Pinhome

Cara Membuat Rumah Sejuk Alami Tanpa AC

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Membangun rumah yang sejuk dan nyaman merupakan hal yang dapat membuat suasana penghuni rumah menjadi menyenangkan. Selain itu, udara yang sejuk dirumah, membuat siapapun ingin berlama-lama untuk berada didalam rumah. Terdapat beberapa cara membuat rumah sejuk alami, sehingga tidak membutuhkan AC sebagai pendingin ruangan. Tentunya, Anda bisa menghemat listrik dengan menggunakan cara ini.

Baca juga: Ciri-Ciri Rumah yang Sehat

Cara Membuat Rumah Sejuk Alami Tanpa AC

Berikut beberapa cara membuat rumah sejuk alami tanpa AC yang bisa diterapkan pada rumah Anda:

Membuat Dinding Rumah Yang Tinggi

cara membuat rumah sejuk alami

Peninggian rumah dapat menjadi alternatif untuk membuat rumah menjadi sejuk dan terlihat megah. Namun, dengan adanya tambahan tinggi dinding tentunya menjadikan biaya pembangunan rumah menjadi lebih mahal. Upaya mengatasinya adalah peninggian dinding disesuaikan dengan sumber kesejukan yang diharapkan.

Jika menginginkan kesejukan berasal dari udara alami maka ketinggian dinding merupakan solusi terbaik. Namun jika sumber kesejukan diperoleh dari mesin atau AC ketinggian dinding standar akan lebih baik. Tetap saja, cara membuat rumah sejuk alami dengan cara meninggikan dinding adalah hal yang dibutuhkan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Desain Dinding Kaca yang Perlu Kamu Ketahui

Pemasangan Ventilasi Pintu dan Jendela

Ventilasi pada setiap ruangan harus dibuat sebaik mungkin sebagai arus lalu lintas udara segar yang masuk kedalam rumah. Untuk ruangan yang tidak memungkinkan dipasang jendela, dapat diganti dengan ventilasi yang diletakan diplafond atau exchaust fan.

Baca juga: 10 Model Teralis Jendela yang Aman Untuk Rumah Kamu

Cara Membuat Rumah Sejuk Alami Dengan Beranda Rumah

cara membuat rumah sejuk alami

Teras rumah dapat berfungsi sebagai tempat peralihan udara dan panas matahari yang masuk kedalam rumah. Sehingga kondisi ruangan didalam rumah tidak terasa panas akibat radiasi sinar matahari yang masuk kedalam rumah secara langsung. Posisi teras rumah dapat juga disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Membuat Rumah Sejuk Alami Dengan Memilih Material

cara membuat rumah sejuk alami

Berbagai jenis material atap yang mampu meredam panas matahari dengan baik akan sangat membantu untuk menciptakan kesejukan rumah. Seperti atap beton bertulang, atap genteng hasil pembakaran tanah. Tentu suasana di dalam rumah akan terasa berbeda.

Penggunaan Kombinasi Warna Rumah Secara Tepat

Kenyamanan sebuah rumah dapat dipengaruhi oleh penggunaan warna rumah yang dipadukan secara tepat. Selain itu, kenyamanan pemilik rumah dapat dipengaruhi oleh sifat warna yang disukai. Maka, gunakanlah warna yang sesuai dengan harapan penghuni rumah tersebut.

Baca juga: 5 Kombinasi Warna Rumah Minimalis untuk Hunian Bersubsidi

Penggunaan Material Alami

Berbagai jenis material alam seperti batu alam dan sejenisnya akan mampu menyerap panas matahari dengan baik. Sehingga membuat ruangan didalam rumah menjadi sejuk dan segar. Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi kondisi rumah yang terasa panas.

Tips membuat rumah sejuk alami diatas juga dipengaruhi oleh ketersediaan lahan tanah serta biaya. Jika rumah berada pada tanah yang sempit dan terdapat keterbatasan biaya maka dapat dilakukan upaya teknis untuk membuat rumah menjadi sejuk dan nyaman. 

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel