Pinhome

Cara Menghitung Skala Gambar Bangunan atau Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 6 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Terdapat langkah mudah mengenai cara menghitung skala gambar bangunan. Baik itu rumah, gedung, jalan, jembatan dan konstruksi lainya. Perlu diketahui bahwa menggambar teknik itu perlu ukuran yang pas, sehingga apa yang tergambar bisa mewakili benda sesungguhnya.

Pinhome – Kondisi ini jauh berbeda dengan menggambar seni yang ukuranya bisa dengan sistem perkiraan saja. Gambar sebuah karya seni bahkan bisa dimodifikasi sedemikian rupa agar terlihat indah, namun tidak lagi proposional ukuranya dengan benda yang sebenarnya.

Baca juga:

Cara Menghitung Skala Gambar Bangunan

Dalam menghitung skala gambar ini tentunya kamu harus mengetahui, serta membaca skala gambar bangunan terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan menghitung skala gambar dengan rumus skala gambar bangunan. Berikut ini info lebih lengkapnya.

Baca Juga:

Cara Membaca Skala Gambar

cara menghitung skala gambar
(Kelas Hiro)

Skala Pengecilan

  • Contoh skala 1 : 20.
  • 1 = Jarak Benda pada gambar = Sd.
  • 20 = Jarak benda sesungguhnya. = Sb.

Skala Pembesaran

  • Contoh skala 5 : 1.
  • 5 = Jarak benda sesungguhnya = Sd.
  • 1 = Jarak benda pada gambar = Sb.

Baca juga: Arti Skala 1:100 pada Gambar Desain Bangunan

Rumus Skala Gambar Bangunan

cara menghitung skala gambar
(mahirmatematika)
  • Jarak Benda pada gambar = (Jarak Benda sesungguhnya x skala Depan)/Skala belakang.
  • Jbg = (Jbs x Sd)/Sb.

Baca juga:

Menghitung Skala Gambar Bangunan

Contoh 1

Menggambar lebar jalan 1 m dengan skala 1 : 20

Skala 1:20 berarti setiap satu centi meter pada gambar akan mewakili ukuran 20 cm benda sesungguhnya. Jadi jalan selebar 1 m = 100 cm jika kita gambar dengan skala 1 : 20. maka jarak gambarnya adalah (100 x 1) / 20 = 5 cm. Berarti kita menggambar lebar jalan dengan jarak 5 cm.

Baca Juga:

Contoh 2

Menggambar mur baut selebar 5 mm dengan skala 5 : 1

Ini merupakan kebalikanya dari contoh pertama. Di sini benda yang sesungguhnya berukuran lebih kecil dari gambar dibesarkan agar terlihat detail. Kondisi seperti ini banyak terjadi saat membuat gambar detail, dalam contoh ini skala 5 : 1.

Berarti setiap 5 cm pada gambar mewakili 1 cm benda yang sebenarnya. Sehingga baut selebar 5 mm = 0,5 cm jika digambar dengan skala 5:1 maka jarak pada gambar adalah (0,5 cm x 5) / 1 = 2,5 cm.

Untuk menghitung gambar dengan skala lainya pada prinsipnya sama dengan contoh-contoh perhitungan diatas. Hal yang membedakan hanyalah ukuran benda sesungguhnya dan besaran skala yang digunakan.

Perhitungan skala ini sangat diperlukan saat menggambar teknik secara manual sedangkan penggambaran dengan software komputer sudah tidak diperlukan.

Misalnya pada software autoCAD kita bisa menggambar dengan ukuran benda sesungguhnya. Masalah nantinya mau dibuat skala berapa tinggal mengatur saat proses print out saja, demikian tutorial sederhana ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel