Pinhome

8 Jenis Hama Tanaman Hias dan Cara Mencegahnya

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 29 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Tanaman hias merupakan tumbuhan yang biasa difungsikan orang-orang sebagai material penghias dalam dan atau luar rumah. Dengan berbagai jenis dan keunikan yang berbeda-beda, tanaman hias terbukti ampuh menjadi primadona penghias rumah kamu lho. Dalam merawat tanaman hias mungkin akan terbilang mudah apalagi bagi pemula yang baru mengenal tanaman hias. Pins cukup menyiram atau menyemprotkan air secara berkala seperti lima kali seminggu, tiga kali seminggu, atau dengan melakukan pemotongan pada bagian daun yang sudah layu. Walaupun terlihat indah dan dengan perawatan yang cukup mudah, Pins juga perlu ketahui bahwa tanaman hias juga rentan terhadap hama tanaman hias yang mengganggu pertumbuhan pada tumbuhan. 

Pinhome – Merawat tanaman hias merupakan suatu kegiatan yang dapat menyenangkan untuk dilakukan sehari-hari lho. Salah satu langkah merawat tanaman hias adalah dengan menghindarinya dari hama pemakan daun. Hal tersebut akan sangat menjengkelkan karena para hama akan merusak keindahan tanaman yang sudah dirawat dengan baik. 

Supaya dapat menghindari kerusakan tanaman hias karena hama tersebut Pins perlu untuk mengenal apa saja jenis hama tanaman hias. Oleh karena itu, mari kenali jenis-jenis hama tanaman hias agar Pins dapat melindungi tanaman hias kesayangan dari kerusakan. 

Belalang

(Pixabay)

Hama pertama dan yang cukup sering dapat Pins jumpai pada tanaman hias adalah binatang belalang. Mungkin Pins sering kali melihat belalang menghinggapi tumbuhan dan menganggap itu hal sepele. Padahal keberadaan belalang dapat menjadi hama tanaman yang merusak tanaman dengan memakan daunnya. 

Cara yang dapat Pins lakukan untuk membasmi belalang adalah dengan menangkapnya. Cara lainnya Pins dapat menyemprotkan air yang biasa digunakan untuk menyirami tanaman supaya belalang kesulitan terbang dan mudah untuk disingkirkan. Selain kedua cara tersebut, Pins juga dapat menggunakan pestisida organik yang terbukti secara umum dapat mengusir belalang. 

Kutu Putih

(Pinterest)

Hama tanaman hias yang satu ini mungkin kurang akrab di telinga Pins, namun jika Pins sering melihat ada hewan kecil bersayap berwarna putih yang kerap terbang di sekitar tanaman hias maka itulah kutu putih. Kutu putih merupakan hama tanaman yang hidup dengan cara bergerombol di batang, bawah daun, atau di sekitar daun. 

Peran kutu putih sebagai hama tanaman adalah dengan menghisap cairan dari bagian tanaman yang dia hinggapi. Hal tersebut dapat membuat tanaman lama-kelamaan layu dan mati karena kekurangan cairan. Cara untuk mengusir kutu putih dapat Pins lakukan dengan menyemprotkan air detergen yang sudah dilarutkan dengan insektisida, maka kutu putih akan segera hilang. 

Ulat Hama

(Pixabay)

Hama tanaman yang satu ini adalah hama yang paling umum ditemukan pada tanaman mana pun. Tidak hanya satu, ulat hama ternyata terdapat beberapa jenis yang biasa dihadapi oleh pecinta tanaman hias. 

Pins dapat mengidentifikasi ulat hama dengan melihat bagian tanaman seperti warna daun yang berubah dan daun menjadi bolong-bolong. Selain itu jenis lain dari ulat hama juga menyerang bagian batang dan menjadikan batang rapuh sehingga mudah patah. 

Dalam membasmi ulat hama, cara terbaik yang dapat Pins lakukan adalah dengan menangkap ulat hama dan membuangnya dari tanaman hias. Untuk mengatasi masalah agar ulat hama tidak kerap kembali memakan tanaman hias, Pins dapat menggunakan pestisida alami. Pestisida alami dapat berupa bawang putih atau insektisida yang disemprotkan seminggu sekali. 

