Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Mengenal Jenis Rumput Hias Supaya Taman Rumah Semakin Kece

Lifestyle

Mengenal Jenis Rumput Hias Supaya Taman Rumah Semakin Kece

Ditulis oleh Jay ∙ 17 April 2020 ∙ 5 menit membaca

Apakah kamu punya lahan sisa di rumah kamu? Rata-rata rumah dengan type 36/72 memiliki lahan sisa kurang lebih 300 x 300 cm, Yuk, manfaatkan dengan menciptakan taman. Nah sebelum menciptakan taman, kamu harus mengenal jenis rumput hias. Kenali apa saja jenis rumput hias supaya taman rumah semakin kece!

Pinhome – Selain berfungsi sebagai penghias rumah, rumput yang ada dapat berfungsi untuk menyerap air dan mengurangi debu tanah yang tertiup angin. Untuk perawatannya sendiri cukup mudah lho, Pins! Kamu cukup melakukan pemangkasan secara berkala dan diberi pupuk tanpa harus mengubah lanskapnya. Berikut adalah jenis rumput hias yang sudah dirangkum oleh Pinhome buat kamu.

Jenis Rumput Hias

Untuk mengenal lebih banyak lagi soal jenis rumput, yuk simak penjelasan beberapa jenis rumput di bawah ini!

Rumput Gajah Mini

Karena murah dan tahan injakan, rumput gajah paling sering digunakan untuk menghias pekarangan rumah (Pinterest)

Jenis rumput hias yang paling sering digunakan di Indonesia adalah rumput Gajah, karena harganya tidak begitu mahal. Rumput gajah biasanya digunakan untuk halaman yang sering digunakan untuk bermain oleh anak-anak, karena walaupun sering di injak-injak rumput jenis ini tetap tumbuh dengan normal, Pins.

Rumput gajah mini memiliki ukuran helai yang lebih kecil. Rumput jenis ini sering digunakan oleh desain interior karena ukurannya yang pas untuk berbagai desain taman rumah. Jenis rumput ini juga memiliki karakter yang unik yaitu pola pertumbuhannya menyamping, sehingga tidak memerlukan pemangkasan secara rutin, Pins. Rumput jenis ini banyak digemari karena tidak memerlukan banyak  perawatan, harganya yang terjangkau dan tahan di berbagai macam cuaca.

  • Rumput Gajah Mini Varigata
Meriah dengan semburan putih, rumput gajah mini varigata bisa membuat pekaranganmu tampil lebih ceria (Pinterest)

Rumput gajah mini varigata atau yang biasa disebut dengan rumput gajah mini putih memiliki ukuran yang sama dengan rumput gajah mini akan tetapi memiliki garis garis putih pada helai daunnya.

Rumput Gajah Besar

Jika pekaranganmu luas, rumput gajah besar bisa jadi pilihan (dekoruma)

Rumput gajah besar memiliki ukuran yang lebih besar dan kerap ditemui di lapangan bola ataupun halaman rumah yang luas, Pins. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa rumput jenis ini tahan bila diinjak dan tetap dapat tumbuh normal. Perawatannya pun cukup mudah, tidak perlu terlalu sering disiram dengan air, cukup sesekali saja secara rutin.

Rumput Manila

Jenis rumput hias
Kuat dan tahan injakan, rumput Manila membutuhkan perawatan khusus agar bisa tumbuh maksimal (tukangtaman)

Jenis rumput manila biasanya digunakan untuk lapangan sepak bola. Jenis rumput ini merupakan jenis terbaik karena memiliki warna hijau yang pekat dan memiliki elastisitas yang lebih baik daripada yang lain. Jenis rumput ini kuat terhadap pijakan kaki manusia, tapi butuh perawatan khusus, lho! Kamu perlu memberi pupuk, memangkas dan menyiramnya dengan menggunakan air secara rutin.

Nah, keistimewaan lainnya dari jenis rumput ini adalah ia dapat tumbuh di tanah berpasir dan sangat baik untuk pengendalian erosi. Untuk kamu yang punya budget ekstra, bisa banget menggunakan jenis rumput ini untuk menghiasi taman impian kamu, Pins.

Rumput Jepang

Jenis rumput hias
Bertekstur tajam, rumput Jepang harus lebih sering dipangkas dibanding jenis rumput hias lainnya (Arafuru)

Jenis rumput jepang memiliki tekstur yang mirip dengan jenis rumput manila. Jenis rumput ini banyak digunakan sebagai penghias taman di depan rumah. Rumput jepang memiliki bentuk runcing dan tipis sehingga terlihat lebih rapat dan halus.

Karena bentuknya tersebut rumput jenis ini juga dikenal sebagai rumput jarum, kamu mungkin tidak akan nyaman duduk di atasnya karena akan sedikit menusuk. Untuk perawatannya, kamu harus melakukan pemangkasan minimal setiap satu bulan sekali dan pemupukan sebanyak dua kali selama satu bulan. Jangan lupa disiram saat kepanasan ya Pins.

Rumput Peking

Jenis rumput hias
Teksturnya yang unik pasti bisa membuat focal point di taman Pins lebih “hidup” (Pinterest)

Jenis rumput peking hampir memiliki bentuk yang serupa dengan rumput jepang, akan tetapi jenis rumput tumbuh lebih jarang. Rumput jenis ini juga perlu dipangkas secara rutin dan juga lebih sering ditanam di tempat yang jarang dipijak oleh manusia.

Rumput Swiss

Jenis rumput hias
Teksturnya yang halus membuat rumput Swiss banyak dipilih untuk menghiasi halaman rumah (Tokopedia)

Jenis rumput Swiss memiliki tekstur yang paling halus di antara jenis yang lainnya, jenis rumput ini tergolong yang mahal karena kerapihan dan keindahannya. Tapi rumput jenis ini butuh perawatan khusus lho, kamu harus menjaga kelembaban rumput, memotongnya secara rutin dan memberi pupuk urea untuk mencegah tumbuhnya rumput liar.

Rumput Golf

Jenis rumput hias
Rumput golf juga bisa bikin halaman rumah Pins jadi lebih cantik (bibitbunga)

Sama dengan namanya rumput golf memang dipakai di lapangan golf, akan tetapi saat ini jenis rumput golf banyak digunakan untuk pekarangan rumah. Rumput jenis ini memiliki tekstur yang lembut dan bentuk yang bergelombang, jadi tidak heran jika menjadi favorit. Rumput golf tumbuh secara vertikal sehingga tidak sulit untuk memotongnya.


Itu dia beberapa jenis rumput hias yang bisa kamu gunakan untuk taman impian kamu Pins, semoga bermanfaat ya! Baca juga Pelajari Tips Menghilangkan Rumput Liar di Taman

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel