Pinhome

Lifestyle

Membangun Rumah Bambu

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Bambu adalah sebuah tanaman dari jenis rerumputan yang batangnya cukup kuat dan baik untuk dijadikan sebagai konstruksi dalam membangun rumah bambu, ketersediaan bambu juga dapat mempermudah pekerjaan pembangunan ini, namun demikian dalam sebuah pemilihan bahan bangunan tentunya ada kelebihan dan kekuranganya, uraian berikut mungkin dapat menjadi gambaran mengenai membangun rumah bambu

Kelebihan membangun rumah bambu

Penggunaan bamboo sebagai bahan konstruksi rumah dapat membuat suasana alami dan arsitektur yang menarik sehingga banyak dimanfaatkan berbagai pengusaha restoran untuk membangun rumah bambu yang menyesuaikan tema makanan dan memberikan suasana nyaman bagi konsumen dalam menikmati hidangan.

Kehidupan di perkotaan yang cenderung lebih banyak menggunakan bahan bangunan modern telah membuat sebagaian masyarakat rindu pada suasana yang dahulu pernah ada, atau merindukan bagaimana Susana dimana kampung halamanya dahulu berasal, dalam kondisi inilah membangun rumah bambu dapat menjadi sarana untuk mengobati kerinduan masyarakat modern.

Membangun rumah bamboo lebih memberikan kebebasan kita untuk membuat bentuk-bentuk bangunan sesuai dengan imajinasi dan selera yang kita harapkan.

Indonesia sebagai Negara tropis yang kaya akan sumber daya alam membuat tersedianya bamboo sebagai bahan dasar, sehingga membangun rumah bamboo dapat dikatakan membutuhkan biaya yang lebih murah dibanding rumah beton.

Kekurangan membangun rumah bambu

Masa ketahanan bambu lebih pendek jika dibanding beton sehingga perlu dilakukan upaya-upaya pengawetan sebelum digunakan dalam membangun rumah bambu, pengawetan bamboo dapat dilakukan dengan cara melakukan perendaman terlebih dahulu atau dengan cara memolesnya dengan bahan-bahan pengawet yang mampu menahan bamboo dari kerusakan akibat lapuk, atau dimakan serangga.

Konstruksi bangunan yang digunakan adalah bangunan bertingkat pendek , namun inovasi penggunaan bambu sebagai struktur gedung bertingkat perlu diadakan penelitian.

Transportasi bamboo pada daerah perkotaan mungkin mendapat sedikit hambatan karena harus bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk mendapatkan izin transportasi material.

Jenis-jenis bangunan yang dapat dibangun menggunakan bahan bamboo antara lain

  • Jembatan bambu
  • Warug makan
  • Rumah bambu
  • Restoran
  • Villa
  • Pos jaga
  • dll

Berbagai desain rumah bamboo dapat diwujudkan dalam membangun rumah bambu terbaik.

Bagikan Artikel