Pinhome

  • Blog
  • KPR / KPA
  • Kredit Rumah, DP Besar atau Cicilan Besar? Ketahui Pertimbangannya

KPR / KPA

Kredit Rumah, DP Besar atau Cicilan Besar? Ketahui Pertimbangannya

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 7 menit membaca

Salah satu kebingungan Pins saat ingin mengikuti program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah apakah memilih untuk mengambil DP besar atau cicilan besar. Bagi Pins yang baru mewujudkan keinginannya untuk membeli rumah secara KPR, ini bukanlah hal mudah untuk diputuskan. Jadi, penting bagi Pins mengetahui berbagai pertimbangan sebelum memutuskan hal ini.

Pinhome – Bagi sebagian orang, saat mengambil KPR lebih menyukai DP kecil atau bahkan tanpa DP. Dengan DP yang kecil, jangka waktu pengumpulan uang semakin sedikit dan rumah lebih cepat dimiliki. Namun, ternyata sistem tersebut belum tentu menguntungkan lho, Pins. Pasalnya, baik DP besar atau cicilan besar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan Memilih DP Besar

Kebanyakan bank atau developer mensyaratkan DP minimal 30% dari harga rumah. Namun, banyak juga pembeli yang sanggup membayar DP lebih dari yang ditentukan, bahkan ada yang membayar DP lebih dari 50%. Jika ada dua pilihan antara DP besar atau cicilan besar dan memilih untuk menyediakan DP besar, berikut ini adalah kelebihannya.

1. Cicilan Bulanan Lebih Kecil
Pertimbangan soal DP besar atau cicilan besar memanglah bukan keputusan mudah dan terkesan berat. Namun, jika Pins memilih memberikan DP besar, maka cicilan per bulannya pun akan semakin kecil. Dengan begitu, otomatis cicilan dan juga beban bunga yang dimiliki pun akan berkurang.

Jika cicilan per bulannya lebih kecil, maka Pins bisa menggunakan sebagian penghasilannya untuk dialokasikan untuk hal lain. Misalnya, sebagai dana darurat atau membeli dekorasi rumah. Hal ini tentu menguntungkan karena sebagian besar pendapatan Pins tidak hanya untuk keperluan melunasi pinjaman kredit rumah.

Jadi, apabila Pins ingin cicilan bulanan lebih kecil, tidak perlu bingung soal memilih DP besar atau cicilan besar. Pasalnya, Pins bisa memilih DP besar dibandingkan dengan cicilan besar jika hal tersebut menjadi pertimbangan.

2. Cicilan Menjadi Cepat Lunas
Jika masih bingung memilih DP besar atau cicilan besar, coba pertimbangkan kapan Pins ingin bebas dari hutang? Pasalnya, memiliki beban hutang dalam jangka waktu yang lama pasti tidak enak, bukan? Dengan begitu, Pins bisa memilih untuk menyediakan DP besar apabila cicilan kredit rumah ingin segera lunas.

Apabila Pins melunasi cicilan kredit rumah dengan cepat, tentunya Pins akan lega karena bisa terbebas dari hutang. Oleh karena itu, saat bingung menentukan memilih DP besar atau cicilan besar, coba pertimbangkan kemampuan Pins dalam menanggung beban hutang dalam jangka waktu tertentu.

3. Pengajuan KPR Lebih Mudah Disetujui
Salah satu hal yang menjadi pertimbagan dalam pengajuan KPR adalah banyaknya DP yang akan disetorkan. Semakin banyak DP yang akan Pins sediakan, maka pengajuan KPR pun akan cenderung untuk lebih mudah disetujui. Ini bisa Pins jadikan pertimbangan untuk menilai mana yang lebih cocok diantara pilihan DP besar atau cicilan besar.

Misalnya, jika Pins ingin mengajukan kredit rumah seharga Rp500 juta, dan memberikan DP 30%. Maka, DP yang harus Pins sediakan adalah Rp150 juta dan Pins akan melakukan pengajuan pinjaman dana sebesar Rp350 juta.

Hal ini berbeda jika Pins ingin membeli rumah dengan harga yang sama dan hanya menyediakan DP sebesar 10%, atau dengan nominal Rp50 juta. Dengan begitu, Pins akan mengajukan pinjaman ke bank sebanyak Rp450 juta. Jika Pins menyediakan DP yang besar, Pins akan mengajukan pinjaman kredit yang lebih kecil.

Berbeda jika Pins hanya menyediakan DP yang kecil, maka pinjaman kredit yang diajukan akan lebih besar dari pengajuan KPR. Inilah mengapa DP yang kecil akan cenderung lebih sulit disetujui saat pengajuan pinjaman kredit rumah.

Dari penjelasan ini, apakah Pins sudah mendapat jawaban atas pilihan DP besar atau cicilan besar? Jika belum, simak kekurangan dalam memilih DP besar di bawah ini.

Kekurangan Memilih DP Besar

Jika masih bingung menentukan pilih DP besar atau cicilan besar, cobalah pertimbangkan seberapa besar Pins sanggup menyediakan DP untuk kredit rumah. Pasalnya, memilih DP besar memang memiliki keuntungan yang sudah dijelaskan di atas. Namun, dengan banyaknya DP yang harus Pins sediakan, maka Pins harus menabung lebih lama agar mendapatkan DP lebih banyak.

Dengan begitu, penantian Pins dalam memiliki hunian pribadi pun tidak bisa diperoleh dalam waktu yang singkat. Jadi, tidak perlu bingung soal pilihan DP besar atau cicilan besar. Apabila Pins ingin segera memiliki rumah namun dananya belum mencukupi, bisa mengambil pinjaman kredit rumah dengan DP ringan.

