Pinhome

Uncategorized

Fitur Penting Yang Harus Ada Pada Rumah Orang Lansia

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Semakin hari, umur kita akan semakin bertambah atau semakin tua sehingga kita membutuhkan penyusuaian diri dengan perabotan yang ada di dalam rumah. Kebanyakan orang tua akan menghabiskan masa tuanya di dalam rumah dikarenakan kondisi tubuh mereka semakin menua dan melemah. Keadaan rumah yang tidak sesuai dengan mereka akan membuat mereka berisiko mengalami kecelakaan.

Sebagai anak yang tinggal dengan mereka ada baiknya Anda memperhatikan hal tersebut. Anda dapat mengganti beberapa furniture yang sesuai dengan orang tua agar orang tua Anda tidak kesulitan untuk menjalankan aktifitas sehari-hari. Berikut ini beberapa fitur penting yang harus Anda sediakan untuk orang tua atau lansia.

rumah lansia

Menggunakan furniture yang multi fungsi

Orang tua tidak begitu memiliki kekuatan yang sama dengan anak muda, untuk itu tidak ada salahnya kita menyediakan furniture yang multi fungsi untuk mereka. Anda dapat menyediakan lemari dengan pintu yang dapat digeser, pakaian rak yang mudah untuk ditarik dengan ketinggian yang mudah di capai, dan menyediakan pegangan tangan tangan di kamar mandi. Dengan begitu orang tua Anda tidak akan kesulitan untuk melakukan kegiatan di dalam rumah. Tidak hanya orang tua yang merasa nyaman, Anda juga tidak perlu khawatir jika Anda mempunyai kegiatan di luar rumah.

Menyediakan pencahayaan

Bagi orang lansia cahaya yang terang sangat dibutuhkan ketika melakukan kegiatannya karena kemampuan penglihatannya sudah mengalami kelemahan.  Sebaiknya Anda menyediakan pencahayaan yang alami dan jika mengguakan bola lampu maka gunakanlah lampu bewarna putih agar tidak silau.

Kamar mandi

Kamar mandi sangat dibutuhkan oleh lansia, Anda bisa menyediakan kamar mandi di dalam kamar mereka. Selain itu, mereka juga membutuhkan kamar mandi yang lebih luas agar bagi mereka yang menggunakan kursi roda dapat menggunakan kamar mandi tersebut.

Peralatan makanan

Orang tua sering sekali menjatuhkan barang yang dipegangnya, sama halnya dengan peralatan makanan yang berbahan kaca. Sebaiknya Anda menggunakan bahan plastik agar ketika mereka menjatuhkannya tidak melukai mereka.

Kamar tidur

Hampir sebagian dari kegiatannya, orang tua menghabiskan waktu di kamar. Di usia yang tidak muda lagi pasti mereka mudah letih sehingga membuat mereka capek untuk berjalan-jalan. Agar mereka merasa nyaman dengan kamar tidurnya, taruhlah barang-barang yang sering mereka butuhkan di dekat mereka. Tempatkan barang-barang yang dibutuhkan di sebuah meja dan mudah untuk dijangkau ketika mereka membutuhkannya.

Seringlah mengajak mereka untuk komunikasi bagaimanapun mereka telah merawat kita dari sejak kecil. Ketika Anda berada di luar rumah Anda dapat memasang cctv dan menelpon untuk menanyakan keadaannya. Dengan begitu Anda dapat memantau setiap kegiatan yang dilakukan orang tua Anda.

Tags :

Bagikan Artikel