi dengan membeli rumah tipe 36. Selain itu, harga rumah tipe 36 juga masih terbilang murah dan terjangkau. Selain harga rumah type 36 yang murah, Pins juga bisa mendapatkannya dengan sistem pembelian kredit atau KPR.

Berbagai tipe perumahan dikelompokan berdasarkan luas bangunan dan luas tanah yang ditawarkan. Misalnya Rumah tipe 36/60 yang berarti rumah tersebut mempunyai luas bangunan 36 meter persegi dengan luas tanah 60 meter persegi.

Cukup sederhana untuk mendapatkan rumah idaman dengan ukuran standar namun berkualitas. Berikut kisaran harga perumahan tipe 36 yang terpampang pada iklan properti dan cara menghitungnya!

Baca juga:

Membongkar Rahasia Harga Rumah Tipe 36

Source : Tokban

Membeli rumah adalah sebuah pencapaian besar dalam hidup. Bagi banyak orang, rumah tipe 36 menjadi pilihan ideal untuk memulai kehidupan baru. Namun, menentukan harga rumah yang tepat bisa menjadi sebuah tantangan. Berikut beberapa faktor yang bisa mempengaruhi harga rumah.

  • Lokasi: Jantung kota menawarkan akses mudah dan gaya hidup modern, namun dengan harga yang lebih tinggi. Perumahan di pinggiran kota menawarkan ketenangan dan harga yang lebih terjangkau.
  • Model: Desain minimalis dan fungsional menawarkan harga yang lebih ekonomis. Desain rumit dengan detail artistik akan meningkatkan biaya pembangunan dan harga jual.
  • Pengembang: Reputasi dan track record pengembang menentukan kualitas bangunan dan layanan purna jual. Pastikan memilih pengembang terpercaya yang mengutamakan kepuasan pelanggan.
  • Luas Tanah: Rumah di sudut (hook) memiliki sisa tanah yang lebih luas, menambah nilai dan harga jualnya. Pertimbangkan kebutuhan Anda sebelum memilih.

Cara Memperkirakan Harga Rumah Tipe 36

Source : BJM.web.id

Membeli rumah dengan harga cash tentu akan berbeda dengan rumah KPR. Nah, bagaimana cara memperkirakannya? Yuk pelajari lebih lanjut.

1. Harga Cash

Pins sudah siap untuk membeli rumah tipe 36 secara cash? Tentu saja bisa, setelah mengetahui tips untuk membelinya, berikut kisaran perhitungan harga rumah tipe 36 yang perlu Pins ketahui:

Rumah tipe 36 = 36 m2 dengan Harga bangunan per meter persegi kurang lebih Rp1.000.000.
Maka harga rumah = 36m2 x Rp1.000.000 = Rp36.000.000.
Tanah luas 60m2 dengan harga tanah per meter persegi kurang lebih Rp500.000.
Maka harga tanah = 60m2 x Rp500.000 = Rp30.000.000.
Jadi harga rumah tipe 36/60 adalah harga rumah+harga tanah = Rp36.000.000 + Rp30.000.000 = Rp66.000.000.

Total harga di atas merupakan kisaran kasarnya saja Pins, tentunya setiap daerah dan perumahan akan memiliki harga yang berbeda-beda. Faktor yang akan sangat menentukan harga rumah adalah lokasi dimana perumahan tersebut berada. Jika lokasinya berada di perkotaan, harganya mungkin akan jauh lebih mahal. Belum lagi jika Pins harus melakukan sedikit renovasi rumah pada beberapa bagian.

2. Harga KPR

Sebenarnya, untuk membangun rumah atau membeli rumah tipe 36 bisa dilakukan melalui 2 cara yaitu cash ataupun kredit. Sistem KPR sering dijadikan pilihan karena lebih ringan untuk mencicil harga beli rumah tersebut. Jika membeli rumah dengan harga kontan 66 juta maka pembelian dengan cara KPR akan lebih mahal menjadi sekitar Rp.75.000.000,00. Berikut perhitungan sederhananya:

Uang muka minimal 20% x 75juta = Rp15.000.000.
Sisa 60 juta dibayar dengan sistem angsuran yang dapat dipilih dari mulai masa angsur 8 tahun sampai dengan 15 tahun.
Jika Pins mengambil selama 15 tahun/180 bulan maka besarnya angsuran adalah Rp60.000.000/180 bulan = Rp333.333 per bulan.
Jadi rumah tipe 36/60 tersebut dapat kita miliki dengan membayar uang muka sebesar Rp14.000.000 angsuran sebesar Rp333.333 perbulan selama 15 tahun.

Namun, jika Pins tidak ingin repot menghitung secara manual. Pins bisa menggunakan fitur simulasi KPR dari Pinhome. Fitur ini bisa membantu Pins menghitung harga rumah KPR dan juga bisa membantu Pins melakukan pengajuan langsung ke bank-bank terkait.

Penting untuk diingat, meskipun terkadang harga rumah yang dibeli dengan sistem KPR akan jauh lebih mahal. Kemudahan ini tentu bermanfaat bagi Pins yang masih memiliki dana terbatas.

Lebih Baik Membeli Cash atau KPR?

Source : Decosain

Pins mungkin masih bertanya-tanya, apakah lebih baik membeli rumah menggunakan sistem KPR atau cash. Untuk Pins yang sudah memiliki dana total untuk membeli rumah idaman, bisa saja membelinya secara cash. Pins juga bisa lho membangun rumah dengan budget 100 juta. Namun, jika Pins sekiranya masih belum memiliki dana lebih untuk membeli dengan tunai, ada baiknya jika menggunakan sistem KPR. Meskipun harga rumah akan jauh lebih mahal, dengan sistem angsuran setidaknya akan membantu Pins untuk sedikit menghemat.

Itulah informasi lengkap mengenai harga rumah tipe 36 di perumahan yang bisa Pins jadikan sebagai acuan sementara untuk membeli rumah idaman. Meskipun harga rumah KPR jauh lebih mahal dan berbeda, kamu masih bisa menggunakannya jika belum memiliki jumlah uang yang cukup. Selamat mencoba!

Baca juga: Berapa Biaya Jasa Arsitek Rumah?

Featured image source: Digital Marketing Property


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Bomar Kalimulya Residence Depok dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download