Baca juga: Beli Rumah, Mending DP Besar atau Cicilan Besar?

Kelebihan Memilih Kredit Rumah Dengan Cicilan Besar

Kini Pins sudah mengetahui apa saja keuntungan dan kelebihan dalam memilih DP besar. Saatnya Pins mengetahui apa saja kelebihan yang akan Pins dapatkan jika memilih kredit rumah dengan cicilan besar. Berikut ini adalah ulasan yang bisa disimak mengenai 2 kelebihan yang akan Pins peroleh jika memilih kredit rumah dengan cicilan besar.

1. Lebih Cepat Memiliki Rumah Sendiri
Jika Pins memilih cicilan besar diantara pilihan DP besar atau cicilan besar, Pins bisa lebih cepat memiliki rumah sendiri. Hal ini karena Pins tidak perlu menabung lebih lama untuk menunggu memiliki DP yang besar. Pins bisa lebih cepat memiliki rumah karena Pins memilih kredit rumah dengan DP rendah.

Bahkan, Pins bisa langsung menempati rumah yang dibeli sambil menyicil angsurannya per bulan. Jadi, memilih kredit rumah dengan cicilan besar bisa Pins jadikan solusi apabila Pins ingin sesegera mungkin memiliki hunian pribadi. Meskipun cicilan yang harus Pins bayarkan lebih besar namun, Pins diringankan dengan kecilnya DP yang dibayarkan.

2. Memudahkan Pins yang Memiliki Dana Terbatas
Bagi sebagian orang, memilih untuk mengambil kredit rumah dengan DP besar atau cicilan besar adalah bukan perkara mudah. Jika masih bingung, Pins bisa pertimbangkan hal ini, yaitu apakah dana yang Pins miliki terbatas atau tidak. Jika dana yang Pins miliki terbatas, maka pins bisa memilih untuk mengambil cicilan besar dengan DP yang kecil.

Terlebih lagi kini beberapa bank bahkan developer membolehkan calon pembeli menyediakan DP 10% bahkan tanpa DP atau DP 0%. Ini adalah peluang yang bisa dicoba untuk mewujudkan keinginan memiliki hunian pribadi meskipun memiliki dana terbatas. Jadi, pilihan cicilan besar dengan DP yang kecil bisa dipilih apabila memiliki dana yang sedikit bahkan terbatas.

Kekurangan Memilih Cicilan Besar

Memilih untuk mengambil kredit dengan DP besar atau cicilan besar memang membutuhkan pertimbangan yang mendalam. Hal ini karena pengambilan kredit rumah berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan mempengaruhi cash flow bulanan. Jika Pins memilih untuk mengambil cicilan besar, berikut ini adalah ulasan tentang kekurangannya yang akan dihadapi:

1. Cicilan Per Bulan Besar
Pilihan DP besar atau cicilan besar memang membingungkan, terlebih lagi bagi Pins yang baru pertama kali membeli rumah. Namun, jika Pins memilih untuk mengambil cicilan besar, maka Pins seharusnya mengetahui jika resikonya.

Resiko yang akan dihadapi yaitu Pins harus mengalokasikan lebih besar pendapatan untuk membayar cicilan bulanan. Ini biasa terjadi jika Pins membayar DP yang kecil atau ringan, maka cicilan per bulan pun akan menjadi lebih besar.

2. Pelunasan Cicilan Lama
Memilih pilihan DP besar atau cicilan besar memang bukan perkara mudah, bukan? Namun, cobalah pertimbangkan soal tempo atau jangka waktu pembayaran peminjaman kredit rumah. Misalnya, jika Pins memilih untuk memgambil cicilan besar, biasanya pelunasan cicilannya lebih lama.

Pasalnya, DP yang Pins bayarkan lebih kecil dari harga kredit rumah itu sendiri sehingga cicilan yang harus dibayarkan lebih besar. Kemudian, jika pelunasan cicilan lebih lama, maka nilai utang akan semakin bertambah karena adanya bunga pinjaman. Jadi, ketika dihadapkan pilihan antara DP besar atau cicilan besar, coba pertimbangkan jangka waktu kredit yang disanggupi.

3. Pengajuan KPR Cenderung Lebih Lama

DP besar atau cicilan besar merupakan pilihan yang sulit, namun keduanya memiliki sisi positif dan juga negatif. Jika Pins memberikan DP kecil atau memilih cicilan besar, maka jumlah pinjaman yang Pins ajukan pada bank biasanya semakin besar. Dengan begitu, proses pengajuan KPR akan memakan waktu cenderung lebih lama dibandingkan dengan DP besar.

Pasalnya, bank akan melakukan pemeriksaan lebih detail dan memakan waktu yang lebih lama. Jadi, apabila Pins ingin lebih mudah dalam proses dan pengajuan KPR, lebih baik tidak memilih cicilan besar dan menyediakan DP besar. Jika sudah mengetahui hal ini, sepertinya Pins tidak bingung lagi soal pilihan DP besar atau cicilan besar, bukan?


Dari ulasan tersebut, Pins bisa tahu jika mengambil kredit rumah dengan DP besar atau cicilan besar memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Maka, sebelum memutuskan kedual hal tersebut, ketahui kondisi keuangan Pins terlebih dahulu. Pasalnya, kedua hal tersebut akan mempengaruhi cash flow dan kondisi keuangan dalam jangka waktu yang panjang.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel