BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Desain Teras Rumah Klasik Terbaru dan Kekinian
0
0

7 Desain Teras Rumah Klasik Terbaru dan Kekinian

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 13, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ada banyak model desain teras rumah klasik yang bisa kamu gunakan untuk Rumah Ekslusif yang dimiliki. Bagi kamu yang menyukai model rumah klasik modern atau minimalis, tentunya perlu memadukan beberapa konsep, agar suasana rumah semakin nyaman.

Gaya klasik terkenal tak lekang oleh waktu sehingga tetap ngetren meskipun sudah beberapa dekade berlalu. Tak heran bila rumah bekas di Kab Mojokerto di sekitar Transmart Mojokerto dengan gaya ini tetap memiliki peminat tinggi. Rumah baru di Kabupaten Bekasi juga banyak memakai gaya klasik untuk interior seperti Nismara Harapan Indah.

Desain Teras Rumah Klasik

Untuk menggunakan dan mengaplikasikan desain teras rumah klasik modern perlu memperhatikan beberapa hal penting. Mulai dari pemilihan keramik yang digunakan hingga perpaduan warna teras seperti berikut:

1. Keramik Granit

Source : Freepik

Gaya klasik pada desain teras rumah dapat dibuat dengan memilih jenis lantai teras yang menggunakan keramik atau pun granite tile bertekstur kasar agar tidak licin pada musim hujan. Sementara untuk lantai carport bisa mengunakan batu alam atau pun koral sikat agar tampak lebih natural.

Bahan granit dengan finishing glossy juga mampu meningkatkan kesan mewah pada hunian. Tampilannya mengkilap dengan motif yang unik apalagi jika di bawah pijaran lampu akan nampak berkilau.

Baca juga: Tips Desain Teras Rumah

2. Penambahan Carport

Source : Pinterest

Jika telah memiliki garasi model tertutup, sebaiknya carport dibiarkan terbuka supaya rumah tidak terkesan pengap. Adanya carport membuat kendaraan lebih terlindungi dari hujan maupun panasnya matahari. Material carport bisa dari besi kanal C untuk rangka dan tiang serta bahan Acrylic Shinkolite sebagai atap kanopi.

Pada desain teras rumah bagian muka dapat menambahkan aksesoris bak tanaman atau pun kolam kecil dan pancuran mengalir. Hal tersebut dilakukan untuk memberi kesan bangunan tetap terlihat asri. Sebaiknya ditambahkan lampu pada plafon kanopi beserta dua buah kolom tumpuan agar pada malam hari desain akan lebih terlihat artistik.

3. Desain Teras Rumah Klasik Warna Alam

(

Satu hal yang tak kalah pentingnya untuk merancang desain teras rumah bergaya natural adalah pemilihan motif warna yang terkesan alami. Seperti menambahkan ornamen tanaman dan suasana alam yang menenangkan. Ornamen dengan ukiran kayu, pagar besi bentuk klasik dan tiang-tiang bermotif khas meningkatkan kesan klasik pada teras.

Apalagi bagian depan teras terdapat taman mini yang melengkapinya. Kamu bisa menambahkan pot tanaman hias dengan patung khas Eropa dengan dominasi warna putih atau gold and broken white. Untuk tanamannya bisa menanam bunga lavender ataupun bunga mawar.

Baca juga: 13 Desain Rumah Klasik Eropa 1 Lantai yang Mewah

4. Warna Basic

Source : Pinterest

Warna-warna natural seperti putih, abu-abu, coklat dan sebagainya merupakan pilihan yang utama untuk desain terbaik. Kombinasi warna-warna di atas juga akan menghasilkan bentuk yang lebih menawan. Warna ini akan memberikan kesan luas, sejuk dan bersih pada teras tersebut.

Perpaduan warna senada penting diperhatikan untuk menjaga kenyamanan mata memandang. Desain tersebut memberi tawaran estetika tersendiri bagi para pecinta model-model klasik. 

5. Gaya Simetris Khas Klasik Perancis

Source : Pinterest

Desain teras rumah klasik modern ini terinspirasi dari rumah Perancis yang serba simetris. Desain simetris tidak hanya tampil pada fasad muka depan saja namun juga pemilihan furnitur. Hal ini terlihat jelas pada bukaan pintu, posisi kursi, dekor dinding dan pot tanaman.

Untuk tampilan lebih soft dipilihlah batu alam warna beige sebagai pelapis dinding. Setelah itu dikombinasikan memakai keramik motif vintage agar kesan klasik lebih terpancarkan.

6. Dak Teras Model Jepang

(

Desain bertema Jepang memiliki peminat tinggi di tanah air. Alasannya karena terkesan rapi dan mampu memaksimalkan setiap sudut rumah termasuk bagian teras. Apalagi jika rumahmu tergolong minimalis atau lahannya cenderung terbatas.

Teras ini menggunakan beton pada bagian atap lalu dilapisi plafon berwarna putih. Bentuk atapnya yang memiliki sudut runcing pada beberapa sisi menyerupai rumah tradisional Jepang.

Ditambah lagi pemakaian material kayu sebagai pemisah antara atap dan dak rumahnya. Kamu juga bisa menambahkan lantai kayu pada teras dengan ketinggian sedikit lebih rendah dari ruang tamu namun lebih tinggi dari halaman.

Baca juga: 10 Inspirasi Rumah Klasik Ala Eropa yang Mewah

7. Teras Klasik Beratap Kayu

(

Keindahan terasnya terpancarkan dari material kayu untuk bagian atap yang sengaja terekspos. Susunan kayu dapat dinikmati sambil duduk santai di teras. Bagian dinding dan lantai dilapisi keramik yang sama persis agar lebih lapang dan harmonis.

Model teras ini sangat pas jika ditambahkan set meja dan kursi teras. Ditambah lagi bagian dinding terbuat dari material kaca guna mengurangi cipratan air ke arah kursi. Tinggi lantai teras tidak terlalu tinggi bahkan sama rendahnya dengan taman agar lebih harmonis.

Meskipun terkesan klasik namun interior rumah tropis atau industrial sangat kental dirasakan pada desain teras ini. Adanya material dinding aci ekspos memperlihatkan interior industrial. Sementara furnitur dengan unsur alam menonjolkan kesan hunian tropis namun model perabotnya yang old style mengesankan teras klasik.

Desain teras rumah klasik tidak hanya terlihat dari tata letak furnitur saja. Model teras dengan tiang tinggi atau desain simetris mampu menggambarkan interior klasik. Pilihan desain di atas mungkin menjadi inspirasimu untuk merancang hunian impianmu saat ini!

Feature Image Source: Pixnio


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Britania Green Resort dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download