Baca juga: Cara Membasmi Ulat Bulu di Halaman Rumah

Tungau

(Pinterest)

Hama tanaman hias selanjutnya adalah tungau yang merupakan serangga sejenis dengan kutu yang berukuran kecil dan sering menyerang daun tanaman hias. Keberadaan tungau cukup sulit untuk dilihat karena ukurannya yang kasat mata. 

Namun Pins dapat melihat tanda akan keberadaan tungau dengan adanya bercak-bercak pada daun tanaman hias. Jika warna daun tiba-tiba menjadi pucat kekuningan dan gugur tanpa sebab maka hal tersebut adalah serangan tungau. 

Cara untuk menyingkirkan tungau dari tanaman hias adalah dengan cara memotong bagian tanaman yang terkena tungau dan bakar daun tersebut. Untuk antisipasi yang maksimal pakai juga insektisida pada tanaman agar benar-benar hilang. 

Cacing Liang

(Pixabay)

Cacing liang merupakan hama pada tanaman hias yang hinggap pada bagian dalam tanah dan menyerang akar tanaman. Masalah yang ditimbulkan cacing liang pada tanaman membuat akar menjadi sulit tumbuh dan rawan mati sebelum tanaman tumbuh. 

Hama yang satu ini dapat Pins singkirkan dengan memberikan pestisida alami pada tanaman hias. Jika cara tersebut tidak ampuh, Pins dapat menggunakan jenis nematisida yang merupakan cairan khusus membasmi cacing dan juga hama lain. 

Tungau Laba-Laba

(Pinterest)

Hama tanaman selanjutnya yang dapat membahayakan tanaman hias Pins di rumah adalah tungau laba-laba. Hama ini menyerang daun tanaman dan menyerap cairan serta unsur hara pada tanaman. Serangan tungau laba-laba biasa dapat berlangsung secara cepat dan dalam skala yang besar. Tanpa Pins sadari terlebih dahulu, tanaman sudah mati dalam waktu singkat. 

Tidak sama dengan hama lainnya, tungau laba-laba kebal terhadap paparan insektisida. Hal tersebut akan sangat menyulitkan para pecinta tanaman hias. Untuk membasminya, Pins disarankan untuk menggunakan akarisida yang merupakan senyawa kimia beracun. Dengan akarisida, Pins akan terbebas dari serangan berbagai keluarga tungau dan hama lainnya. 

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Pembawa Hoki yang Mudah Dirawat

Kutu Tanaman

(Pinterest)

Kutu adalah salah satu hama yang paling banyak menghinggapi berbagai inang yang berbeda-beda. Namun kinerja serangnya tetap sama, yaitu menggerogoti sari pati pada inangnya. 

Pada tanaman, umumnya dapat Pins jumpai kutu tanaman yang hinggap pada daun. Untuk membasmi hama yang satu ini Pins dapat gunakan air dan detergen yang sudah dicampur. Gunakan juga insektisida agar tanaman terlindungi secara maksimal dari hama lainnya. 

Tikus

(Pixabay)

Hama yang satu ini termasuk hama pemakan daun atau hama yang memakan batang tanaman yang masih muda serta biji-bijian. Tikus dapat menyerang tanaman secara langsung yang dapat menjadikan tanaman gagal tumbuh dan rusak total. 

Untuk mengatasi serangan tikus pada tanaman, Pins dapat menggunakan perangkap tikus. Untuk mengusir tikus, gunakan rodentisida atau pembasmi tikus. Selain itu Pins perlu mencari tahu dari mana sumber tikus tersebut muncul, lalu tutupi jalan tikus agar tidak datang kembali. 

Itulah informasi berbagai jenis hama tanaman hias yang dapat membahayakan serta merusak tanaman. Dengan mengenali jenis-jenisnya dan cara untuk mengatasinya akan sangat membantu Pins dalam menjaga tanaman hias di rumah. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel