Memilih Metode Pembayaran Rumah yang Paling Tepat

Diperbarui oleh Pinhome ∙ December 14, 2021 ∙ 4 menit membaca

Kalau ditanya apa yang menjadi pertimbangan utama Pins saat beli rumah, pasti 80% akan menjawab harga. Memang di dalam pembelian properti, harga menjadi salah satu faktor utama. Dalam artikel ini, Pinhome akan membahas tentang pertimbangan apa yang harus Pins ingat saat hendak memilih metode pembayaran rumah idaman!

Pinhome – Investasi properti memang membutuhkan biaya yang sama sekali tidak sedikit ya, Pins! Bahkan, rumah subsidi pun masih berkisar sekitar ratusan juta di pinggir kota-kota besar Indonesia. Oleh karena itu, terlepas dari jenis hunian apa yang diinginkan, Pins harus melakukan perencanaan yang matang-termasuk metode pembayaran rumah apa yang harus Pins pilih.

Di pasaran properti Indonesia, terdapat 3 metode pembayaran yang paling banyak dilakukan: tunai (cash), tunai bertahap (cash installment), dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Mana yang paling ideal? Pertimbangan apa yang harus dipikirkan sebelum menentukan di antara ketiga opsi tersebut? Yuk, kita bahas satu per satu!

Baca Juga: Tips Memilih Jasa Bangunan yang Tepat

1. Tunai atau Cash Keras

Metode pembayaran rumah
(Pixabay)

Alasan pernyataan di atas sebenarnya simpel, siapa sih yang mau dililit pinjaman berlama-lama? Oleh sebab itu jika Pins memang sudah memiliki tabungan yang cukup untuk beli rumah, tak ada salahnya Pins beli rumah dengan tunai atau cash keras.

Walaupun dinamakan tunai atau cash keras, bukan berarti Pins harus datang ke pameran dengan membawa uang ratusan juta, lho! Pins punya waktu satu bulan sejak tanggal perjanjian untuk melunasi pembayaran. Asyiknya lagi, biasanya pihak pengembang akan memberikan diskon yang sangat signifikan (10-15%) untuk para pembeli rumah yang melakukan pembayaran secara tunai.

Oh ya, Pins! Metode pembayaran ini juga bukannya tanpa resiko, ya! Karena Pins akan melakukan transaksi dengan nilai yang amat besar, maka ada baiknya Pins mempelajari track record pengembang perumahan tersebut. Jika Pins membeli rumah di sebuah proyek yang masih belum jadi, pastikan juga Pins mengetahui secara persis kapan waktu yang realistis untuk serah terima kunci.

Baca Juga: Sebelum Beli Rumah, Ajukan Dulu Beberapa Pertanyaan ke Developer!

2. Tunai Bertahap atau Cash Installment

Nah, metode pembayaran tunai bertahap atau cash installment ini pas untuk Pins yang sebenarnya sudah memiliki tabungan yang lebih dari cukup untuk membayar uang muka. Biasanya, para developer memiliki skema pembayaran dengan tenor singkat, antara 6 hingga 24 bulan.

Keuntungan beli rumah dengan cash installment adalah Pins tidak perlu berlama-lama memiliki pinjaman karena sudah diselesaikan dengan waktu relatif cepat. Selain itu, karena ini adalah proyek developer sendiri, maka cicilan cash installment ini biasanya fixed rate alias tidak tergantung dengan suku bunga bank yang naik turun.

Sama seperti metode pembayaran dengan tunai, Pins yang melakukan pembelian rumah dengan tunai bertahap juga harus melakukan riset menyeluruh untuk mengecek reputasi pengembang. Pins juga harus tahu kapan hunian Pins mulai dibangun dan kapan waktu yang ditargetkan untuk penyerahan kunci.

Baca Juga: Prinsip Dasar Desain Rumah Minimalis

Metode pembayaran rumah
(Pixabay)

3. KPR

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sampai sekarang masih menjadi opsi pembayaran yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tak heran, program bank yang diawasi oleh pemerintah ini sudah banyak menolong orang-orang di Indonesia untuk memiliki hunian impian masing-masing.

Keuntungan metode pembayaran KPR adalah tenor dan jumlah cicilan yang lebih murah. Ya iyalah! Bagaimana pun membayar Rp 4.5 juta sebulan akan terdengar jauh lebih mudah daripada membayar langsung Rp 1 miliar secara tunai, kan?

Tapi KPR ini juga memiliki kelemahan, lho, Pins! Pertama, pengurusan administrasi untuk pengajuan KPR lumayan banyak. Selain itu, karena tenor KPR lama (sekitar 5 hingga 15 tahun), Pins akan lebih lama terikat oleh pinjaman. Maka perlu juga Pins memilih bank yang terbaik sebelum melakukan KPR.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia