9 Desain Teralis Pintu Rumah  Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ 18 August 2022 ∙ 5 menit membaca

Untuk meningkatkan keamanan rumah biasanya dipasang tralis. Desain teralis pintu rumah sangat beragam. Tidak hanya kuat namun bisa menambah estetika hunian.

Sebelum mengetahui desain teralis pintu rumah, ada baiknya ketahui manfaat dan bagaimana memilih teralis pintu yang bagus dibawah ini!

Manfaat Teralis Pintu Rumah

Keamanan menjadi poin utama digunakan pintu tralis. Tralis ini mampu menghalangi pandangan orang ke dalam hunian. Orang yang hendak masuk ke dalam rumah harus membuka dua lapisan terlebih dulu.

Manfaat lainnya adalah untuk menahan nyamuk. Biasanya ditambahkan kawat nyamuk berukuran kecil di pintu. Udara masih bisa mengalir keluar masuk tetapi menghambat nyamuk masuk ke dalam rumah.

Model teralis yang tepat mampu memperindah tampilan pintu. Asalkan teralis juga dirawat secara rutin sehingga tetap bersih dan indah. Teralis mampu memaksimalkan pencahayaan alami karena bentuknya tidak terlalu rapat.

Model pintu teralis ada yang berbahan stainless steel. Bahan ini kuat namun tahan terhadap perubahan cuaca. Teralis sering dipakai sebagai pembatas antara interior dan eksterior rumah.

Baca Juga : 8 Cara Membuat Pintu Geser Murah Meriah

Tips Memilih Teralis Pintu Rumah

desain teralis pintu rumah
(Pixabay)

Walaupun memiliki banyak kelebihan namun jangan memasang teralis terlalu berlebihan. Ada beberapa tips memilih teralis pintu rumah yang bisa Pins ikuti sebagai berikut :

  • Pilih bahan teralis dari besi, plat atau behel untuk meningkatkan keamanan rumah. Biasanya bahan baja memiliki harga lebih mahal namun ketahanannya lebih baik
  • Sesuaikan ukuran terali dengan pintu. Sebaiknya diameter teralis 1 cm sementara plat sekitar 1 inch.
  • Posisi antara batas horisontal antara satu dengan lainnya berjarak tidak lebih 20 cm. Jika jarak antar garis teralis semakin sempit maka akan semakin sulit untuk ditembus
  • Perhatikan  pemasangan bautnya dan letakan di lokasi yang terlihat. Dengan begitu pencuri tidak akan mudah membuka teralis dengan mudah.

Baca Juga : 10 Inspirasi Model Pintu Minimalis yang Elegan untuk Rumah

Desain Teralis Pintu Rumah

Model teralis pintu rumah pada dasarnya sudah ada sejak dulu. Desain seperti ini hadir pada hunian klasik. Berikut beberapa desain teralis yang gak mudah bikin bosan penghuni rumah !

Model Kayu

desain teralis pintu rumah
(Shutterstock)

Desain teralis berbahan kayu sangat menyatu dengan hunian. Apalagi yang mengedepankan konsep natural. Motifnya lebih banyak karena kayu sendiri lentur dan fleksibel.

Kekurangannya hanya pada perawatannya saja. Kayu mudah sekali dihinggapi rayap sehingga butuh perawatan khusus. 

Pins bisa membersihkannya dengan kain mikrofiber agar debu tidak menumpuk. Untuk menghindari rayap bisa digunakan larutan air garam maupun air kapur sirih.

Teralis Pintu Vertikal Tipis

Teralis ini memiliki garis vertikal tipis di pintunya. Semakin sempit celahnya membuat tangan tidak bisa masuk dengan mudah. Cocok untuk menghalau pencuri masuk.

Jarak antara satu garis dengan garis lainnya hanya berjarak maksimal selebar telunjuk. Model pintu teralis seperti ini bisa dipakai sebagai bagian pintu belakang maupun depan.

Teralis Kisi-kisi Aluminium

desain teralis pintu rumah
(Shutterstock)

Jika bahan stainless steel tergolong mahal bisa pula diganti dengan aluminium. Bobotnya lebih ringan namun tetap kokoh sebagai pelindung pintu.

Selain itu perawatannya mudah dengan model yang beragam. Teralis dengan bahan ini bisa pula dikombinasikan dengan jendela.

Motif Bunga

desain teralis pintu rumah
(Tokopedia)

Teralis tak selalu berbentuk garis geometris karena ada pula yang bermotif floral. Motif bunga bisa menyemarakan pintu polos sehingga lebih estetik.

Model teralis pintu seperti ini bisa digunakan pada kamar tidur minimalis. Pemasangannya mudah karena hanya perlu dibaut saja. 

Pins bisa pula menjadikannya teralis jendela yang memiliki ukuran besar agar terlihat tidak monoton.

Garis Abstrak

desain teralis pintu rumah
(Shutterstock)

Bila rumah mengedapankan konsep futuristik atau modern maka pilih pintu teralis garis abstrak. Walaupun hanya memainkan garis yang tak beraturan namun desainnya sangat edgy.

Tak heran ada pula yang menggunakannya sebagai motif teralis pagar rumah. Gunakan warna polos seperti putih atau hitam untuk menonjolkan motifnya.

Ala Prancis

desain teralis pintu rumah
(Shutterstock)

Pintu teralis dengan gaya Perancis memiliki dua lapisan pada pintu. Ada dua bagian dan mempunyai poros pada engsel yang terpasang di sisi berlawanan dari pintu.

Model rumah modern maupun minimalis bahkan tradisional sangat cocok untuk pintu teralis ala Perancis ini. Pintu bergaya Perancis biasanya dilengkapi dengan jendela sehingga cahaya lebih mudah masuk.

Daya tarik dari pintu teralis seperti ini adalah banyak ruang terbuka dan mampu mengurangi pemakaian AC. Udara memiliki lalu lintas yang baik sehingga suhu ruangan lebih sejuk.

Kombinasi Vertikal dan Horizontal

Model teralis seperti inilah yang paling banyak digunakan. Walaupun bentuknya simpel namun bisa menyatu dengan berbagai konsep interior hunian.

Tangan dari luar juga sulit menjangkau engsel dan meningkatkan keamanan hunian. Modelnya tak lengkang oleh waktu sehingga cocok untuk semua kalangan. 

Baca Juga : 20 Ide Model Pintu Garasi Besi Hollow

Teralis Silang Melengkung

desain teralis pintu rumah
(Shutterstock)

Terakhir ada model teralis dengan motif silang melengkung digabungkan dengan garis vertikal. Bagian dalamnya bisa dibuat setinggi orang dewasa dan menyisakan ruang terbuka sedikit di bagian atas teralis.

Model dua pintu ini cocok untuk Pins yang ingin membuat jalur keluar masuk lebih lapang. Umumnya dipakai pula untuk pintu garasi maupun toko.

Unik bukan pilihan desain teralis pintu rumah diatas? Cocok digunakan untuk rumah ramah lingkungan maupun gaya modern minimalis hingga tradisional.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia