Pinhome

Uncategorized

Cara menghitung berapa truk kebutuhan urugan tanah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Halo sahabat.. kali ini kita akan menguraikan tentang cara menghitung berapa truk yang dibutuhkan untuk mengurug tanah, dengan mengetahui kebutuhanya maka kita dapat membuat anggaran biaya secara pas, serta mendatangkan tanah urug dalam jumlah pas, caranya cukup sederhana, yaitu menghitung berapa meter kubik area yang akan diurug, kemudian menghitung berapa meter kubik kapasitas isi satu truck, dari situ dapat kita ketahui jumlah tanah urug yang diperlukan dengan cara membagi volume area yang akan diurug dengan volume bak truk kemudian dikalikan 1,2, kenapa kita kalikan dengan 1,2? Ini karena yang namanya tanah itu ada kemungkinan mengembang ketika digali dan memadat ketika diurug, mengambang karena ada spase kosong dalam menumpuk tanah dalam kendaraan, dan memadat kembali karena space tersebut menyusut. o.k langsung saja kita buat tutorial contoh perhitungan keperluan tanah urug 🙂

Rumus kebutuhan urugan tanah = 1,2 x (volume area yang akan diurug / volume bak truk)

Volume urugan tanah bisa kita hitung dengan satuan m3, sedangkan dalam menghitung volume truk perlu memperhatikan ukuran Baknya karena akan beda kapasitas antara kendaraan yang satu dengan lainya.

kebutuhan tanah urug

Contohnya begini, misalnya kita akan mengurug pekarangan yang berukuran 6m x 10 m sedalam 2m, menggunakan truk dengan ukuran Bak 2,5m x 1,8 m x 1,5 m, berapa jumlah truk tanah yang dibutuhkan?  Mari kita hitung bersama..

  • Volume area yang akan diurug = 6m x 10m x 2m = 120m3
  • Volume Bak Truk = 2,4m x 1,6m x 1,5m = 6,48 m3.
  • Jadi total kebutuhan tanah urug = 1,2 x (120m3/6,48m3) = 22,22 truck dibulatkan menjadi 23 truk. jika sisa bisa ditinggikan area tertentu dalam mengurug atau ditaruh di pot untuk tanaman hijau.

Jadi dari perhitungan tersebut bisa kita simpulkan bahwa butuh tanah sebanyak 23 truk untuk mengurug pekarangan tersebut.

Kesulitan yang mungkin terjadi adalah ketika menghitung berapa volume urugan tanah, ini bisa terjadi karena tanahnya bergelombang, atau dalam bahasa tekniknya berkontur, solusinya yaitu membuat data ukuran tanah, dibuat gambar kontur tanah, nah.. dari situ maka kita bisa menghitung volume tanah urug dengan teliti, selanjutnya untuk mengetahui berapa jumlah truk yang diperlukan maka bisa kembali menggunakan rumus diatas 🙂

Tags :

Bagikan Artikel